Nadiem Makarim Dilantik Sebagai Menteri oleh Presiden

Liputanberitaku.com – Presiden Joko Widodo menunjuk Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Upacara pelantikan akan dilaksanakan di Istana Negara Jakarta pada Rabu (28/4/2021).

Keputusan pengangkatan Nadim sebagai menteri tertuang dalam Perpres Nomor 72 Tahun 2021 yang mengatur tentang komposisi dan gaji berbagai kementerian serta pengangkatan beberapa menteri negara ke kabinet tinggi Indonesia selama 2019-2024.

“Demi Allah SWT, saya bersumpah setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan akan menegakkan semua peraturan perundang-undangan dengan lugas.

Inilah kecintaan saya pada negara dan negara. Saya akan taat pada etika kerja dan kerja harus penuh tanggung jawab, ”kata Nadiem dilantik di hadapan Presiden Jokowi.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi merupakan penggabungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

Sejak pembentukan kabinet tingkat tinggi Indonesia, Nadiem awalnya menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Sementara Menteri Riset dan Teknologi dijabat oleh Bambang Brodjonegoro (Bambang Brodjonegoro). Pelantikan Nadiem dilakukan bersamaan dengan pengukuhan Bahlil Lahadalia.

Baca Juga : Jokowi Teken Keppres Cuti Bersama ASN 2021 Hanya 2 Hari

Menteri Penanaman Modal dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Setelah BKPM disamakan dengan kementerian, Bahlil diangkat sebagai pejabat kementerian.

Selain itu, dalam kesempatan ini Jokowi juga melantik Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), yang kini menjadi lembaga setingkat kementerian.

Presiden melantik Laksana Tri Handoko sebagai Kepala BRIN. Laksana selama ini dikenal sebagai Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

 

 

 

artikel asli