hit counter

jelaskan sesuai pengetahuanmu dua manfaat orang yang berpuasa

jelaskan sesuai pengetahuanmu dua manfaat orang yang berpuasa–Puasa adalah menahan lapar dan dahaga menurut syariat yang dicontohkan oleh Nabi. Di antara manfaat orang berpuasa adalah mengenal kesalehan pada diri sendiri dan menyehatkan orang yang berpuasa.

DISKUSI

Puasa adalah salah satu rukun Islam yang berarti bahwa seseorang yang mengaku sebagai seorang Muslim harus berpuasa selama bulan Ramadhan. Hukum puasa di bulan Ramadhan sama dengan shalat lima waktu, yaitu fardhu. Meski puasa juga merupakan sunnah Nabi, namun Nabi melakukan berbagai puasa sunnah yang juga membawa manfaat besar.

Kita harus tahu bahwa semua perintah ALLAH harus bermanfaat bagi kita baik di dunia maupun di akhirat, serta puasa di bulan Ramadhan. Di bawah ini adalah manfaat puasa berdasarkan dalil Al-Qur’an dan Hadits.

1. Hadiah besar

Nabi berkata: “Puasa adalah perisai. Oleh karena itu, ketika salah satu dari kalian berpuasa, dia tidak boleh bersumpah atau bertindak bodoh. Jika seseorang berkelahi atau menghina dia, dia harus mengatakan: “Sesungguhnya saya puasa” (dua kali). Demi Tuhan yang jiwaku berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah Ta’ala daripada bau minyak kesturi yang meninggalkan makanan, minuman, dan keinginannya untukku. (Allah). Puasa itu untuk-Ku dan Aku akan membalasnya, dan satu kebaikan akan dibalas sepuluh kali lipat.” (HR Abu Hurairah)

2. Dosa-dosa Anda diampuni

Nabi bersabda, “Barang siapa yang bangun di malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni. Dan barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharapkan pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR Abu Hurairah)

3. Doanya terkabul

Nabi berkata: “Ada tiga orang yang permohonannya tidak ditolak: Orang yang berpuasa sampai dia berpuasa, pemimpin yang saleh dan permohonan orang yang tertindas. (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)

4. Ciptakan rasa kasihan pada diri sendiri

ALLAH berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman, kamu wajib berpuasa seperti orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa” (Al Baqarah ayat 183). Kesalehan ini mencakup latihan kesabaran, pengendalian hawa nafsu, dan latihan menjauhi dosa.

5. Beragam manfaat kesehatan

Menurut hasil penelitian terbaru, puasa sebulan bisa menjadi sarana detoksifikasi tubuh, pembuangan racun dan fungsi tubuh yang optimal.

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : jelaskan sesuai pengetahuanmu dua manfaat orang yang berpuasa , Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!