Kebijakan Menghambat Arus Perdagangan Dunia

Selamat datang di website liputanberitaku.com, website yang mengulas tentang pelajaran dan pertanyaan seputar Sekolah Dasar, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi, Kali ini kita akan bahas pertanyaan tentang : Salah Satu Kebijakan Lain yang Dapat Menghambat Arus Perdagangan Dunia Adalah.

Kebijakan Menghambat Arus Perdagangan Dunia–Selain tarif, kebijakan lain yang dapat menghambat arus perdagangan dunia adalah dukungan bagi produsen penghasil substitusi impor.

Salah satu kegiatan suatu negara adalah melakukan perdagangan internasional guna memenuhi kebutuhan dalam negeri dan meningkatkan pendapatan negara. Pengertian perdagangan internasional adalah kegiatan perdagangan yang melakukan oleh pelaku ekonomi negara. Dengan pelaku ekonomi di luar negeri atas dasar kesepakatan dan kesepakatan bersama.

Perdagangan adalah kegiatan pertukaran barang atau jasa yang sepakati bersama. Pada dasarnya berdagang adalah usaha yang menguntungkan karena dapat meningkatkan keuntungan dan memenuhi kebutuhan. Salah satu kegiatan bisnis yang paling umum adalah perdagangan internasional.

Kebijakan Menghambat Arus Perdagangan Dunia

Perdagangan antar negara adalah perdagangan antara dua negara atau lebih berdasarkan kesepakatan bersama. Dalam perdagangan antar negara (perdagangan internasional) terdapat faktor penghambat dan penentu.

Faktor penghambat perdagangan internasional menyangkut harga barang luar negeri lebih murah dari hasil produksi dalam negeri. Bea masuk yang tinggi, adanya proteksi, adanya kuota, adanya peraturan, dumping, pertentangan politik, dan peperangan.

Berikut beberapa hal yang dapat mendorong perdagangan internasional:

  • Keinginan untuk memenuhi kebutuhan: Setiap negara memiliki kendala sendiri dan kendala tersebut mendorong suatu negara untuk berdagang dengan negara lain untuk mendapatkan barang atau jasa yang tidak tersedia di negaranya sendiri.
  • Pencegahan Inflasi: Kenaikan harga di suatu negara karena kelangkaan mendorong negara tersebut untuk mengimpor barang dari luar negeri, sehingga dapat menciptakan stabilitas harga barang domestik.
  • Desire for Profit Adanya kelebihan yang memiliki suatu negara mendorong negara tersebut untuk menawarkan kelebihan tersebut kepada negara lain.

Demikian Ulasan Pertanyaan Tentang : Salah Satu Kebijakan Lain yang Dapat Menghambat Arus Perdagangan Dunia Adalah. Jika ada jawaban lain silahkan menghubungi redaksi liputanberitaku. Terima Kasih!