hit counter

tanaman sagu menyimpan produk pangannya di bagian

tanaman sagu menyimpan produk pangannya di bagian–Tanaman sagu menyimpan makanannya di batangnya. Tanaman sagu atau Metroxylon sp merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga palma di daerah tropis lembab. Secara ekologis, sagu tumbuh di rawa air tawar atau rawa gambut, sepanjang sungai, dan di hutan rawa. Yuk, simak penjelasan lengkap tentang tanaman sagu pada artikel di bawah ini.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tanaman sagu menyimpan makanan di batangnya. Tanaman sagu sendiri tumbuh secara berumpun, dengan setiap tandan terdiri dari 1-8 batang sagu dan 5-7 batang pada setiap pangkalnya.

Batang tanaman sagu memang merupakan bagian terpenting karena merupakan gudang pati atau karbohidrat yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan industri. Misalnya, industri makanan, alkohol, industri pakan dan banyak industri lainnya.

Batang sagu berbentuk silinder, tinggi dari tanah sampai pangkal bunga sekitar 10-15 cm, diameter batang 30-50 cm. Diameter beberapa batang sagu mencapai 80-90 cm. Namun, umumnya diameter batang di bagian bawah lebih besar daripada di bagian atas.

Saat dipanen, bobot batang sagu bisa mencapai 1 ton, dengan kandungan paru-paru sekitar 15-30% bobot segar. Dengan kata lain, satu pohon sagu dapat menghasilkan 150-300 kg pati basah.

Dikutip dari website Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, berbagai manfaat produk sagu adalah sebagai berikut.

1. Bahan untuk glukosa
Tepung sagu ternyata dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan glukosa. Selain itu, lebih dari 90% sagu mengandung karbohidrat, sehingga sangat mungkin juga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan glukosa.

2. Memberikan energi untuk aktivitas fisik
Sagu juga dapat digunakan untuk menambah energi dan memperkuat daya tahan tubuh dalam berbagai aktivitas fisik. Satu studi menunjukkan bahwa kombinasi protein sagu dan kedelai menunda timbulnya kelelahan.

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : tanaman sagu menyimpan produk pangannya di bagian, Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!