Kosa Kata Bahasa Arab Profesi

Kosa Kata Bahasa Arab Profesi–Di bawah ini adalah beberapa kosa kata terkait profesi/pekerjaan dalam bahasa Arab:

 

1. Bidan                  =  قَابِلَةٌ

2. Dokter                =  طَبِيْبٌ

3. Guru                    = مُدَرِّسٌ

4. Karyawan           = عَامِلٌ

5. Koki                     = طَبَّاخٌ

6. Nelayan              = صَيَّادٌ السَّمَكِ

7. Pedagang           = تَاجِرٌ

8. Pelaut                = بَحَّارٌ

9. Pelukis               = رَسَّامٌ

10. Penerjemah      = تُرْجُمَانٌ

11. Pengacara        = مُحَامٍ

12. Penjahit            = خَيَّاطٌ

13. Penulis              = كَاتِبٌ

14. Perawat            = مُمَرِّضٌ

15. Petani               = فَلَّاحٌ

16. Pilot                   = طَيَّارٌ

17. Pramugari         =  مُضِيْفَةٌ

18. Presiden           = رَئِيْسُ جُهْمُوْرِيَّةٍ

19. Supir                 = سَائِقٌّ

20. Wartawan        = صَحَافِيٌّ

Profesi dalam bahasa Arab adalah مِهْنَةٌ dan jamaknya adalah مِهَنٌ. Terkait dengan kata profesi, ada beberapa istilah: profesi, profesional, profesionalisme, profesionalisasi dan profesionalisme.

Profesi adalah bidang pekerjaan yang didasarkan pada pengetahuan khusus. Dalam bahasa Arab, kosa kata profesional ini terbagi menjadi dua istilah, yaitu mufrad dan jamak.
Mengutip buku Impara l’arabo – Rapidamente/Facilmente/Efficiente karya Pinhok Lingue, mufrad berarti mengacu pada satu atau dua orang saja, sedangkan jamak merujuk pada tiga orang atau lebih.

Pembahasan:

Arti kata “Mufradat” sendiri merupakan kosa kata atau gabungan huruf dengan beberapa arti. Sedangkan profesi mengacu pada apa yang kita lakukan dengan pelatihan khusus, baik yang diperoleh pada tingkat pendidikan atau pelatihan, seperti dokter, guru, pilot, kapten, polisi atau tentara. Berbeda dengan profesi, pekerjaan adalah apa yang dapat kita lakukan tanpa pelatihan khusus. Misalnya ibu rumah tangga, mandor atau sopir.

Dalam bahasa Arab sendiri, setiap kata benda memiliki jenis kelaminnya masing-masing. Secara umum, segala sesuatu dalam konteks profesi/pekerjaan dianggap maskulin kecuali memiliki akhiran feminin, yaitu (ة) atau ta’ mahbuthah, yang menunjukkan jenis kelamin feminin. Misalnya, مُدَرِّسَۃٌ adalah guru perempuan (feminin) dan مُدَرِّسٌ adalah guru laki-laki (maskulin). Adapun contoh lainnya, misalnya pendengar pria adalah طَالِب, pendengar wanita adalah طَالِبةٌ.

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : Kosa Kata Bahasa Arab Profesi , Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!