WhatsApp Pay Resmi Beroperasi di Brasil

Liputan beritaku.com — Sesudah sempat dihentikan pada tahun kemarin, service dompet digital WhatsApp Pay pada akhirnya kembali bekerja di Brasil.Hal itu dipublikasikan faksi WhatsApp lewat account Twitter resminya.

” kami mengetahui jika Anda tengah menunggunya. Service pembayaran di WhatsApp mulai ada ini hari di Brasil,” catat account Twitter WhatsApp Brasil.

WhatsApp Pay dapat bekerja kembali di Brasil, karena sudah terima ijin dari bank sentra negara itu untuk jalankan kegiatan transfer uang dari dalam program.

WhatsApp Pay diadakan dengan bertahap, diawali dari sejumlah kecil pemakai yang hendak mendapat tool pembayaran dalam program. Mereka selanjutnya dapat mengundang pemakai lain untuk menggunakannya.

Beberapa pemakai WhatsApp di Brasil yang sejumlah 120 juta orang juga nanti bisa menggunakan service pesan instant itu untuk mentransfer uang dengan masukkan nomor kartu debet atau pre-paid.

Banyaknya sampai 5.000 real Brasil (Rp 13,tiga juta) /bulan dengan transfer maksimal 1.000 real Brasil (Rp 2,tujuh juta) atau 20 kali setiap hari.

Untuk sekarang ini, WhatsApp Pay memang baru dapat dipakai untuk transfer uang dari 1 pemakai WhatsApp ke pemakai yang lain (peer-to-peer). Bank sentra Brasil belum juga memberinya WhatsApp Pay ijin untuk transaksi bisnis dengan merchant.

Feature itu peluang akan susul datang tahun akhir ini sesudah dibicarakan oleh bank sentra Brasil dan Facebook sebagai pemilik WhatsApp.

WhatsApp Pay sempat bekerja di Brasil pada Juni 2020, tetapi selekasnya dikunci tidak lama sesudahnya karena belum mempunyai lisensi yang dibutuhkan dari bank sentra.

WhatsApp Pay mendapatkan lampu hijau sesudah menggamit jaringan kartu Visa dan Mastercard dan Cielo SA sebagai payment prosesor. Facebook buka unit usaha baru namanya Facebook Pagamentos di Brasil yang diregulasi oleh bank sentra Brasil.

Brasil ialah negara ke-2 di mana service WhatsApp Pay telah sah bekerja. Awalnya, WhatsApp Pay telah diadakan di India yang disebut pasar paling besar WhastApp dengan 400 juta pemakai.

Program pesan untuk handphone pintar/handphone, WhatsApp, sekarang tidak sekedar untuk share pesan, video atau menelepon dan video call. Lebih dari itu, WhatsApp sekarang dapat dipakai untuk mengirimi uang atau transaksi bisnis pembelian.

Program WhatsApp dapat digunakan mengirimi uang/transaksi bisnis pembelian bersamaan beroperasinya WhatsApp Payment atau WhatsApp Pay. Dengan WhatsApp Pay, tiap orang akan mengirimi atau terima uang segampang share photo. Sekarang ini WhatsApp Pay sudah dipakai secara luas di Brasil—sekaligus negara pertama kali yang memakai WhatsApp Pay—.

 

“Ini hari kami mulai mengeluarkan pembayaran untuk orang yang memakai WhatsApp di Brasil. Kami membuat mengirimi dan terima uang segampang membagi photo. Kami aktifkan usaha kecil untuk lakukan pemasaran di WhatsApp,” catat Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg di account facebooknya.

Menurut suami Priscilla Chan itu, mengutarakan untuk membikin WhatsApp Pay, mereka membuat Facebook Pay. Sebuah mekanisme yang sediakan langkah yang aman dan stabil untuk membayar di semua program Facebook.