Penemu Emas Pertama Di Maluku Tengah

Penemu Emas Pertama— Warga Ambon dikejutkan dengan ditemukannya tambang emas di tepian Maluku. Tambang emas ini terletak tepat di tepi pantai pohon batu, di desa tamilouw, kecamatan amahai, daerah mukmas.

Syarifah, warga Amahai yang diduga lebih dulu menemukan tambang emas tersebut, menceritakan kisah ditemukannya tambang tersebut kepada kedua saudaranya.

Syarifa pun menyempatkan diri untuk memberi tahu orang-orang di sekitar rumah tentang penemuan emas tersebut.

Alhasil, pendengar pun langsung bergegas menuju pantai sambil mengenakan perlengkapan seadanya seperti sekop, permadani, dan kuali.

“Kebanyakan warga membawa kuali karena proses pemisahan bijih emas dari pasir sangat mudah,” kata Syarifah.

“Warga bisa mendapatkan emas hingga 7-10 gram per hari,” imbuhnya.

Penemu Emas Pertama, Syarifah mengaku tidak menyangka kabar penemuan butiran emas pekan lalu menjadi viral setelah dan membuat warga berbondong bonding menggali pantai dengan cara tradisional.

Latif Selanno, warga Tamilouw, mengatakan temuan emas itu bukanlah hal baru di daerah itu. Ia mengaku pada tahun 2019 mendapatkan emas sekitar 100 gram. Tak hanya di pesisir pantai, beberapa kubah juga ada di Tamilouw.

“Nggak (nggak ada yang baru), aku sendiri 100 gram di tahun 2019. Itu sama, belum yang lain (orang), karena baru rilis (heboh) sebenarnya udah lama dan nggak seru. Yang penting rajin. dapat 1 gram atau 2 gram sehari. Kapanpun ada, di pantai, saat ini di desa Tamilouw,” kata Latif Selanno saat dihubungi.Baca artikel detiknews, “Warga Panas Temukan Butiran Emas di Pesisir Pantai Moluku Tengah” pertengahan.

Penemu Emas Pertama di  Maluku masih dipenuhi warga yang mencoba peruntungan untuk mendapatkan emas .