5 Langkah Memulai Program Referral E-commerce

liputanberitaku.com– Apa e-commerce mengundang perhatian anda? Apa beberapa orang mengulasnya dan membagikan dengan rekan-rekan mereka? Oleh karenanya, saat ini waktunya memakainya supaya Anda bisa memenangi semakin banyak usaha. Apabila tidak, saat ini waktunya mengawali isu positif mengenai perkembangan merk! Kami bicara mengenai program referal.

Apakah itu program referral?

Program referal ialah mekanisme penghargaan yang menggerakkan konsumen setia Anda sekarang ini untuk arahkan keluarga dan rekan mereka ke Anda. Imbalan yang dikasih ke konsumen setia atas referensi mereka bisa benar-benar bervariatif bergantung pada merk dan audience. Ini kemungkinan tawarkan peserta…

  • Potongan harga, seperti potongan harga X% pada pembelian selanjutnya untuk tiap konsumen setia baru
  • Point yang bisa diganti lewat produk atau keuntungan mereka di website Anda
  • Membeli produk terbatas, seperti contoh atau produk baru, saat sebelum ada untuk warga umum
  • Produk gratis, seperti memperoleh suatu hal dengan gratis sesudah merekomendasikan banyak rekan
  • Uang kontan, seperti hadiah uang kontan $ X untuk tiap konsumen setia baru yang Anda membeli dari Anda, atau untuk tiap lima sampai sepuluh konsumen setia baru, dan sebagainya.

Mekanisme penghargaan Anda dapat sepihak, yang hanya merk yang memberikan dukungan keuntungan, atau dua segi, di mana mereka dan konsumen setia baru yang mereka rekomendasikan memperoleh faedah. (Program dua arah ialah hal yang biasa karena Anda lebih condong memperoleh instruksi alterasi baru.) Apa saja langkah Anda melakukan, dan imbalan apa saja yang Anda pasarkan, program itu harus berikan motivasi penonton untuk keluar sana dan memulai bawa usaha baru.

 

baca juga:

Perbedaan E-Commerce Domestik Vs Cross Border

Apa tujuan dari program referal?

Semua kembali lagi ke keyakinan. Orang lebih memercayai seseorang (khususnya keluarga dan rekan mereka) dibanding merk. Itu kenapa Anda, sebagai customer, dapat memperoleh iklan dan poster di mana saja untuk restaurant baru di kota, tapi tidak boleh betul-betul pergi sampai seorang rekan beri pujian apa yang Anda rasakan di situ.

Maka bila konsumen setia yang suka menggerakkan rekan untuk beli dari toko e-niaga Anda, rekan itu kemungkinan akan ikuti referensi dan menyaksikan apa yang mereka pasarkan. Apabila konsumen setia yang suka menggerakkan rekan mereka untuk beli dari Anda dengan stimulan keuangan, mereka memungkinkan (dan kerap kali melakukan!).

Statistik menggambarkan hal di atas: 92% customer yang baik sekali memercayai referensi kenalan mereka – dan itu memiliki arti keuntungan riil. Dalam periode panjang, konsumen setia yang direkomendasikan bisa memberikan Anda margin keuntungan 25% semakin tinggi. Dan yang terbaik dari semua: Selekasnya sesudah konsumen setia tergabung dengan program Anda, mereka mulai arahkan jalan raya ke toko Anda sendiri tanpa usaha selanjutnya. Oleh karenanya, untuk kebutuhan terbaik Anda untuk kumpulkan team client yang besar untuk program referal.

Langkah mempersiapkan program referal untuk merk e-commerce Anda

Apa Anda siap untuk jalan raya referensi datang? Turuti beberapa langkah berikut untuk mempersiapkan program referal toko e-commerc

1. Memutuskan apa yang hendak ditawarkan ke peserta.

Langkah awal ini adalah cara paling penting. Bila Anda tidak mempunyai penawaran menarik, bahkan juga konsumen setia yang paling berbahagia juga kemungkinan tidak menyempatkan diri untuk menebarkan informasi mengenai merk Anda. Yakinkan Anda betul-betul pahami konsumen setia Anda dan membuat penawaran menarik untuk mereka. Anda bisa mempersempit jadi dua pilihan penawaran dan memperoleh suara komune, atau A / B bisa mengetes ke-2 nya.

Silahkan kita saksikan misalnya. Bombas, toko kaus kaki online, tawarkan program referensi di mana simpatisan merk bisa arahkan rekan untuk beli kaus kaki gratis mereka sendiri. Mereka tawarkan potongan harga ke konsumen setia pertama kalinya untuk tingkatkan kesempatan alterasi mereka. Kaus kaki gratis ialah motivasi untuk audience dan produk tertentu mereka. (Potongan harga kemungkinan tidak seefektif itu, karena pesanan kaus kaki besar yang memperoleh keuntungan dari potongan harga condong jarang ada !)

2. Buat halaman arahan untuk membagi detil program.

Selanjutnya masukan semua detil yang berkaitan dari program dan tempatkan di lokasi yang gampang diketemukan audience Anda. Untuk mayoritas toko e-niaga, ini akan ada sebagai situs landas di website mereka. Anda bisa (dan harus!) Memasang iklan program referensi Anda di basis lain, tapi bisa membagi link di mana semua info berada di satu tempat benar-benar menolong.

Halaman instruksi harus meliputi yang berikut ini:

  • Siapakah yang memiliki hak untuk berperan serta dalam program referal Anda
  • Bagaimana mereka bisa mendaftarkan atau tergabung dengan program
  • Apa yang hendak mereka peroleh dari arahkan kembali konsumen setia baru (dan apa yang hendak didapat konsumen setia ini, bila ada)?
  • Daftar FAQ mengenai program bila Anda mendapati jika Anda mempunyai beberapa pertanyaan yang serupa mengenai program itu
  • Hasil bikin lembut apa saja bila dibutuhkan

Saksikan halaman instruksi untuk program referensi Sephora Singapura, misalkan. Ini terhitung sisi FAQ, penyempurnaan hadiah, persyaratan dan ketetapan, dan CTA untuk peluang tergabung.

3. Dorong berbagi sosial.

Selanjutnya permudah konsumen setia Anda untuk pasarkan ke Anda. Mengikutkan tombol share perusahaan (dan kemungkinan tweet atau text yang sudah dicatat awalnya) akan tingkatkan kesempatan Anda jadi duta untuk mempublikasikan mengenai merk Anda. Dan itu, sudah pasti, menolong menarik usaha baru, yang memberikan keuntungan seluruh orang.

Saksikan bagaimana Soko Glam melakukan. Ada kotak di websitenya tempat duta merk bisa masukkan e-mail rekan mereka. Mengeklik tombol “Kirim” akan memberikan email ke semua rekan Anda yang menerangkan faedah pembelian ke mereka dan dubes mereka. Sejauh ini, mereka tawarkan tombol share sosial yang memungkinkannya simpatisan merk untuk share info program lewat sosial media dengan 1 atau dua click.

 

baca juga:

Perbedaan E-Commerce Domestik Vs Cross Border

Misalkan, saat jubir bermerek mengeklik link share sosial untuk Twitter, Anda akan mendapati tweet yang telah dicatat awalnya siap dipakai, bersama dengan link ke situ. Detil kecil dan irit waktu semacam ini bisa berpengaruh besar untuk memperoleh sebanyak-banyaknya usaha baru lewat program referensi Anda.

4. Integrasikan program referensi dengan basis dan alat yang ada.

Untuk membikin pengalaman lebih gampang untuk Anda dan merk Anda, pikirkan untuk memadukan program referensi dengan basis dan alat yang telah Anda pakai. Misalkan, Anda bisa memadukan…

Basis e-niaga Anda hingga pedagang bisa secara mudah mengaplikasikan imbalan yang ada untuk pembelian mereka
Piranti lunak e-mail hingga Anda bisa lewat cara automatis mengirimi pesan mengenai status duta program (seberapa banyak hadiah yang Anda terima, stimulan baru yang ada, dan lain-lain.)
Program mobile, bila Anda mempunyai satu di toko Anda, percepat proses transfer dan pembayaran (dan menarik semakin banyak konsumen setia untuk mengambil program)

5. Iklankan program referal Anda.

Saat ini program Anda siap, Anda perlu mempromokannya. Bagi beberapa dasar program Anda (konsentrasi pada faedah yang didapatkan duta!) Dengan client di mana saja Anda dapat. Anda bisa mempromokan program Anda…

  • Persiapkan bot percakapan Messenger Anda untuk memberitahu konsumen setia, misalkan, sesudah Anda mereferensikan produk ke mereka atau konsumen setia yang selanjutnya diverifikasi dengan pesan bersponsor.
  • Posting di sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok – di mana saja audience Anda sangat aktif dan turut serta
  • Memberitahu konsumen setia lewat e-mail sesudah pembelian. (Atau Anda bisa mengirimi e-mail yang baik untuk coba memperoleh peserta sekitar mungkin. Saksikan template e-mail kece ini untuk menolong Anda mengawali.)
  • Tambah iklan spanduk ke halaman teras toko yang memasang iklan program itu

Anda dapat menyatukan sistem dalam perincian untuk efektivitas maksimal. Anda bisa menyesuaikan sosial media dengan marketing e-mail, misalkan dengan minta orang yang berminat untuk membagi alamat e-mail mereka untuk meluaskan daftar.