hit counter

Jenis-Jenis Panggung dan Gambarnya

Jenis-Jenis Panggung dan Gambarnya–Selamat datang di website liputanberitaku.com, website yang mengulas tentang pelajaran dan pertanyaan seputar Sekolah Dasar, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, Kali ini kita akan bahas pertanyaan tentang : Jenis-Jenis Panggung dan Gambarnya.

Jenis-Jenis Panggung
Jenis-Jenis Panggung

Jawaban:

1. Panggung Arena

2. Panggung Proscenium

3. Thrust

4. Bentuk Tapak Kuda

5. Bentuk Segi Empat

6. Bentuk Kipas (melingkar)

7. Auditorium

8. Panggung Terbuka

 

Penjelasan:

1.panggung area

Panggung arena adalah panggung yang penontonnya melingkar atau duduk mengelilingi panggung

2. panggung Proscenium

Panggung proscenium bisa juga disebut sebagai panggung bingkai karena penonton menyaksikan aksi aktor dalam lakon melalui sebuah bingkai atau lengkung proscenium (proscenium arch).

3.Thrust

Panggung thrust seperti panggung proscenium tetapi dua per tiga bagian depannya menjorok ke arah penonton. Pada bagian depan yang menjorok ini penonton dapat duduk di sisi kanan dan kiri panggung

4.bentuk tapak kuda

Bentuk ruangan ini akan memantulkan gelombang bunyi secara memusat di sisi tengah ruangan, karena permukaan dinding yang berbentuk cekung

5.bentuk segi empat

Bentuk ini merupakan bentuk yang sederhana dari ruang teater. Perletakan panggung perunjukkan berada di salah satu sisi dan ruang penonton berada disisi yang lain.

6.melingkar

Bentuk melingkar menjadikan ruang penonton melingkari panggung pertunjukkan.

7. Auditorium

Panggung pertunjukkan berada ditengah, dengan auditorium terletak mengelilingi panggung pertunjukkan. Dengan begitu, kemampuan arah hadap pementas, maka ia akan menghadap ke arah penonton. Jalur sirkulasi pementasan melewati auditorium.

8.panggung terbuka

Ruang utama berada dan ruang penonton terletak saling berhadapan. Terkadang ruang utama juga dikelilingi ruang penonton