Ciri Dan Asal Burung Jalak Bali​

Tulislah Ciri ciri Dan Asal Daerah Hewan Burung Jalak Bali​Jalak Bali banyak ditemukan di hutan bagian barat pulau Bali.

Ciri-ciri burung Jalak Bali antara lain seluruh tubuhnya ditumbuhi bulu berwarna putih, kecuali ujung ekor dan sayap yang berwarna hitam. Pipi yang tidak berbulu berwarna biru cerah, kakinya keabu-abuan. Burung jantan dan betina serupa.

Jenis burung ini merupakan bagian timur Indonesia bagian barat

Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) adalah paruh berukuran sedang, panjang sekitar 25 cm [1], dari keluarga Sturnidae. Ia juga dikenal sebagai Curik, bukan Starling.[2] Jalak Bali hanya ditemukan di hutan bagian barat pulau Bali dan asli Indonesia. Burung ini juga merupakan satu-satunya spesies asli Bali dan dinobatkan sebagai simbol satwa liar provinsi Bali pada tahun 1991.

Jalak Bali pertama kali ditemukan pada tahun 1910. Nama ilmiah jalak Bali berasal dari ahli zoologi Inggris Walter Rothschild, yang pada tahun 1912 adalah orang pertama yang mendeskripsikan spesies ini ke dunia pengetahuan.

Morfologi

Ciri-ciri morfologi jalak bali adalah sebagai berikut:[3][4]

  • Bulunya 90% putih bersih dan ujung bulu sayap dan ekornya berwarna hitam selebar 25 mm.
  • Kelopak mata di sekitar bola mata berwarna biru tua, panjang paruh 2-3 cm, runcing, ujung berwarna kuning kecoklatan, rahang berwarna hitam keabu-abuan.
  • Burung jantan memiliki bentuk yang lebih indah, memiliki jambul di kepala, dengan beberapa helai bulu berwarna putih bersih.
  • Panjang dari ujung paruh ke ujung ekor kira-kira. 25cm, panjang paruh 3cm, panjang kepala 5cm, panjang leher 2cm, panjang paruh 2cm. sayap 13 cm, panjang ekor 6 cm, ujung hitam panjang 2 cm, panjang kaki (tanpa paha) 4 cm.
  • Berat badan 107,75 gram, jumlah bulu sayap 11-12 helai, bulu ekor 17-18 helai.

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : Tulislah Ciri ciri Dan Asal Daerah Hewan Burung Jalak Bali​, Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!