Manfaat Dari Buah Naga Bagi Tubuh

Manfaat Dari Buah Naga  —Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun kini ditanam di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga ditemukan di Okinawa, Israel, Australia bagian utara dan Cina bagian selatan. Hylocereus hanya mekar di malam hari.Pada tahun 1870, tanaman ini dibawa sebagai tanaman hias oleh Perancis dari Guyana ke Vietnam. Orang Vietnam dan Cina menganggap buah itu berkah. Oleh karena itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua patung naga berwarna hijau di atas meja pelaminan. Warna merah pada buah dibedakan dengan warna hijau komodo. Kebiasaan ini menjadikan buah di antara orang Vietnam, yang sangat dipengaruhi oleh budaya Cina yang dikenal sebagai Thang Loy (buah naga). Istilah Thang Loy kemudian diterjemahkan sebagai Buah Naga di Eropa dan negara-negara berbahasa Inggris lainnya.

Di bawah ini adalah daftar dari beberapa ramuan dalam buah naga dan manfaat kesehatannya:

1. Kaya akan kandungan cair
Meski hidup di daerah kering, buah naga memiliki kandungan cairan yang tinggi. Hal ini memberikan buah naga salah satu manfaat untuk mencegah dehidrasi dan rasa segar saat dikonsumsi.Sensasi segar inilah yang membuat orang senang menyantap buah naga, baik dikonsumsi langsung, dibuat jus, maupun dicampur dengan buah-buahan lain seperti es buah.

2. Sumber zat besi
Manfaat buah naga memang luar biasa, salah satunya adalah sumber zat besi bagi tubuh. Seratus gram buah naga sama dengan 1,9 miligram zat besi, yaitu 11% dari kebutuhan harian orang dewasa. Zat besi sangat penting untuk pembentukan hemoglobin dalam darah. Hemoglobin sendiri bekerja dengan cara menghantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh sel di dalam tubuh. Dengan kadar hemoglobin yang memadai, anemia tidak terjadi.Tak hanya itu, kandungan zat besi pada buah naga mendukung tumbuh kembang serta meningkatkan kecerdasan rendah Anda.

3. Kaya vitamin C.
Buah naga kaya akan vitamin C. Oleh karena itu, manfaat buah naga dapat menjadi sumber vitamin C yang baik. Padahal, jumlah vitamin C pada buah naga tiga kali lipat dari pada wortel.100 gram buah naga mengandung 21 mg vitamin C, yaitu 34% dari kebutuhan harian C untuk orang dewasa.Vitamin C dalam buah naga dapat berperan dalam meningkatkan penyerapan zat besi dalam sistem pencernaan serta menjaga kekuatan kulit, stamina, dan kesehatan.

4. Membantu menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung merupakan salah satu manfaat kesehatan buah naga. Buah naga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, buah naga merupakan sumber lemak tak jenuh yang sangat baik.

5. Kandungan serat yang tinggi
Sangat penting untuk menyediakan makanan berserat tinggi untuk konsumsi sehari-hari. Jumlah serat harian yang direkomendasikan adalah 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria.Buah naga mengandung 7 porsi serat per porsi. Kandungan serat yang tinggi pada buah naga dapat memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

6. Melawan diabetes
Manfaat buah naga selanjutnya adalah membantu kadar gula darah tetap stabil. Para peneliti mengatakan, hal ini karena buah naga dapat membantu meregenerasi sel pankreas yang rusak pada penderita diabetes. Namun, penelitian yang lebih mendalam masih diperlukan tentang topik ini.

7. Mengurangi jerawat
Telah diketahui bahwa manfaat buah naga juga dapat diperoleh dengan mengolah buah naga menjadi masker. Buah naga yang kaya vitamin C dapat mengurangi proses inflamasi pada wajah akibat jerawat.

Cara membuat masker antara lain dari buah naga:

  • Hancurkan buah naga menjadi pasta
  • Oleskan ke area wajah yang memerah
  • Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air
  • Gunakan dua kali sehari sampai peradangan mereda

Baca Juga : 6 Cara Menjaga Kadar Cairan Tubuh Ketika Berpuasa Ramadan