Alquran Disebut Kitab yang Bersifat Universal

Alquran Disebut Kitab yang Bersifat Universal–Al-Quran adalah kitab bagi umat Islam di seluruh dunia dan pedoman hidup bagi semua pemeluknya. Untuk itu umat Islam harus mengikuti aturan dan petunjuk Al-Quran yang merupakan firman Allah SWT dalam menjalankan aktivitas dan aktivitasnya sehari-hari. Jadi mengapa Quran disebut buku universal? Yuk, simak jawaban lengkapnya di artikel ini.

Alasan Al Quran Disebut Kitab yang Bersifat Universal

Jadi mengapa Quran disebut buku universal? Mengutip dari buku Bahan Pendidikan Agama Islam (2019:192) karya M. Syukri Azwar Lubis, Alquran disebut sebagai kitab universal karena pada dasarnya Alquran tidak diperuntukkan bagi kelompok atau golongan tertentu saja. Namun ditujukan kepada seluruh umat manusia sebagai rahmat atau rahmatan lil’alamin bagi seluruh alam termasuk makhluk selain manusia.

Tidak hanya itu, tetapi karena banyak alasan lainnya, Al-Qur’an disebut sebagai kitab universal. Inilah beberapa di antaranya.

  • Al-Qur’an tidak memiliki masa berlaku seperti kitab-kitab Allah SWT sebelumnya, yaitu Zabur, Taurat dan Injil. Berbeda dengan ketiga kitab tersebut, Al-Qur’an berlaku dari waktu ke waktu dan berfungsi sebagai petunjuk dan pedoman bagi kehidupan manusia hingga akhir zaman.
  • Al-Qur’an adalah kitab yang tidak ada batasan di mana ia dapat diterapkan, tetapi dapat diterapkan di mana saja dan bahkan di mana pun di dunia.
  • Isi ayat-ayat Alquran mencakup semua bidang kehidupan manusia. Mulai dari ibadah hingga pertanyaan muamalah.

Sebagai salah satu keajaiban Allah SWT, Al-Qur’an merupakan kitab suci yang sarat dengan petunjuk-petunjuk dari masa lampau hingga akhir zaman. Tidak hanya itu, Al-Qur’an memiliki banyak sifat lain yang dapat dirasakan oleh seluruh umat manusia.

Al-Qur’an tidak hanya berisi kebutuhan tetapi juga petunjuk dan pedoman yang berlaku untuk semua bidang kehidupan bagi seluruh umat manusia dan berlaku untuk semua waktu. Bagi umat Islam, Al Quran adalah hukum dan ketetapan bagi umat yang memuat hukum Islam.
Demikian penjelasan singkat mengapa Al Quran disebut sebagai kitab universal.