Telkom mendukung akademi bisnis digital dan meluncurkan Data Center neuCentrIX

Liputanberitaku.com — Guna mengakselerasi bisnis platform digital yang sedang berjalan, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) membuka data center neuCentrIX ketiga di wilayah Jakarta (yang kebetulan berada di Meruya, Jakarta Barat).

Data center tersebut didirikan langsung oleh Direktur Wholesale dan International Services Telkom, dan distandarisasi untuk 3 tier, dimana service level yang dijamin memiliki downtime kurang dari 1,6 jam dalam setahun (ketersediaan terjamin 99,982%).

Saat ini Telkom memiliki data center di 13 kota besar di Indonesia yaitu Medan, Batam, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar dan Manado.

Dengan jangkauan jaringan terluas hingga ke mancanegara serta akses eyeball terbesar di Indonesia, neuCentrIX tidak diragukan mampu memenuhi dalam mendukung kebutuhan platform digital dan konektivitas yang mendukung perkembangan bisnis ke depan.

Selain itu, neuCentrIX juga merupakan pusat data operator-netral, yang memungkinkan interkoneksi antara beberapa operator telekomunikasi, sehingga memberikan fleksibilitas bagi perusahaan saat merancang jaringan mereka.

Direktur Wholesale and International Services Telkom Dian Rachmawan mengatakan neuCentrIX merupakan inisiatif TelkomGroup untuk melayani industri telekomunikasi dan pasar grosir ekosistem digital dengan menyediakan layanan data center.

“Bersaing dengan berbagai pelaku bisnis global dan domestik, Telkom optimis memperluas kapasitas dan jangkauan data center di berbagai kota di Indonesia,” kata Dian.

Seperti diketahui, Temasek memproyeksikan ekonomi digital Indonesia naik lebih dari tiga kali lipat dari US$40 miliar menjadi US$133 miliar pada 2025 mendatang. Namun, potensi ekonomi digital ini hanya dapat diwujudkan apabila didukung oleh infrastruktur yang memadai, salah satunya melalui pembangunan koneksi internet di seluruh Indonesia.

Roadmap pengembangan ekonomi digital yang dikembangkan dengan memperluas konektivitas Internet juga memberikan peluang kepada penyedia untuk meningkatkan skalabilitas bisnis. Selain koneksi internet, data center juga merupakan salah satu enabler yang memegang peranan penting sebagai key business driver bagi para provider lokal dan global.