Tips untuk Atasi Masalah Insomnia

Liputanberitaku.com — Tips untuk Atasi Masalah Insomnia- Kesulitan untuk tidur pada malam hari bisa dialami siapa saja, dengan banyak pemicu yang berbeda-beda pula. Kondisi seperti ini dikenal dengan sebutan insomnia. Insomnia adalah kondisi yang menyebabkan penderitanya sulit atau tidak bisa tidur sama sekali, meski memiliki kesempatan dan waktu yang cukup untuk istirahat. Insomnia yang terjadi sesekali bukanlah kondisi yang berbahaya. Namun, bila telah berlangsung lama, kondisi tersebut tentu perlu diwaspadai

Baca Juga : Sensasi Terjatuh Saat Tidur, Ini Fakta Tentang Hypnic Jerks

“Insomnia adalah ketika seseorang mengalami masalah kesulitan tidur, tidak cukup tidur atau keduanya hampir setiap malam dalam seminggu.” Demikian dikatakan Alicia Roth, PhD, Psikolog perilaku dan pemulihan masalah tidur dari Cleveland Clinic.

“Jika kita mengalaminya kurang dari tiga bulan, itu bisa dikatakan insomnia akut. Jika sudah lebih dari tiga bulan, itu tergolong insomnia kronis,” sambung dia. Roth juga mengatakan, insomnia bisa terjadi karena banyak hal.

“Ini bisa disebabkan karena peristiwa traumatis, masalah kesehatan mental, masalah medis, peristiwa kehidupan yang membuat stres,” “Stres yang dialami pun tak hanya berkaitan dengan hal yang negatif, bisa juga karena memulai pekerjaan baru, pindah atau apa pun itu.” Lalu, bagaimana caranya mengatasinya, dan membuat tidur lebih awal?

Baca Juga : Cara Mencairkan Bansos Rp 300 Ribu di dtks.kemensos.go.id Hanya di Bulan April

Roth mengatakan, memiliki rutinitas tidur adalah kunci untuk menenangkan insomnia yang terjadi. Dia mengatakan, tubuh dan pikiran menyukai prediktabilitas dalam banyak konteks berbeda dalam hidup, termasuk tidur. Tubuh dan pikiran suka memprediksi lingkungan seperti apa yang dikenakan, suhu ruangan, seperti apa tempat tidur dan seprai kita, seperti apa bau tempat tidur kita. Selain itu, insomnia juga dapat dipicu oleh kondisi medis tertentu, seperti nyeri sendi, dan efek samping obat-obatan.

Beberapa Tips untuk Atasi Masalah Insomnia

Bila Anda sering mengalami insomnia, ada beberapa tips dan cara mengatasi insomnia yang bisa dicoba, antara lain:

Konsumsi makanan sehat

Anda sebaiknya menghindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh tinggi dan karbohidrat kompleks menjelang tidur. Hal ini dikarenakan jenis makanan tersebut dapat memperberat kerja sistem pencernaan, sehingga tubuh menjadi sulit beristirahat.

Jika Anda ingin mengonsumsi camilan di malam hari, pilihlah makanan ringan yang sehat, seperti cracker tawar atau yoghurt.

Baca Juga : Jangan Dipaksa,Tanda Tubuh Lelah dan Perlu Istirahat

Kurangi konsumsi minuman beralkohol dan berkafein

Untuk mengatasi insomnia, Anda juga perlu menghindari konsumsi minuman beralkohol, kopi, teh, dan minuman ringan yang mengandung kafein, terutama pada sore hari dan saat menjelang tidur.

Berbagai jenis minuman tersebut dapat membuat Anda lebih terjaga, sehingga akan susah tidur di malam hari. Agar lebih sehat, Anda dapat menggantinya dengan susu atau air putih.