hit counter

Semangat Chauvinistis Yang Digencarkan Jerman Memiliki Pengertian

Selamat datang di website liputanberitaku.com, website yang mengulas tentang pelajaran dan pertanyaan seputar Sekolah Dasar, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, Kali ini kita akan bahas pertanyaan tentang : semangat chauvinistis yang digencarkan jerman memiliki pengertian.

Chauvinisme adalah paham atau faham yang memposisikan bangsa/negara dan memandang rendah bangsa lain, singkatnya mengartikan nasionalisme secara sempit. Berdasarkan buku Pendidikan Karakter karya Aat Agustini (SKM., M.KM. dan Wawan Kurniawan, SKM., M.Kes), mereka mengklaim bahwa chauvinisme adalah penyebab penjajahan dari satu bangsa ke bangsa lain.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan chauvinisme sebagai cinta tanah air yang berlebihan.

Chauvinistis
Chauvinistis

Awal Mula Kemunculan Paham Chauvinisme

Dikutip dari Britannica, istilah chauvinisme berasal dari seorang tentara Prancis bernama Nicholas Chauvin. Saat itu dia melayani Napoleon Bonaparte dengan sangat fanatik.

Sikap Chauvin lambat laun berlebihan hingga dianggap terlalu berlebihan juga pada suatu ras seseorang.

Chauvinisme pernah dianut oleh negara Italia di bawah Bennito Mussolini, kemudian oleh Jepang pada era Tenno Haika dan oleh Jerman di bawah Adolf Hitler.

Di Jerman sendiri, penerapan chauvinisme ditujukan kepada orang Yahudi, anak cacat dan anak kembar. Bahkan, Adolf Hitler dengan bangga mengatakan bahwa bangsa Jerman adalah ras yang unggul atau unggul.

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : Semangat Chauvinistis Yang Digencarkan Jerman Memiliki Pengertian , Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!