Wifi Tersimpan Tapi Tidak Terhubung, Ini Solusinya!

wifi tersimpan tapi tidak terhubung –Wi-Fi tersimpan tapi tidak dapat terhubung tentunya menjadi pertanyaan bagi kita yang mengalaminya. Aneh memang ketika jaringan wifi tersimpan tapi gagal terhubung. Sebagai pengguna Android yang menggunakan jaringan Wi-Fi, hal ini tentu menjadi masalah.

Pasalnya penggunaan internet terganggu dan tidak dapat maksimal.

Saat ini, Wi-Fi telah menjadi fitur konektivitas yang wajib di miliki di perangkat Android. Fitur ini memberi banyak peluang yang sangat menguntungkan.

Mulailah mengakses Internet yang lebih cepat, lebih murah, dan tentunya lebih stabil. Mencari tempat dengan Wi-Fi gratis tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Namun, ini dapat dengan mudah berubah jika tahu wifi tersimpan tapi tidak bisa terhubung. Kadang malah putus tiba-tiba atau gagal terhubung sama sekali.

Wifi Tersimpan Tapi Tidak Terhubung, Ini Solusinya!
Wifi Tersimpan Tapi Tidak Terhubung, Ini Solusinya!

Cara Mengatasi Wifi Tersimpan Tapi Tidak Terhubung

Sebenarnya banyak hal yang bisa menyebabkan wifi android tidak bisa connect. Alasan umum adalah jangkauan router Wi-Fi terlalu jauh dari Android.

Bisa juga disebabkan oleh tumpukan cache atau sampah elektronik di aplikasi dan banyak lagi penyebab atau masalah lainnya.

Namun, jika kamu mengalaminya maka kamu tidak perlu khawatir karena ada cara mudah untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan.

Airplan Mode serta Lakukan Reboot

Cara mengatasi wifi tersimpan tapi tidak konek yang bisa dilakukan adalah mode pesawat dan restart. Cara ini paling mudah untuk kamu lakukan.

Langkah untuk memulai cara ini adalah buka dulu menu Setting dan pilih Wifi. Nonaktifkan dan aktifkan kembali koneksi Wi-Fi Anda.

Lakukan hal yang sama dengan router jika koneksi internet di rumah kamu mengalami gangguan. Saat kamu mematikannya, tunggu sekitar dua menit lalu hidupkan kembali.

Solusi paling sederhana adalah mengaktifkan mode Airplane atau Pesawat. Tunggu beberapa saat dan periksa kembali koneksi Anda.

Langkah selanjutnya adalah me-restart perangkat dan masuk ke mode aman. Kemudian coba sambungkan lagi dalam mode aman dan tunggu apakah kamu dapat terhubung.

Setelah terhubung ke Wi-Fi tanpa gangguan, mulai ulang Android untuk masuk ke mode normal. Wi-Fi tersimpan, tetapi tidak dapat terhubung.

Menghapus Jaringan Wifi

Langkah selanjutnya adalah menghapus jaringan wifi. Pertama, klik Wi-Fi, pilih Wi-Fi yang ingin kamu sambungkan, lalu klik Lupakan Jaringan.

Kemudian kamu dapat menghapus seluruh daftar jaringan wifi yang disimpan sebelumnya. Setelah menghapus seluruh daftar jaringan wifi, restart Android.

Kemudian sambungkan kembali ke wifi yang sudah tersedia. Jangan lupa untuk memasukan ulang password agar wifi yang tersimpan tapi tidak terhubung mudah dilewati.

Menggunakan Perangkat Lain

Jika metode sederhana tidak dapat menyelesaikan masalah jaringan Wi-Fi, gunakan metode lain yang lebih sesuai. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan perangkat lain.

Untuk digunakan dengan perangkat lain, seperti laptop atau smartphone Android lainnya. Jika masih tidak berfungsi, mungkin ada masalah dengan router atau modem yang Anda gunakan.

Namun, jika perangkat lain hanya bisa menggunakan Wi-Fi, mungkin ada masalah dengan smartphone Android Anda. Itu tidak dapat dipisahkan dari wifi yang disimpan, tetapi tidak terhubung.

Kamu juga dapat memeriksa wifi di android dengan beberapa aplikasi. Jika kamu ingin mengetahui apakah perangkat wifi berfungsi atau tidak, gunakan aplikasi Phone Tester.

Aplikasi ini memungkinkan kamu mengetahui status berbagai perangkat di smartphone Android. Sehingga gangguan jaringan Wi-Fi dapat ditangani dengan cepat dan akurat.

Kesimpulan

Wifi tersimpan tapi tidak terhubung, dapat diatasi dengan cara tersebut. Pastikan kamu memperhatikan caranya dengan seksama. Semoga bermanfaat!