Deretan Fakta Seputar Penyu yang Harus Anda Ketahui

Liputanberitaku.com — Deretan Fakta Seputar Penyu yang Harus Anda Ketahui- Tidak ada yang menyanggah jika penyu ialah makhluk yang memikat. Tetapi, beberapa dari kita yang belum mengenali hewan laut ini.

Untuk mengingati Hari Penyu Sedunia yang jatuh di tanggal 23 Mei tiap tahunnya, silahkan kita baca beberapa fakta penyu di bawah ini. diambil dari nationalgeographic :

Deretan Fakta Seputar Penyu yang Harus Anda Ketahui

Ada 7 Spesies Penyu Di Dunia

Sekarang ini, ada tujuh spesies penyu yang bertahan di dalam dunia: Penyu hijau (Chelonia mydas), Penyu sisik (Eretmochelys imbricata), Penyu Kemp’s ridley (Lepidochelys kempi), Penyu rapuh (Lepidochelys olivacea), Penyu belimbing (Dermochelys coriacea), Penyu gepeng (Natator depressus), dan Penyu tempayan (Caretta caretta).

Penyu Belimbing Tidak Mempunyai Tulang Punggung

Penyu belimbing ialah salah satu spesies penyu yang tidak mempunyai tulang punggung yang menempel di bagian dalam karapas mereka. Mereka sebagai spesies penyu paling besar di dunia.

Penyu Tidak bisa memasukan kepala Ke Cangkang

Pengakuan jika semua kura-kura bisa menyisipkan kepala mereka ke karapas hanya dogma semata. Semua kura-kura darat bisa, tapi penyu tidak. Bila memperhatikan dari jarak dekat, Anda akan menyaksikan jika penyu mempunyai kelopak mata yang bisa membuat perlindungan mata mereka dari cahaya matahari. Penyu bisa menyaksikan dengan baik sekali di air, tapi tidak di darat. Disamping itu, mereka buta warna.

Perenang Handal

Penyu laut sebagai perenang handal, mereka bisa bergerak dari 1,4 sampai 9,3 km /jam. Mereka jago menyelam, karena bisa capai kedalaman lebih dari 1.200 mtr. untuk memperoleh makanan. Meski begitu, penyu lebih sukai habiskan beberapa waktu mereka dengan masih tetap ada di perairan dangkal.

Susah ketahui Umurnya

Susah untuk ketahui umur penyu secara tepat. Dipercaya jika banyak spesies yang bisa hidup sepanjang 50-80 tahun di alam liar dengan keadaan yang pas, dan komunitas mereka mempunyai makanan yang cukup buat bertahan hidup.

Tidak pernah Berjumpa Orangtuanya

Bayi penyu (tukik) keluar telur dan berebutan ke arah laut. Mereka tidak pernah berhubungan sama orang tuanya. Perasaanlah yang menggerakkan mereka ke arah air. Umumnya spesies jantan tidak pernah tinggalkan laut sesudah mereka pertama kalinya menceburkan diri saat kecil.

Susah Membandingkan Gender

Susah untuk membandingkan di antara penyu jantan dan betina dari sisi ukuran, karena ukuran badan mereka serupa. Salah satunya langkah gampang untuk mengidentifikasinya, penyu jantan mempunyai ekor lebih panjang, karena di sanalah organ reproduksi ada.

Penyu Tidak Menangis

Sebagai dogma umum jika penyu menangis. Apa yang terjadi sebetulnya ialah, mereka mengekskresikan air garam dari badan lewat mata mereka.

 

Penyu dapat bertahan sepanjang beberapa waktu tanpa makanan bila dibutuhkan. Itu karena mereka sebagai makhluk berdarah dingin, hingga mempunyai kekuatan untuk perlambat metabolisme badan. Dari ke-7 spesies penyu, enam salah satunya hampir musnah. Dari sisi penyu belimbing, dua spesies lain, penyu Kemp’s Ridley dan penyu sisik dikelompokkan sebagai benar-benar hampir musnah oleh The World Conservation Union (IUCN).