Bukan Upaya Meningkatkan Ekonomi Maritime di Indonesia

Bukan Upaya Meningkatkan Ekonomi Maritime di Indonesia–Yang bukan bagian dari upaya peningkatan ekonomi maritim Indonesia adalah memberikan kebebasan kepada kapal asing. Sebagai negara kepulauan dan memiliki lautan yang luas, Indonesia memiliki potensi besar untuk pengembangan ekonomi maritim. Sasaran pembangunan ekonomi maritim merupakan salah satu bentuk upaya pemerataan pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita nasional.

Indonesia merupakan negara kepulauan dan dikenal sebagai negara maritim, dikarenakan negara Indonesia yang memiliki lautan yang sangat luas dari Sabang sampai Merauke. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan ekonomi maritim Indonesia. Menurut pertanyaan, yang bukan merupakan upaya pengembangan ekonomi maritim adalah pemberian kebebasan kepada kapal asing (C).

Bukan Upaya Meningkatkan Ekonomi Maritime di Indonesia

Diskusi

Ekonomi maritim adalah bentuk kegiatan ekonomi yang meliputi pelayaran, pembangunan dan pengoperasian pelabuhan, pembuatan kapal dan pemeliharaannya, serta industri dan jasa terkait. Tujuan pembangunan ekonomi maritim dengan demikian merupakan perwujudan dari upaya penyeimbang pembangunan nasional, perwujudan cita-cita negara. Di Indonesia kondisi ekonomi maritim saat ini sedang membaik, terbukti negara Indonesia saat ini memiliki beberapa pelabuhan yang cukup baik. Namun pelayanannya masih perlu terus ditingkatkan terutama dalam hal infrastruktur dan fasilitas yang berkaitan dengan kegiatan kepelabuhanan. dan galangan kapal.

Berikut beberapa upaya untuk meningkatkan ekonomi maritim Indonesia:

  • Diperlukan perubahan terkait pembangunan nasional dari pembangunan darat menjadi pembangunan maritim. Perkembangan ini memainkan peran utama dalam hal titik fokus yang direncanakan, yaitu lautan.
  • Percepatan pembangunan infrastruktur maritim dan konektivitas maritim Infrastruktur memegang peranan yang sangat penting dalam kegiatan maritim, misalnya karena adanya pelabuhan banyak kapal berlabuh di lokasi ini.
  • Sangat penting untuk menegakkan aturan maritim yang jelas dan tegas bagi semua pihak, baik di dalam maupun luar negeri.
  • Pemerintah mengembangkan sumber daya manusia nelayan, sumber daya manusia merupakan basis yang sangat penting dalam pengelolaan kekayaan laut untuk mencapai kesejahteraan.
langkah yang sebaiknya diambil pemerintah dalam meningkatkan ekonomi maritim adalah :
1.mempromosikan produk produk kelautan.
2.melakukan modernisasi industri kelautan.
3.memberantas penangkapan ikan yang masuk lingkungan.