Android12 Secara Otomatis Menutup Aplikasi Yang Tidak Terpakai

www.liputanberitaku.com—Meskipun Google tidak akan merilis kode sumber untuk rilis Android baru hingga versi stabil ponsel Pixel tersedia, kami jarang melihat beberapa layanan yang akan datang melalui perubahan kode yang dikirim ke AOSP Gerrit. Salah satu fitur yang kami harapkan di versi Android 12 berikutnya adalah hibernasi aplikasi, fitur yang membebaskan ruang penyimpanan dengan menghapus file sementara dari aplikasi yang tidak digunakan. Meskipun fitur ini belum muncul di salah satu dari dua pratinjau pengembang yang tersedia untuk umum, kami dapat mengonfirmasi bahwa kode untuk fitur tersebut disertakan dalam bocoran build yang baru-baru ini diperoleh.

Memecah APK sering kali dapat memprediksi fitur yang mungkin tersedia dalam pembaruan aplikasi di masa mendatang, tetapi ada kemungkinan bahwa fitur apa pun yang disebutkan di sini mungkin tidak disertakan dalam versi yang lebih baru. Ini karena fitur-fitur ini saat ini tidak diterapkan dalam pembuatan langsung dan pengembang dapat menariknya keluar kapan saja.

Dengan dirilisnya Pratinjau Pengembang Android 11 3, Google telah menambahkan fitur “pencabutan otomatis” baru yang mencabut lisensi aplikasi jika aplikasi tidak digunakan selama beberapa bulan. Setelah rilis stabil Android 11, Google membagikan lebih banyak detail tentang fitur tersebut, termasuk tangkapan layar yang memberi tahu pengguna ketika izin aplikasi telah dicabut dan tangkapan layar yang menunjukkan laman Setelan “aplikasi yang tidak digunakan” untuk aplikasi dengan daftar. . yang lisensinya telah dicabut secara otomatis.

Di Android 12, Google sepertinya akan memperluas konsep “aplikasi yang tidak terpakai” dengan fitur hibernasi aplikasi baru yang diseret. Selain secara otomatis mencabut izin untuk aplikasi yang tidak digunakan, Android 12 juga akan menghapus file sementara untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Kami telah mengaktifkan bagian “Aplikasi yang Tidak Digunakan” baru di halaman “Informasi Aplikasi” untuk setiap aplikasi, yang berisi tombol “Hapus izin dan kosongkan ruang” baru. Sebaliknya, Anda dapat menemukan tombol “Pembatalan Izin Otomatis” Android 11 di bawah sub-halaman “Izin Aplikasi” dari halaman “Informasi Aplikasi” aplikasi (kemudian berganti nama menjadi “Jika Anda tidak menggunakan aplikasi, hapus izin” ). Perubahan lokasi ini masuk akal, karena sakelar baru menangani izin dan penyimpanan, bukan hanya izin.

Sumber gambar: www.harapanrakyat.com

Baca Juga : Aplikasi Canggih Tepopuler

Setelah beberapa aplikasi dihibernasi secara manual, halaman “aplikasi yang tidak digunakan” muncul di Pengaturan> Aplikasi. Halaman ini menampilkan aplikasi yang belum dibuka selama beberapa bulan dan, seperti yang dijelaskan, mencabut izin, menghentikan pemberitahuan, dan menghapus file sementara jika aplikasi tidak digunakan selama beberapa bulan.

Berdasarkan perubahan kode yang kami temukan awal tahun ini, fitur sleep aplikasi akan menghapus cache dan / atau menghapus artefak kompilasi untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Tak satu pun dari operasi ini akan membebaskan banyak ruang, tetapi semuanya tergantung pada aplikasi yang akan di-hibernasi dan berapa banyak / jenis file cache yang telah disimpan. Pengguna yang menggunakan perangkat kelas bawah dan memiliki lebih sedikit ruang penyimpanan akan mendapatkan lebih banyak manfaat, tetapi semua pengguna akan mendapatkan manfaat dari aplikasi yang tidak pernah mereka gunakan, dan izin aplikasi ini akan dicabut secara otomatis. Meskipun versi yang kami peroleh lebih baru dari Pratinjau Pengembang 2, kami tidak tahu apakah fungsi tidur aplikasi akan tersedia untuk umum dalam DP3 atau Beta 1. Namun, setelah tersedia, Anda dapat meneruskan perintah “cmd app_hibernation”.