Sunscreen untuk Kulit Berminyak: Lindungi Kulitmu dengan Produk Terbaik

sunscreen untuk kulit berminyakSunscreen merupakan salah satu skincare basic yang wajib kamu miliki, terutama bagi mereka yang bersiap untuk beraktivitas di luar ruangan. Meskipun ada sunscreen dengan konsistensi agak kental, kini banyak sunscreen berbahan dasar air yang cocok untuk kulit berminyak. Memang ada beberapa merk sunscreen seperti Biore, L’Oreal, La-Roche Posay dan Wardah.

Memilih sunscreen terbaik untuk kulit berminyak memang cukup rumit. Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih tabir surya yang baik untuk kulit berminyak. Kami juga membagikan rekomendasi produk tabir surya untuk referensi Anda.

Cara Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Ada empat hal penting yang harus Anda ketahui saat memilih sunscreen untuk kulit berminyak agar tidak salah pilih. Kami telah merangkumnya untuk Anda di sini. Simak ya!

1. Utamakan sunscreen berbahan dasar air

Sunscreen berbahan dasar air atau water-based sangat baik untuk kulit berminyak. Karena berbahan dasar air, tabir surya ini memiliki tekstur yang lebih cair dan mudah terserap ke dalam kulit. Secara umum, tabir surya berbahan dasar air pun bisa menimbulkan efek kusam pada kulit. Efek ini membuat kulit kurang berminyak.

Saat ini, tabir surya berbahan dasar air sangat mudah ditemukan di pasaran. Periksa daftar bahan di bagian belakang produk untuk mengetahui bahan utama tabir surya. Semakin awal posisi sebuah konten, semakin banyak pula jumlah potongan kontennya. Sebagian besar produk tabir surya di pasaran berbahan dasar air.

2. Gunakan sunscreen bertekstur ringan

Menggunakan tabir surya dengan tekstur yang salah bisa membuat wajah berminyak dan rentan berjerawat. Bagi mereka yang memiliki kulit berminyak, hindari tabir surya dengan krim atau losion pekat. Tabir surya dengan tekstur ini terasa berat di wajah dan menumpuk sebum berlebih.

Sunscreen bertekstur ringan tidak menutupi pori-pori sehingga tidak menimbulkan komedo dan jerawat. Sebagai tips, pilih tabir surya gel, cair, atau semprot. Tabir surya ini jauh lebih ringan dan bekerja lebih baik pada kulit berminyak daripada tabir surya bertekstur tebal.

3. Sesuaikan kadar SPF sunscreen dengan kebutuhan

SPF atau sun protection factor dianggap sebagai faktor penentu efektivitas produk dalam melindungi kulit dari sinar matahari. Semakin tinggi SPF, semakin besar kemampuan memblokir UVB dari produk tersebut.

  • Bagi yang beraktivitas di dalam ruangan, cukup gunakan SPF 30.
  • Bagi mereka yang melakukan aktivitas luar ruangan yang lama, SPF 50 harus digunakan.

4. Carilah produk yang tidak menimbulkan jerawat

Kulit berminyak mudah berjerawat. Penggunaan tabir surya yang tidak tepat dapat menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan jerawat. Oleh karena itu, penting untuk memilih produk tabir surya yang tidak menyebabkan jerawat.

  • Oil-free, bebas kandungan minyak
  • Formula noncomedogenic, mencegah jerawat muncul

5. Perhatikan konsistensi sunscreen

Cara memilih sunscreen untuk kulit berminyak, teksturnya juga harus diperhatikan. Anda bisa menggunakan tabir surya dalam bentuk gel, krim atau losion yang ringan dan mudah diserap oleh kulit.

Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak

Jangan lupa untuk memilih sunscreen dengan broad spectrum yang melindungi kulit Anda dari sinar UVA/UVB yang berbahaya. American Academy of Dermatology juga merekomendasikan penggunaan tabir surya dengan SPF minimal 30. Berikut beberapa rekomendasi tabir surya untuk kulit berminyak:

1. Skin Aqua UV Moisture Gel SPF30 PA++

sumber dari lazada
sumber dari lazada

Mulai dari Rp 55.000,00

Kandungan kolagen pada produk melembabkan dan menjaga elastisitas kulit. Produk ini juga mengandung asam hialuronat yang membuat kulit kenyal. Kedua bahan ini sering ditemukan dalam perawatan kulit.

Dengan demikian, tabir surya ini tidak hanya berfungsi sebagai pelindung UV tetapi juga berfungsi sebagai produk perawatan kulit all-in-one. Produk ini untuk orang yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk menggunakan banyak produk perawatan kulit. Tabir surya ini adalah perbaikan cepat di pagi hari sebelum beraktivitas.

2. Nivea Sun Extra Protect Oil Control SPF 50+ PA+++

sumber dari tokopedia
sumber dari tokopedia

Mulai dari Rp 63.900,00

Sunscreen Nivea ini memiliki tekstur serum yang ringan, sehingga tidak terasa lengket di kulit. Bahkan mereka yang sering memakai riasan pun akan menyukainya karena produk ini mengandung L-carnitine.

Bahan-bahan tersebut membantu mengurangi minyak berlebih, membuat makeup lebih tahan lama, dan tidak mudah luntur. Ditambah lagi, produk ini tidak menyebabkan pemutihan, sehingga tidak akan mengganggu penampilan riasan Anda.

3. Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++

sumber dari bukalapak
sumber dari bukalapak

Mulai dari Rp 50.000

Wardah juga memiliki tabir surya yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak yaitu Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++. Tabir surya Wardah ini dapat melindungi kulit Anda secara optimal dari sinar UVA/UVB dan sinar biru yang berlebihan.

Berkat formula alkohol 0% yang inovatif, teksturnya tetap ringan dan tidak lengket. Dilengkapi dengan teknologi Aquafused, tabir surya sesegar air dan menghidrasi kulit.

4. L’Oreal Paris UV Defender Matte & Fresh SPF 50 PA++++

sumber dari tokopedia
sumber dari tokopedia

Mulai dari Rp 80.000,00

Sunscreen ini sangat ringan di kulit dan meninggalkan kesan matte dan segar alami. Kandungan airlicium yang mampu menyerap minyak berlebih membuat sunscreen ini cocok untuk kulit berminyak.

Sedangkan ekstrak ginger root dan ekstrak Cinnamomum cassia bark bekerja sebagai antioksidan dan menenangkan kulit. Jika Anda menginginkan tabir surya berkualitas dengan hasil akhir matte yang natural, Anda bisa memilih produk ini.

5. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA++++

sumber dari tokopedia
sumber dari tokopedia

Mulai dari Rp 59.999,00

Sunscreen berbasis air Azarine memiliki formula ringan yang menyerap dengan cepat. Produk ini sangat cocok untuk orang dengan kulit berminyak karena dapat menahan produksi sebum berlebih. Diklaim bebas alkohol, minyak, dan silikon, produk ini aman untuk kulit sensitif dan berjerawat.

Bagi yang memiliki masalah dengan kulit berminyak, berjerawat bahkan berjerawat, produk ini adalah pilihan yang tepat. Tabir surya ini juga diperkaya dengan bahan alami seperti lidah buaya, teh hijau, dan royal jelly untuk menutrisi kulit.

6. Somethinc Holyshield! UV Watery Sunscreen Gel SPF 50+ PA+++

sumber dari somethinc
sumber dari somethinc

Mulai dari Rp49.000,00

Saat menggunakan sunscreen, efek lengketnya tidak akan terasa berkat formulanya yang ringan. Tak hanya itu, tabir surya ini juga diklaim non-comedogenic dan acne prone. Uniknya, Somethinc memberikan sensasi dingin saat dioleskan ke wajah. Produk ini bisa menjadi pendamping yang baik di cuaca panas. Selain melindungi kulit, sensasinya membuat kulit terasa lebih segar.

7. Bioderma Photoderm AKN Mat SPF 30

sumber dari tokopedia
sumber dari tokopedia

Mulai dari Rp335.000,00

Apakah Anda mencari sunscreen yang tidak hanya melindungi kulit Anda dari sinar matahari tetapi juga mengontrol minyak berlebih? Produk Bioderma ini jawabannya! Tabir surya ini memiliki teknologi Fluidactiv™ yang mampu mengontrol sebum berlebih pada wajah. Bahkan, produk ini diklaim mampu mengurangi sebum hingga 18,2% dalam 8 jam.

Selain itu, produk ini tahan terhadap air dan keringat. Selain itu, efek matte yang tahan lama menambah keunggulan tabir surya ini. Dengan tabir surya ini, wajah Anda tidak akan bersinar.

8. ERHA Acneact Acne Sun Friendly SPF 30/PA+++

sumber dari tokopedia
sumber dari tokopedia

Mulai dari Rp99.000,00

Jika kamu memiliki masalah kulit berminyak yang cenderung berjerawat, kamu bisa mencoba produk ini. Tabir surya ini memiliki oil-regulating formula yang dapat mengurangi minyak berlebih. Formulanya juga anti bakteri sehingga mencegah timbulnya jerawat.

Sunscreen ini sangat nyaman digunakan pada kulit berjerawat karena tidak lengket dan sangat ringan. Namun, pemilik kulit sensitif harus memperhatikan kandungannya. Beberapa pengguna yang tidak cocok dengan kandungan tabir surya mengaku mengalami pengelupasan kulit.

9. Some By Mi Truecica Mineral 100 Calming Suncream SPF 50+ PA++++

sumber dari tokopedia
sumber dari tokopedia

Harga: 130.000

Tabir surya Some By Mi ini disebut-sebut sebagai salah satu tabir surya Korea terbaik untuk jenis kulit berminyak. Kandungan SPF 50 PA+++ yang efektif menangkal paparan sinar UVA dan UVB, menjadikannya sempurna untuk siapa saja yang menyukai aktivitas di luar ruangan.

Selain itu, tabir surya ini juga memiliki esensi dengan kadar air 85%. Sehingga mudah digunakan dan tidak menimbulkan rasa lengket. Setelah pemakaian sunscreen ini tidak meninggalkan white case!

10. Erto’s Sunscreen Gel

sumber dari lazada
sumber dari lazada

Harga: Rp60.000

Berkat teksturnya yang ringan, tabir surya ini juga cocok untuk jenis kulit berminyak. Seperti namanya, tabir surya Erto’s berbentuk gel sehingga mudah diaplikasikan.

Selain itu, tabir surya ini memiliki banyak manfaat lainnya. Salah satunya adalah dapat meratakan warna kulit yang bergaris. Setelah menggunakannya, kulit Anda akan terhidrasi dan mampu mengurangi produksi sebum berlebih.

Tips Memakai Sunscreen untuk Hasil yang Maksimal

Tabir surya adalah suatu keharusan, terutama jika Anda melakukan aktivitas di luar ruangan. Hal ini bermanfaat dalam melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang dapat merusak kulit.

Pastikan Anda menggunakan tabir surya dengan baik dan benar. Jika tidak, Anda tidak akan merasakan manfaat penuh. Lalu bagaimana cara menggunakan tabir surya yang baik? Berikut beberapa tips penggunaan tabir surya untuk hasil yang maksimal.

  1. Gunakan sunscreen 30 menit sebelum keluar ruangan. Tidak seperti tabir surya yang bekerja segera setelah aplikasi, tabir surya membutuhkan waktu untuk terserap sepenuhnya ke dalam kulit.
  2. Oleskan sunscreen pada bagian tubuh yang terpapar sinar matahari langsung. Anda bisa mengaplikasikannya ke wajah, leher, dan telinga.
  3. Selalu ingat untuk mengoleskan kembali tabir surya. Tingkat SPF menentukan seberapa sering tabir surya perlu diterapkan kembali. 1 SPF dapat memberikan perlindungan hingga 10 menit. Jika menggunakan tabir surya SPF 15, artinya tabir surya tersebut dapat memberikan perlindungan selama 150 menit. Inilah cara mengetahui kapan harus mengaplikasikan kembali tabir surya.
  4. Oleskan sunscreen secukupnya. Umumnya disarankan untuk menggunakan setengah sendok teh tabir surya pada satu bagian tubuh. Agar lebih mudah, Anda bisa mengukur panjang dua jari penuh tabir surya. Khusus untuk wajah, gunakan 1/4 sendok teh atau 1,25 mL.

 Kesimpulan

Bagaimana penjelasan di atas? Apakah Anda dapat menemukan produk tabir surya yang tepat? Memilih produk tabir surya untuk kulit berminyak memang tidak mudah. Karena kesalahan pemilihan produk, wajah Anda mungkin mengalami jerawat dan goresan.

Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan dan kesehatan kulit Anda. Gunakan tabir surya yang tepat dan jangan lupa untuk membersihkannya. Kami harap artikel ini membantu Anda menemukan tabir surya yang tepat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!