Cara Membuat Artikel Untuk Tugas Kuliah Bagi Pelajar

cara membuat artikel untuk tugas kuliah –Tugas menulis artikel merupakan hal yang lumrah dalam dunia presentasi. Namun, banyak mahasiswa yang belum memahami cara membuat artikel untuk tugas kuliah.

Gambaran berikut akan membantu Anda membuat artikel yang sesuai dengan keinginan pembicara.

Cara Membuat Artikel Untuk Tugas Kuliah Bagi Pelajar
Cara Membuat Artikel Untuk Tugas Kuliah Bagi Pelajar

Pengertian Artikel

Menurut KBBI, artikel adalah tulisan yang lengkap, seperti laporan berita atau esai di majalah, surat kabar, dan media lainnya.

Sedangkan Ensiklopedi Pers Indonesia mendefinisikan artikel sebagai sebuah prosa yang ditulis di media massa dimana terdapat pembahasan pokok masalah untuk dibahas dengan lugas.

Bagian-Bagian dalam Artikel

Sebelum Anda memulai proses pembuatan artikel PR kuliah Anda, Anda juga perlu mengetahui terlebih dahulu bagian mana dari artikel tersebut yang akan Anda temukan. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Bagian Sampul

Isi sampul atau cover harus ditata sebaik mungkin agar penyaji dapat memahaminya dengan mudah.

Sampul biasanya mencantumkan judul, nama, nomor induk mahasiswa, logo kampus, nama jurusan, fakultas, kota, serta tahun artikel dibuat.

2. Kata Pengantar

Kata pengantar biasanya berisi ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, diikuti dengan judul artikel dan kaitannya dengan topik tertentu.

Kemudian dilanjutkan dengan ucapan terima kasih dari berbagai pihak dan diakhiri dengan harapan, kritik dan saran dari penulis.

3. Daftar Isi

Seperti halnya buku, daftar isi memuat daftar atau judul utama yang ada diartikel kamu. Jadi buatlah daftar isi secara berturut dan rapi.

Kamu dapat melakukannya secara manual, tetapi ada juga cara otomatis untuk memudahkan kamu dalam mengerjakannya.

4. Pendahuluan

Pendahuluan artikel dapat berisi beberapa hal sebagaimana dasarnya isi bab pendahuluan dalam makalah.

Dari judul artikel yang diangkat, kamu bisa menggambarkan latar belakang permasalahan tersebut, misalnya alasan memilih judul tersebut dan mengapa judul artikel tersebut layak untuk dibahas.

Kemudian, kamu dapat menautkannya ke kalimat seperti pernyataan masalah; bisa berupa pertanyaan langsung atau beberapa kalimat penuntun sebelum memulai percakapan.

Bagian pengantar juga bisa ditutup dengan tujuan menulis artikel berdasarkan judul yang dipilih.

5. Pembahasan

Bagian ini, tentunya yang menjadi inti dari artikel ini.

Pembahasan mencakup penjelasan tentang masalah yang diangkat dan mencoba menjelaskan secara menyeluruh segala sesuatu tentang artikel tersebut sambil memastikan sumber referensi yang Anda cari.

Kamu dapat memberikan fakta dan kemudian opini orang-orang terkemuka untuk mendukung tulisan Anda.

Semua ide harus disusun secara ringkas dan sederhana agar pembaca dapat dengan mudah memahami tulisan Anda.

6. Penutup

Bagian ini adalah bagian terakhir dari artikel. Penutup biasanya berisi kesimpulan dari masalah yang dibahas secara panjang lebar.

Kamu dapat menulis kesimpulan berdasarkan pertanyaan atau tujuan pendahuluan. Menambahkan saran juga diperbolehkan.

7. Daftar Referensi

Ini juga merupakan bagian penting sebelum mencari tahu cara menulis artikel untuk tugas kuliah.

Referensi dapat diambil dari buku, artikel internet, jurnal akademik, tesis, dan karya tulis lain dari penulis atau penerbit yang sah.

8. Lampiran

Bagian ini terletak dibagian belakang.

Dimana lampiran biasanya merupakan tempat untuk menaruh arsip atau data pendukung seperti gambar, surat, tabel, dokumen cetak atau digital, dan file lainnya.

Cara Membuat Artikel untuk Tugas Kuliah Mahasiswa

Setelah Anda memahami bagian-bagiannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah menyiapkan makalah tugas kuliah Anda seperti di bawah ini.

1. Mengenali Jenis Artikel

Ada beberapa jenis artikel yang harus kamu ketahui. Beberapa di antaranya adalah artikel jurnal, opini, dan esai.

Setiap artikel berbeda, jadi kamu harus meneliti setiap jenis sebelum memilih artikel untuk ditulis.

Saat kamu membuat artikel untuk tugas kuliah pertama ini, kamu juga harus memilih topik artikel. Pilih topik tertentu untuk membuat tulisan kamu menarik ketika dibaca.

Jika topiknya terlalu umum, dikhawatirkan nantinya kamu akan menulis terlalu panjang dan tidak konsentrasi.

2. Merencanakan Proses Penulisan

Buat daftar gambar terkait item. Cara menulis artikel untuk kursus ini: pokok-pokok artikel, tujuan penulisan, dan kumpulan referensi untuk memperkuat tulisan Anda.

Kamu juga dapat menentukan judul sekaligus sebelum mulai menulis. Kamu dapat memasukkan judul saat ingin mulai mengetik, atau Anda dapat mengetiknya setelah selesai mengetik.

Dengan menuliskannya di awal, Anda dapat membatasi ruang lingkup pembahasan dalam artikel, sedangkan jika menulis judul di bagian akhir, Anda dapat mengubah kata-kata dalam judul berdasarkan tulisan yang sudah selesai.

3. Memahami Kembali Bagian-Bagian Artikel

Penting untuk memahami bagian-bagian atau struktur artikel. Dengan setiap struktur yang ada, kamu dapat mengelompokkan semua informasi menurut bagian-bagian tertentu.

Ini juga membantu mencocokkan konten teks terkait dengan subjudul di setiap kerangka.

4. Mengumpulkan Referensi

Saat menulis artikel, tahap cara membuat artikel untuk tugas kuliah ini sangatlah penting.

Berbagai informasi yang berkaitan dengan judul artikel harus dicari dan ditemukan sumbernya yang dapat dikatakan relevan.

Kamu bisa mencari referensi di media cetak, seperti buku, atau di media digital melalui internet. Kamu juga harus memeriksa, terutama untuk referensi di internet, apakah informasi sudah valid atau tidak.

Sumber yang baik biasanya ditemukan dalam artikel ilmiah seperti jurnal atau buku.

Informasi otentik membuat tulisanmu darat ditanggung jawabkan dari segi kualitas, memungkinkan kamu mendapatkan nilai tambah dari dosen kamu.

5. Memahami Referensi dengan Baik

Begitu banyak bahan yang telah dibuat. Kamu harus memahami referensi yang telah dikumpulkan.

Tulis kalimat-kalimat penting atau beberapa aspek yang cocok untuk mengembangkan isi tulisan kamu.

Tidak perlu menulis dari terlalu banyak sumber jika Anda tidak ingin bertele-tele, tetapi sebaiknya mengambil lebih dari satu sudut pandang agar artikel Anda tidak terlalu sempit.

Karena jika kamu tetap berpegang pada satu tautan saja, kamu tidak akan dapat mengembangkan artikel yang lebih luas.

6. Menulis Sesuai Petunjuk

Setelah Anda selesai mempersiapkan, Anda dapat mulai menulis artikel.

Mengikuti prosedur, petunjuk dan syarat-syarat tertentu berdasarkan cara membuat artikel untuk tugas kuliah yang benar. Kamu juga harus memperhatikan ketentuan tambahan dari dosen.

Ketentuan ini dapat bervariasi, misalnya referensi harus berasal dari artikel yang terbit lebih dari lima atau sepuluh tahun yang lalu.

Ada juga ketentuan seperti spasi dan penomoran subjudul dalam artikel. Pengaturan lain mungkin termasuk ukuran teks, font, ukuran font, dan margin.

Instruksi seperti itu harus diperhatikan karena instruktur akan melihat Anda sebagai siswa yang memperhatikan instruksinya dan melaksanakannya dengan benar.

7. Melakukan Pengeditan dan Pengecekan Kembali

Setelah selesai menulis, Anda harus membaca ulang dan memeriksa ulang semua yang telah Anda tulis.

Semoga cara ini membantu anda dalam membuat artikel untuk tugas kuliah dan meminimalisir kesalahan penulisan atau typo seperti salah ketik, lupa input, kata miring, dll.

8. Menghindari Permasalahan Hak Cipta

Untuk menghindari terjebak dalam masalah hak cipta, Anda harus membuat makalah universitas berdasarkan ide Anda.

Referensi bisa saja diambil dari berbagai sumber, namun sebaiknya tetap dikembangkan sendiri sesuai dengan pemahamanmu.

Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan sumber kutipan di setiap kutipan artikel.

Hal ini berguna karena tidak mendeteksi penulisan artikel sebagai plagiarisme, tetapi menafsirkannya sebagai referensi selama pengembangan penulisan artikel.

Kesimpulan

Penjelasan di atas tentang cara membuat artikel untuk tugas kuliah merupakan cara yang umum dilakukan untuk menyelesaikan berbagai tugas dalam bentuk karya tulis.

Kamu hanya perlu membaca dengan seksama dan kemudian berlatih menuangkan ide Anda ke dalam tulisan. Semoga beruntung! Jika ingin mencari beberapa contoh artikel pendek, contoh artikel opini atau artikel menarik lainnya kunjungi blog kami ya!