Degan Wulung, Apa Manfaat untuk Kesehatan?

degan wulung –Manfaat dari kelapa wulung untuk kesehatan sangat beragam. Tanaman herbal ini ukup sulit untuk di temukan, tidak seperti kelapa hijau pada umumnya.

Jenis kelapa ini memiliki keunikan tersendiri yaitu serabut berwarna merah muda atau pink pada kulitnya.

Selain berkhasiat untuk kesehatan tubuh, kelapa ini juga sering di kaitkan dengan hal-hal mistis.

Kandungan kelapa wulung antara lain glukosa, protein, karbohidrat, serat, sukrosa, asam amino, tanin, dan fruktosa.

Bedanya kelapa hijau dengan kelapa muda biasa, jenis kelapa wulung ini lebih banyak mengandung tanin, sehingga lebih banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Berdasarkan catatan ilmiah, kelapa dapat di bedakan menjadi 3 jenis berdasarkan warnanya, yaitu kelapa merah atau cocos nucifera rubescens, kelapa hijau atau cocos nucifera veridis dan kelapa kuning atau cocos nucifera eburens. Sementara itu, sebagian menyebut kelapa wulung sebagai kelapa merah.

Degan Wulung, Apa Manfaat untuk Kesehatan?
Degan Wulung, Apa Manfaat untuk Kesehatan?

Khasiat Kelapa Wulung Bisa Mengobati Apa Saja?

Kelapa hijau asli atau Nyuh Mulung dalam bahasa Bali, disebut kelapa merah, meskipun kulit luarnya bervariasi, ada yang bercampur dengan warna coklat, orange, atau hijau campur cokelat.

Jadi jenis kelapa ini cukup beragam. Untuk melihatnya, kamu harus memotong menjadi dua.

Sementara cara mengkonsumsinya juga berbeda, ada yang meminumnya langsung, merebusnya dan ada juga yang membakar kelapanya.

Seperti biasa, degan wulung ini memiliki manfaat dan khasiat yang baik untuk tubuh, seperti :

Penawar Racun dalam Tubuh

Diantara berbagai manfaat kelapa wulung, kandungan tanin kelapa yang melimpah dapat menjadi penangkal racun dalam tubuh.

Jadi, jika seseorang keracunan makanan atau obat-obatan, maka bisa mengatasinya dengan meminum kelapa ini.

Menurunkan Kolesterol

Kaya akan serat dan protein, kelapa wulung dapat membakar lemak jahat dalam tubuh. Maka sangat wajar jika kelapa wulung menjadi obat alternatif penurun kolesterol.

Mencegah Penuaan Dini

Kandungan gizi kelapa wulung meregenerasi sel tubuh lebih cepat. Dengan demikian, kulit wajah yang keriput bisa berkurang.

Dengan mengkonsumsinya, menjadi alternatif untuk menjaga wajah tetap awet muda.

Kandungan gula dan nutrisi pada kelapa juga membantu menjaga kekencangan kulit. Selain itu, asam amino yang dikandungnya membuat wajah lebih cerah.

Penyeimbang pH dalam Tubuh

Khasiat kelapa wulung adalah menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, sehingga mencegah peminumnya mengalami dehidrasi.

Selain itu, keseimbangan pH tubuh dapat membuat tubuh lebih kuat dalam menghadapi serangan virus.

Menurunkan Berat Badan atau Diet

Bagi yang sedang diet, mengkonsumsi air kelapa sangat di anjurkan.

Membakar lemak jahat yang ada di dalam tubuh dan bisa di jadikan menu sehari-hari karena tidak menggunakan gula tambahan, cocok untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Bermanfaat sebagai Diuretik

Perlu Anda ketahui bahwa diuretik adalah obat yang mengeluarkan kelebihan garam dan air dari tubuh melalui urin.

Karena manfaat kelapa wulung bisa menjadi salah satu alternatif asupan elektrolit esensial yang di butuhkan tubuh. Ini juga bagus untuk menenangkan usus dan membersihkan ginjal dan membantu buang air kecil.

Dari segi harga, kelapa wulung ini biasanya lebih mahal dari kelapa ijo biasa.

Sementara di pasaran, harganya sangat bervariasi tergantung ukuran dan dimensi kelapa, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Sedangkan kelapa hijau biasanya dihargai antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

Kesimpulan

Itulah manfaat degan wulung yang harus kamu ketahui. Efek menguntungkan dari buah kelapa ini bagi kesehatan tubuh cukup banyak. Namun, jika kamu ingin menyembuhkan berbagai penyakit dengan tanaman herbal atau kelapa ini, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.