Apa Artinya Hairy

Apa Artinya Hairy–Lidah berbulu atau hairy tongue adalah kondisi patologis lidah yang ditandai dengan adanya lapisan rambut pada permukaan lidah.

Definisi

Lidah berbulu atau hairy tongue adalah kondisi patologis lidah yang ditandai dengan adanya lapisan rambut pada permukaan lidah. Lidah berbulu adalah kelainan jinak dan biasanya muncul tanpa gejala spesifik. berbulu dapat dicegah dengan meningkatkan kebersihan mulut.

Jika tidak segera diobati, lidah yang berbulu dapat menyebabkan rasa panas pada lidah, mual, atau bau mulut. Juga, warna lidah berubah menjadi coklat, kuning, hijau atau bahkan hitam.

Apa Artinya Hairy
Apa Artinya Hairy

Diagnosa

Mendiagnosis kondisi lidah berbulu tidaklah sulit. Dokter memeriksa apakah ada perubahan warna pada permukaan lidah atau jika titik-titik pada permukaan lidah terlalu melebar.

Oleh karena itu, dalam hal ini, sampel jaringan tidak perlu dibawa ke laboratorium untuk menegakkan diagnosis.

Gejala

Gejala lidah berbulu antara lain perubahan warna lidah dari putih kekuningan menjadi hitam atau coklat tergantung dari makanan yang Anda makan dan bakteri serta jamur di mulut Anda. Gangguan lidah ini biasanya terdapat pada bagian belakang lidah dan biasanya mengenai seluruh permukaan atas lidah.

Lidah berbulu umumnya tidak menjadi masalah, namun pada beberapa orang dapat menyebabkan rasa mual, tidak nyaman dan bau mulut. Lidah berbulu lebih sering terjadi pada pria dewasa dan jarang terjadi pada anak-anak.

Perlakuan

Cara merawat pasien lidah berbulu tergantung pada keadaan masing-masing. Perawatan ini melibatkan pembersihan lidah dengan pembersih lidah setiap pagi selama 1 bulan atau lebih.

Pada kasus penyakit lidah berbulu yang parah, dapat diatasi dengan menggunakan beberapa obat yang diresepkan oleh dokter.

Penyebab

Penyebab lidah berbulu belum diketahui secara pasti. Namun, banyak faktor yang terkait dengan perkembangan kondisi ini, seperti:

  • Perubahan bakteri dan jamur di mulut
  • Kebiasaan merokok
  • Konsumsi alkohol berlebihan
  • Penggunaan obat antibiotik
  • Penggunaan obat-obatan untuk menekan atau mengurangi aktivitas sistem kekebalan tubuh
  • Tingkat stres dan keadaan emosi
  • Emisi
  • Penurunan aktivitas rongga mulut (misalnya pada pasien rumah sakit yang tidak mampu melakukan kebersihan gigi dan mulut secara optimal)

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : Apa Artinya Hairy. Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku