5 Tips Meningkatkan Trafik Toko Online Anda

Tips Meningkatkan Trafik Toko Online — Mempunyai toko online sendiri memang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Anda akan lebih bebas dalam berkreasi dan berinovasi mengembangkan bisnis Anda ke arah yang lebih baik lagi. Salah satu caranya adalah dengan mengoptimalkan strategi digital marketing untuk mendatangkan pembeli sebanyak- banyaknya.

Namun seiring dengan menjamurnya penjual online, tentu saja membuat persaingan di dalamnya juga menjadi semakin ketat. Meski tak sedikit penjual yang berhasil mengembangkan usahanya melalui sistem jualan online atau online shop namun tak sedikit pula diantaranya yang justru tutup di tengah jalan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui tips-tips dalam berjualan online, baik itu bagi para pemula yang baru akan memasuki pasar online maupun bagi mereka yang sudah bergerak di dalamnya, supaya dapat bertahan di dalam arus persaingan jualan online

Berikut tips untuk meningkatkan traffic toko online anda :

Tips Meningkatkan Trafik Toko Online
Tips Meningkatkan Trafik Toko Online

Menentukan Persona Buyer

Langkah penting pertama, coba lah mengidentifikasi karakteristik pembeli Anda. Goal yang akan diraih dari aktifitas ini adalah menentukan target pasar yang tepat. Pikirkan apa saja hal- hal yang membuat pembeli Anda senang, sedih, karakter dasar mereka, lifestyle mereka, aktifitas mereka, dan lain sebagainya.

Saat menentukan persona buyer, hindari menentiukan target pembeli yang terlalu umum, misalnya “ibu-ibu”, “remaja”, atau “milenial”. Buat lah buyer persona Anda se-spesifik mungkin agar Anda semakin mudah dalam menentukan langkah awal untuk mencari calon pembeli toko online Anda.

Optimalkan Point- Point SEO

Toko Online biasanya tidak menerapkan strategi SEO On Page secara mendetail, seperti menggunakan banyak keyword yang dibidik dalam deskripsi produk. Meski begitu, point- point SEO tetap perlu diterapkan sebaik- baiknya tanpa terlalu memaksa.

Manfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah platform yang tepat untuk mempromosikan toko online Anda. Anda bisa mengkombinasikan Facebook Page untuk bisnis, Instagram, Pinterest, dan Twitter. Selain untuk mempromosikan produk.

Anda juga bisa menginformasikan lokasi dan jam operasional toko online Anda. Jangan lupa juga mengatur foto cover dan foto profil sesuai identitas brand Anda. Bangun dan optimasi media sosial Anda dengan sebaik- baiknya.

Membuat Promosi Khusus

Promosi adalah salah satu cara terbaik untuk mendatangkan pengunjung ke website kita. Promosi yang diberikan bisa berupa kupon atau voucher belanja untuk pembelian pertama atau pembelian produk kategori tertentu. Dengan promosi ini, Anda sekaligus dapat menghimpun subscriber yang bisa digunakan dalam strategi email marketing.

Marketplace Branding

Tidak diragukan lagi, marketplace sering menjadi rujukan utama calon pelanggan untuk melihat produk dan harga. Maka dari itu, jangan ragu untuk membuka cabang toko online Anda di satu atau beberapa marketplace.

Di bagian profil, berikan deskripsi seputar produk dan brand toko online Anda. Saat mengarahkan calon pembeli ke toko Anda sulit karena dibatasi oleh policy marketplace.

Anda bisa menyisipkan copywriting softselling yang memancing konsumen untuk mencari tahu lebih lanjut tentang toko online Anda. Rasa ingin tahu mereka ini lah yang akhirnya mendorong mereka masuk ke situs web Anda.

Digital Advertising

Trafik berbayar? Mengapa tidak! Anda bisa mendorong trafik yang matang ke situs web Anda dengan memanfaatkan iklan berbayar, baik itu Google Adwords maupun Facebook/ Instagram Ads.

Dengan Adwords, mereka yang mencari produk Anda di mesin pencari akan lebih mudah dalam menemukan toko online Anda. Sedangkan Facebook, dengan targeting yang tepat, Anda akan menjangkau ratusan atau jutaan audience yang mempunyai minat terhadap produk Anda.