15 Contoh Soal Tes Wawancara PPS 2024 Lengkap!

Contoh Soal Tes Wawancara PPS — Proses seleksi PPS Pilkada 2024 kini memasuki tahap seleksi tes wawancara yang akan berlangsung pada 15-17 Januari 2023.

Oleh karena itu, calon anggota PPS Pilkada 2024 yang berhasil lolos sejauh ini, selanjutnya harus mampu menjawab pertanyaan yang diajukan penguji saat wawancara.

Agar calon PPS Pemilu 2024 tidak panik dan kebingungan saat melakukan wawancara, berikut kami bocorkan pertanyaan-pertanyaan yang kemungkinan besar akan ditanyakan selanjutnya, lengkap dengan jawaban untuk dijawab secara tepat dan benar.

Berikut Contoh Soal Tes Wawancara PPS 2024

 

  1. Tolong ceritakan sedikit tentang diri Anda?

Jawaban: Jelaskan latar belakang, minat, dan pengalaman Anda dengan jelas dan detail, tetapi jangan berhemat pada poin-poin penting.

Berikut beberapa tips wawancara PPS Pemilu 2024: Jawab pertanyaan dengan jujur, singkat dan to the point, percaya diri, jangan sombong, dan jaga hal-hal positif.

  1. Apa motivasi Anda bergabung dengan KPU sebagai PPS?

Tanggapan: Saya bergabung dengan KPU karena ingin ikut menyukseskan pemilu 2024 dan pemilihan kepala daerah beserta wakilnya dengan keikutsertaan saya sebagai PPS.

  1. Bagaimana Anda bisa berkontribusi pada posisi ini di PPS Pemilu 2024?

Jawaban: Kontribusi yang dapat saya berikan adalah bahwa saya berkomitmen penuh dan setia pada tugas yang saya laksanakan dan saya berkomitmen untuk menjadikan pemilu universal, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

  1. Apa yang akan Anda lakukan jika terpilih menjadi anggota atau ketua PPS pada Pemilu 2024?

Jawaban: Saya akan memberikan suara dan memastikan bahwa pemilihan umum dilakukan berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

  1. Mengapa Anda ingin menjadi presiden/anggota PPS?

Jawab: Saya ingin ikut mensukseskan penyelenggaraan pemilihan umum yang diadakan di desa Bapak, serta memastikan bahwa pemilihan umum dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur ​​dan adil.

  1. Apa yang Anda ketahui tentang posisi PPS?

Jawaban: PPS adalah panitia yang dibentuk oleh KPU Kabupaten/Kota untuk menyelenggarakan pemilihan di tingkat kecamatan/desa sesuai dengan Pasal 14(2) PKPU No. 8 Tahun 2022 yang menyatakan bahwa lokasi PPS berada di kecamatan. desa.

  1. Mengapa Anda tertarik menjadi anggota PPS Pemilu 2024?

Jawab: Saya ingin ikut pemilu 2024 sebagai pemimpin dengan berbagai pengalaman saya.

  1. Apakah menurut Anda PPS boleh menerbitkan salinan sertifikat penghitungan suara?

Jawab : Tentu bisa, hal ini berdasarkan Pasal 391 UU No. 7 Tahun 2017, yang mengatur bahwa PPS wajib mengumumkan salinan sertifikat hasil penghitungan suara dan seluruh PPS di wilayah kerjanya dengan menempelkan salinan tersebut. Tempat umum.

  1. Apakah Anda tahu kapan PPS akan menerbitkan daftar pemilih tetap?

Tanggapan: PPS akan mengumumkan daftar pemilih tetap sejak diterima Gubernur/KPU Kota sampai dengan hari pemungutan suara.

  1. Apa tugas dan wewenang anggota PPS, berikan beberapa contoh yang Anda ketahui.

Jawab: Salah satu kewenangan anggota PPS adalah menentukan hasil DPS menjadi DPT.

Sedangkan tugas anggota PPS adalah meringkas pengembalian surat pemberitahuan pemungutan suara yang diterima dari KPPS dan mengirimkannya ke KPU Gubernuran/Balai Kota melalui PPK.

  1. Apakah Anda mengetahui cara memperbaiki Daftar Pemilihan Tetap (DPT)?

Jawaban: Caranya adalah dengan mendata pemilih yang tidak memenuhi syarat sebagai pemilih, kemudian melengkapi atau memperbaiki daftar pemilih dan menambahkannya ke pemilih baru.

  1. Tahukah Anda berapa surat suara yang dicetak untuk Pemilu 2024?

Jawaban: Menurut § 344 undang-undang n. 7 Tahun 2017, jumlah surat suara yang dicetak untuk Pemilu 2024 sama dengan jumlah pemilih tetap, ditambah 2% dari seluruh pemilih tetap sebagai cadangan, yang ditetapkan dengan keputusan KPU. .

  1. Ada berapa desa di tempat tinggal Anda? Sebutkan minimal 5 desa di kecamatanmu?

Jawab: (Anda perlu mengetahui nama-nama desa di sekitar tempat tinggal Anda kemudian beri nama lima desa di kecamatan tempat Anda bekerja)

Untuk evaluasi yang baik, selain menyebutkan nama setiap pemukiman, jika Anda mengetahuinya, sebutkan juga nama kepala desa.

  1. Apa yang akan Anda lakukan jika terpilih menjadi anggota/ketua PPS pada Pemilu 2024?

Jawaban: Saya akan menutup surat suara dan melakukan yang terbaik untuk menyelenggarakan pemilihan umum sesuai dengan prinsip Anda, yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

  1. Kepada siapa PPS mengirimkan hasil rekapitulasi pleno?

Tanggapan: PPS meneruskan hasil rapat paripurna kepada PPK, Panwaslu desa kecamatan, peserta pilkada tingkat kecamatan/desa dan pejabat pemerintah tingkat kecamatan/desa.

Demikian informasi seputar 15 Contoh Soal Tes Wawancara PPS Pilkada 2024 yang sering ditanyakan, jika anda mempelajari bocoran soal diatas dan bagaimana menjawabnya dengan benar maka dipastikan lolos seleksi***