iPhone Wi-Fi Only, Bagaimana Cara Mengatasinya?

iphone wi-fi only –Membahas tentang pengertian iPhone yang WiFi Only, kekurangan iPhone yang WiFi Only dan solusi atau cara mengatasinya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Bagi yang sering menggunakan produk Apple khususnya iPhone sering mendapatkan informasi di grup jual beli yang menawarkan iPhone wi-fi only . Kebanyakan orang tidak terlalu mengerti arti atau maksud dari wifi only. Agar tidak bingung, kamu perlu memahami konsep wifi only di iPhone.

iPhone Wi-Fi Only, Bagaimana Cara Mengatasinya?
iPhone Wi-Fi Only, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Arti iPhone WiFi Only

WiFi Only di gunakan untuk mendeskripsikan perangkat yang hanya dapat diakses melalui WiFi melalui koneksi Internet.

Istilah ini juga sering di jumpai pada produk Apple lainnya, terutama iPhone dan iPad. iPhone yang mengalami wifi only berarti iPhone hanya dapat terhubung ke internet melalui WiFi.

Mengapa iPhone dan iPad? Memanf, istilah Wi-Fi only lebih banyak ditemukan di produk iPad. Karena seperti yang kita ketahui, iPad hanya memberikan dua pilihan untuk masalah koneksi. Kedua pilihan tersebut tentu saja adalah kartu SIM atau memakai data seluler atau hanya menggunakan jaringan Wi-Fi.

Kamu dapat memilih untuk menggunakan iPad yang hanya memiliki kemampuan konektivitas dari kartu SIM melalui jaringan data seluler. Atau gunakan saja akses jaringan internet karena tidak bisa mengakses jaringan melalui kartu SIM.

Penjelesan iPhone WiFi Only

Tidak hanya di iPad, wifi only terdapat pada produk Apple yang sangat populer yaitu iPhone. Jika kamu mengunjungi toko tertentu, kamu mungkin melihat produk iPhone berlabel “WiFi Only”.

Merujuk pada pengertian istilah yang telah dibahas sebelumnya, secara logika tidak mungkin iPhone didesain hanya untuk terhubung dengan koneksi WiFi saja, bukan?

Sedangkan kita tahu bahwa produk iPhone di rancang khusus untuk menjalankan fungsi layaknya smartphone pada umumnya.

Jangan khawatir karena kami akan menjawab pertanyaan tersebut dengan menjelaskan arti istilah tersebut atau dengan mengulas mengapa ada iPhone yang hanya menggunakan sistem wifi.

Penyebab iPhone WiFi Only

Hal itu tidak terjadi begitu saja, ada penyebab dari luar pihak Apple yang membuat iPhone menjadi seperti itu. Berikut adalah beberapa penyebab mengapa iPhone menjadi wifi only:

1. Pemblokiran IMEI

Bagi yang suka bepergian ke luar negeri dan kebetulan membeli produk iPhone, mereka harus membayar biaya pajak terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Jika kamu tidak membayar biaya tersebut, IMEI iPhone akan otomatis hilang atau di blokir.

Jadi kamu tidak dapat menggunakan kartu SIM dari penyedia mana pun. Oleh karena itu, iPhone hanya dapat mencari di Internet melalui Wi-Fi.

2. iPhone Lock Carrier

Ada banyak model iPhone yang memiliki kontrak dengan operator tertentu, sehingga tidak semua model iPhone dapat menggunakan kartu SIM. Alhasil, semakin banyak produk iPhone yang diimpor ke Tanah Air dan sebelumnya memiliki perjanjian kerja sama dengan beberapa operator.

Hal ini tentunya menjadi salah satu alasan mengapa iPhone hanya menggunakan sistem Wi-Fi.

3. iPhone Bypass

iPhone Bypass adalah cara untuk mengatasi masalah kunci ponsel dengan risiko jaringan tidak lagi berfungsi pada kartu SIM. Jika handphone kamu pernah melakukan bypass, kemungkinan konsekuensinya adalah iPhone kamu mungkin hanya bisa wifi only.

Jadi, jika kamu menemukan penjual iPhone yang mem-bypass wifi, itu berarti iPhone tidak dapat menggunakan kartu SIM operator mana pun, yaitu hanya jaringan wifi.

4. Terjadi Kerusakan

Alasan terakhir adalah handphone mengalami kerusakan yang membuat internet hanya dapat di akses melalui jaringan Wi-Fi.

Kekurangan dan Kelemahan iPhone Wifi Only

Karena harganya yang murah, jelas iPhone ini memiliki beberapa kekurangan atau kekurangan yang sangat tidak menyenangkan untuk di gunakan. Berikut adalah beberapa kelemahan Wi-Fi khusus iPhone:

  1. iPhone tidak boleh upgrade iOS.
  2. iPhone tidak boleh di reset.
  3. Keamanan mudah di bobol.
  4. iPhone wifi only sudah di-jailbreak (tidak semua).
  5. Koneksi internet hanya bisa menggunakan wifi.
  6. Sewaktu-waktu iPhone bisa terkunci kembali, alias tidak bisa digunakan.

Cara Memperbaiki iPhone WiFi Only

Kamu mungkin bertanya-tanya apakah mungkin untuk memperbaiki iPhone wifi only saja?

Sebenarnya, memperbaiki iPhone hanya Wi-Fi cukup sederhana. Yang paling penting adalah kamu mengenali apa yang menyebabkan iPhone menjadi hanya wifi. Jika salah satu faktornya adalah kerusakan, kamu bisa mencoba memperbaikinya di loket terdekat.

Sementara jika kerusakan iPhone tidak bisa diperbaiki, satu-satunya cara adalah dengan memaksanya menggunakan jaringan Wi-Fi saja.

iPhone yang hanya bisa terhubung ke jaringan Wi-Fi biasanya digunakan oleh para gamer karena tidak membutuhkan layanan lain, yang penting mereka bisa menginstal game dan memiliki koneksi untuk membukanya. Baca juga: iPhone untuk bermain game.

Kesimpulan

Itulah informasi singkat tentang arti iPhone yang wi-fi only lengkap dengan kelemahan dan cara memperbaikinya. Kami berharap beberapa informasi di atas dapat membantu mereka yang bingung dan menghadapi masalah yang sama.

Ă—