hit counter

contoh kemasan yang bersifat kaku adalah

contoh kemasan yang bersifat kaku adalah–Packing merupakan salah satu proses pengemasan yang sangat penting pada tahap pembuatan produk. Tujuan pengemasan adalah untuk mengurangi kerusakan pada makanan atau bahan lain dalam produk. Selain itu, pengemasan juga dilakukan untuk memudahkan pendistribusian atau penyimpanan produk. Pengemasan dan penyimpanan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, agar produk dapat digunakan dan digunakan seefisien mungkin. Salah satu bentuk kemasan yang sering digunakan oleh produsen adalah kemasan kaku. Contoh kemasan kaku adalah botol, guci, dll. Nah, artikel ini memuat contoh-contoh rigid packaging untuk produk kemasan.

Contoh kemasan kaku yang umum digunakan

Mengutip Eddy Suprayitno (2017:159) dari bukunya Dasar Pengawetan, Rigid packaging adalah kemasan yang keras, kaku dan tidak dapat menahan tekukan, pecah jika dipaksakan untuk dibengkokkan, relatif lebih tebal dibandingkan dengan kemasan fleksibel. Contoh kemasan kaku adalah kaca, kaca, dll. Berikut adalah beberapa contoh kemasan kaku:

1. Logam (wadah logam)
Logam yang biasa digunakan untuk kemasan makanan adalah tinplate dan aluminium sheet. Bentuk kemasan logam lainnya termasuk drum, ember, kaleng logam, dan produk yang dapat dilipat.

2. Pohon
Kayu merupakan bahan pengemas berbahan kayu yang banyak digunakan untuk mengemas dan menyimpan makanan kemasan. Padahal, kemasan kayu jarang digunakan langsung sebagai makanan.

3. Kacamata
Kaca biasanya merupakan campuran CaO, pasir, soda, dan alumina. Keunggulan kaca sebagai bahan pengemas adalah kuat dan transparan.

4. Kartu
Selain kayu, ada juga kertas yang bisa digunakan sebagai bahan pembungkus sebagai pengganti daun. Kertas dapat dibentuk menjadi tas mulai dari 1 oz hingga 10 kg.

5. Kain blacu
Tas berbahan kain belacu biasanya tidak mudah sobek dan berlubang-lubang kecil.

6. Karung goni
Tas goni banyak digunakan karena relatif murah dan melindungi bahan dari kelembaban.
Contoh kemasan kaku adalah botol, guci, dll.

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang :contoh kemasan yang bersifat kaku adalah , Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!