Arti Dari Sake

Arti Dari Sake–Sake (酒; dilafalkan “sɑ.kɛ” “SA-KE”) adalah minuman beralkohol Jepang yang buat dari fermentasi beras. Ini juga sering disebut anggur beras. Uraian tertulis tentang proses pembuatan sake tertuang dalam buku pertama sekitar tahun 700 Masehi[1].

Di Jepang, kata “sake” berarti “minuman beralkohol”. Ini mungkin memiliki arti yang berbeda di beberapa daerah. Di Kyushu selatan, sake berarti minuman yang suling. Di Okinawa, sake mengacu pada shochu yang terbuat dari tebu.

Bau sake seperti pita nasi.

Arti Dari Sake
Arti Dari Sake

Sake dan budaya Jepang

Sejak zaman kuno, orang membuat alkohol dan menikmatinya sebagai bagian dari budaya mereka. Di banyak bagian dunia, alkohol telah dipuja dan romantisasi sebagai cita-cita. Tidak terkecuali orang Jepang. Berabad-abad yang lalu, mereka mulai memadukan beras pokok mereka dengan air murni dan mikroorganisme koji untuk menghasilkan Nihon-shu (sake Jepang), dengan cerdik memanfaatkan kondisi alam dan lingkungan setempat untuk menciptakan minuman yang unik.

Lautan memisahkan kepulauan Jepang dari daratan Asia, dan hal ini terbukti menguntungkan untuk hobi menyeduh, karena penduduk Negeri Matahari Terbit, yang terletak di sebelah timur sebagian besar daratan Asia Timur, mengembangkan minuman khas mereka sendiri. Isolasi geografisnya lengkapi dengan keterasingan politik, ekonomi, dan budaya selama berabad-abad, hingga modernisasi mulai pada pertengahan tahun 1800. Sake adalah minuman beralkohol yang rancang khusus untuk selera orang Jepang, bebas dari pengaruh budaya lain.

Digunakan dalam upacara adat

Sake sering konsumsi sebagai bagian dari ritual pemurnian Shinto. Selama Perang Dunia II, pilot kamikaze meminum sake sebelum menyelesaikan misi mereka.

Dalam sebuah upacara yang disebut Kagami biraki, tong-tong sake buka dengan palu selama festival Shinto, pernikahan, pembukaan toko, kemenangan olahraga dan pemilu, dan perayaan lainnya. Sake ini, disebut zake-Iwai (“sake perayaan”), ditawarkan gratis kepada semua orang untuk membawa keberuntungan.

Pada Malam Tahun Baru, banyak orang Jepang yang minum sake khusus yang disebut toso. Toso adalah sejenis iwai-sake yang buat dengan merendam tososan, bubuk obat Cina, dalam sake semalaman. Bahkan anak-anak telah memainkan peran mereka. Di beberapa daerah, urutan konsumsi toso mulai dari yang paling muda hingga paling tua.

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : Arti Dari Sake. Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku