Rumus Venturimeter Tanpa Manometer

Selamat datang di website liputanberitaku.com, website yang mengulas tentang pelajaran dan pertanyaan seputar Sekolah Dasar, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, Kali ini kita akan bahas pertanyaan tentang : rumus venturimeter tanpa manometer.

Besar kecepatan yang mengalir pada venturimeter tersebut adalah 3 m/s

Rumus Venturimeter
Rumus Venturimeter
Venturimeter tanpa manometer biasanya digunakan untuk mengukur kecepatan aliran fluida yang tampak, biasanya air atau minyak. Sehingga kita bisa mengamati beda ketinggian permukaan pada pipa vertikalnya.
Venturimeter adalah sebuah alat yang bernama pipa venturi. Pipa venturi merupakan sebuah pipa yang memiliki penampang bagian tengahnya lebih sempit dan diletakkan mendatar dengan dilengkapi dengan pipa pengendali untuk mengetahui permukaan air yang ada sehingga besarnya tekanan dapat diperhitungkan.
Venturimeter adalah alat yang digunakan untuk mengukur laju aliran fluida yang mengalir, misalnya melalui pipa. Prinsip Bernoulli ini menyatakan bahwa dalam fluida ideal, energi total pada setiap titik cairan konstan

Manometer adalah sebuah alat yang dipakai untuk mengukur tekanan melalui media kolom cairan. Memiliki tabung yang terisi cairan, alat ini dimanfaatkan untuk mengukur tekanan pada suatu zat cair.

Besarnya tekanan pada zat cair yang diukur dilihat berdasarkan tekanan fluida serta seberapa tinggi cairan yang terlihat pada skala.

Apabila dipakai untuk mengukur perbedaan tekanan, besarnya ditentukan dengan cara menyeimbangkan bobot kolom cairan di antara kedua tekanan.

Pada umumnya, alat ini menggunakan cairan merkuri sehingga bisa mengukur perbedaan tekanan yang besar. Sementara untuk perbedaan tekanan kecil, cairan yang digunakan adalah air.

 

Pembahasan

Pada soal ini dapat diselesaikan dengan konsep fluida dinamis

Jawaban:

Kita gunakan rumus pada venturimeter tanpa manometer sehingga kecepatan fulida adalah

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : venturimeter tanpa manometer , Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!