Menjawab Pertanyaan Pertanyaan yang Berkaitan Dengan Bacaan Akan Membantu Kita

Menjawab Pertanyaan Pertanyaan yang Berkaitan Dengan Bacaan Akan Membantu Kita–Perkembangan kemampuan membaca dan memahami teks bacaan saat ini sedang meningkat. Dengan menjawab pertanyaan berbasis teks dari bacaan, siswa diminta untuk membaca dan memahami bacaan agar dapat menjawab dengan benar. Di bawah ini adalah kumpulan pertanyaan tentang membaca teks.

Pertanyaan Menjawab pertanyaan berdasarkan membaca teks

  1. Ada beberapa jenis gerhana. Jenis termasuk gerhana total, parsial, dan annular. Gerhana matahari total terjadi ketika semua bagian Bumi berada di bawah bayang-bayang Bulan. Gerhana matahari sebagian terjadi ketika Bumi berada di penumbra Bulan. Gerhana annular terjadi ketika Bulan berada paling jauh dari Bumi.

Berdasarkan paragraf tersebut, bagian bumi manakah yang akan mengalami gerhana matahari sebagian?

Bagian bumi yang mengalami gerhana matahari sebagian adalah…

A. antara matahari dan bulan
B. bayangan bulan
C. belahan bulan
D. titik terjauh dari Bulan

Jawaban: c

Diskusi:
Bagian bumi yang mengalami gerhana matahari sebagian berada di penumbra Bulan. Jawabannya ada di kalimat 4.

2. Air adalah zat cair. Bentuk air dapat bervariasi tergantung pada tangki. Permukaan air yang tenang selalu datar. Air dapat mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Ini terjadi di bawah pengaruh gravitasi.

Mengapa air mengalir dari atas ke bawah?
Air dapat mengalir dari atas ke bawah karena…

A. Permukaannya selalu rata
B. Bentuk dapat bervariasi
C. pengaruh gravitasi
D. Termasuk cairan

Jawaban: c

Diskusi:
Gravitasi dapat membuat air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Jawabannya ada di kalimat terakhir.

3. Angin darat dan angin laut terbentuk karena adanya perbedaan sifat darat dan laut dalam menyerap dan melepaskan energi matahari. Dibandingkan lautan, bumi dapat menyerap dan melepaskan energi panas matahari lebih cepat. Angin darat terjadi karena energi panas yang diserap oleh permukaan tanah pada siang hari lebih cepat dilepaskan di darat, sehingga suhu di darat lebih dingin daripada di laut. Akibatnya, angin bertiup dari daratan yang suhunya dingin menuju laut yang suhunya hangat. Angin darat bertiup pada malam hari. Angin laut terjadi karena daratan menyerap energi panas lebih cepat daripada lautan, sehingga suhu udara di daratan lebih hangat daripada lautan. Akibatnya, angin bertiup dari laut yang suhunya dingin menuju ke daratan yang suhunya hangat. Angin laut bertiup dari pagi hingga sore hari.

Bagaimana angin darat tercipta? Angin darat terjadi karena…

A. Penyerapan dan emisi energi matahari
B. Di darat suhu udara lebih hangat karena terkena sinar matahari
C. Daratan melepaskan energi panas lebih cepat, sehingga suhu daratan lebih dingin dari suhu laut
D. Daratan lebih cepat menyerap energi panas, sehingga suhu daratan lebih hangat daripada laut

Jawaban: c

Pembahasan: Angin darat terjadi karena daratan melepaskan energi panas lebih cepat, sehingga daratan lebih dingin daripada laut. Jawabannya sesuai dengan kalimat ketiga.

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : Menjawab Pertanyaan Pertanyaan yang Berkaitan Dengan Bacaan Akan Membantu Kita. Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku