Saingi Clubhouse, Telegram Tawarkan Fitur Voice Chat 2.0

Liputanberitaku.com —Telegram pada akhirnya menggulirkan pembaruan untuk feature dalam aplikasinya yang disebut serupa dengan Clubhouse. Melalui penyempurnaan ini, kekuatan feature namanya Voice Chat sekarang dipertingkat. Diambil dari XDA Developers, Senin (22/3/2021), salah satunya penyempurnaan dalam feature Voice Chat 2.0 ialah admin kanal atau group di Telegram sekarang menjadi host dalam sebuah pembicaraan.

Untuk melakukan, mereka tinggal membuat profile dari group atau kanal di mana dianya jadi admin. Kemudian, hanya click icon menu tiga titik di Telegram dan tentukan pilihan ‘Start Voice Chat’.

Tidak itu saja, penyempurnaan ini memungkinkannya admin kanal atau group Telegram merekam pembicaraan yang terjadi sepanjang sesion Voice Chat. Dengan langkah ini, mereka bisa simpan dan menerbitkannya kembali lagi ke anggota group yang tidak bisa tergabung.

Nanti, rekaman dari sesion Voice Chat akan ada bersama dengan Saved Messages di Telegram. Melalui pembaruan ini, kekuatan Raise Hand ikut diperbaharui. Lewat up-date ini, admin lebih dimundahkan untuk memberi tanggapan saat seorang mengusung tangan dalam sebuah sesion.

Telegram sekarang memungkinkannya admin share link dari sesion Voice Chat yang dibikinnya. Ia dapat atur link yang diperuntukkan masing-masing untuk pembicara dan pendengar saja. Admin dapat membuat judul dalam suatu sesion, hingga seseorang bisa ketahui topik ulasan. Paling akhir, pemakai bisa memutuskan untuk memakai account personal atau kanal saat tergabung dalam Voice Chat.

 

Selainnya Telegram, Twitter dijumpai mempunyai feature sama Clubhouse yang dinamakan Spaces. Dan beberapa pekan kemarin, Twitter buka akses feature ini untuk pemakai Android. Awalnya, feature ini cuman terbuka untuk pemakai tertentu di iOS sesudah penyeluncuran versus beta di akhir Desember 2020.

Twitter menjelaskan jika pemakai Android cuman segera dapat tergabung dan bicara di Spaces untuk sekarang ini, tapi tidak dapat membuat chat rooms sendiri. “Pemakai Android, awal hari ini kamu bisa tergabung dan bicara di Spaces. Anda selekasnya bisa membuat percakapan sendiri, tapi kami masih kerjakan banyak hal,” catat perusahaan di Twitter.

Bulan kemarin, seperti diambil Techcrunch, Rabu (3/3/2021), team yang meningkatkan Twitter Spaces buka room Ruang di mana pemakai diundang untuk tawarkan operan balik, ajukan pertanyaan, dan pelajari mengenai apa yang Twitter kerjakan untuk produk dalam periode pendek serta lebih jauh di periode kedepan.