Ari Pupuh Mijil Diwangun Ku

Ari Pupuh Mijil Diwangun Ku–Setiap daerah memiliki kearifan lokalnya masing-masing. Biasanya diturunkan dari generasi ke generasi, kearifan lokal dapat ditemukan dalam cerita rakyat, peribahasa, lagu dan permainan. Pupuh merupakan salah satu kearifan lokal di tanah Sunda.
Menurut Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, pupuh adalah puisi lama yang terikat aturan atau standar yang terdiri dari: wilangan guru (suku kata pada setiap baris), lagu guru (vokal akhir pada setiap baris), sormaok sak. atau Padalisan, dan karakter yang gemuk.

Untuk melestarikan kearifan lokal, pupuh dimasukkan dalam pelajaran bahasa sunda di Sekolah Dasar (SD). Materi-materi yang berisi tentang pengetahuan bahasa, sastra dan budaya Sunda juga dimasukkan dalam Rancangan Pembelajaran Siswa sebagai pengenalan kearifan lokal Sunda.

Furgone Sebenarnya hanya 16 pupuh. Setelah masuk ke Jawa Barat, Rd. Machyar Anggaoesoemadinata menambah pupuh lagi yaitu Pupuh Ladrang. Hasilnya, kini diketahui ada 17 jenis pupuh Sunda.

Ke-17 jenis pupuh tersebut dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Seukar Ageung dan Seukar Alit. Dikutip dari buku Kapita Selekta orang Sunda, alam dan budaya, kami hadirkan 17 jenis bahasa Sunda beserta contohnya.

Seukar Ageung

1. Pupuh Sinom
Tema Pupuh Sinom adalah kesenangan dan keceriaan. Salah satu syair Pupuh Sinom terdiri dari 9 larik, dengan nomor guru dan guru vokal 8a, 8i, 8a, 8i, 7i, 8u, 7a, 8i, 12a. Berikut adalah contoh Pupuh Sinom.

Itu fajar di timur
Mata un pisolino berbutir
Cahayanya kuat
Sedikit merah
Un kesembilan biru
gel pisolino
Itu akan jatuh ke tanah
Langit penuh dengan burung nasar

2. Pupuh Dangdanggula
Lagu ini tentang keindahan, kesenangan, ketenangan dan keagungan. Tiap bait Pupuh Dangdanggula terdiri dari 10 bait, dengan jumlah guru dan guru vokal 10i, 10a, 8o/e, 7u, 9i, 7a, 6u, 8a, 12i, 7a. Sono un amico to Pupuh Dangdanggula.

Kamandi kamendi telah menyebar
Saya ingin tahu bahwa ada perkelahian
Pidato seharusnya lebih baik, conia un goong
Kerja lembur
Lebih cepat dari angin
Begitulah cara Anda mengatakannya
Para raja mengerutkan kening
Pendeta Satria
Drupadi, seorang putri cantik, melihatnya
Datanglah ke Pancala

3. Pupuh Mijil
Pupuh ini menggambarkan watak yang bersedih hati sembari penuh harap. Jumlah baris dalam satu bait pupuh mijil adalah 6 baris dengan guru wilangan dan guru lagu 10i, 6o, 10é, 10i, 6i, 6u. Berikut contoh Pupuh Mijil.

Mesat ngapung putra sang arimbi
Jeung méga geus awor
Beuki lila beuki luhur baé
Larak lirik ningali ka bumi
Milari sang rai
Pangeran bimanyu

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : Ari Pupuh Mijil Diwangun Ku , Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!