liputan6.com

Perawatan Aki Motor Agar Tetap Awet

liputanberitaku.com–Aki motor merupakan salah satu bagian penting yang berfungsi sebagai penyuplai kelistrikan pada sepeda motor. Fungsi aki lainnya yang lebih penting adalah untuk membantu saat pertama kali menghidupkan motor melalui electric starter.

Masa berlaku untuk pemakaian aki adalah 24 bulan, namun ada beberapa indikasi yang menyebabkan kinerja aki menurun dan mengakibatkan kualitasnya juga ikut menurun. “Kalau aki mau awet ya perawatannya juga diperhatikan, panasi motor sebelum digunakan. Bisa juga ganti kiprok aki yang lebih bagus biar pengisiannya juga maksimal,” Kata Fendy, mekanik bengkel 3G motor di Solo, Jawa Tengah.

Ada beberapa saran atau tindakan yang harus dilakukan untuk menjaga agar aki motor tidak mudah rusak atau soak. Sehingga penggunaanya akan lebih lama dan menghemat biaya pengeluaran untuk perawatan motor.

  1. Perhatikan penggunaan aksesori yang terpasang di sepeda motor, terutama yang berhubungan dengan kelistrikan. Aksesori yang perlu diperhatikan supaya aki tetap awet antara lain jangan menggunakan lampu yang membutuhkan suplai listrik tinggi. Selain itu, mengubah tipe klakson yang melebihi standar pabrik dan penambahan perangkat lain yang membutuhkan suplai listrik yang banyak sebaiknya jangan dilakukan.
  2. Jangan memaksa untuk starter elektrik. Starter elektrik merupakan komponen yang membutuhkan suplai listrik besar dari aki motor. Untuk itu jangan paksakan menggunakan electric starter jika tidak berfungsi normaL. Pada saat awal memanasi motor sebaiknya memakai starter manual (kick starter) sehingga aki akan lebih awet. Saat pertama kali sepeda motor dihidupkan, kondisi aki belum secara penuh terisi. Memanasi mesih merupakan salah satu pengisian ulang aki pada sepeda motor.
  3. Pastikan seluruh komponen yang membutuhkan listrik dimatikan sebelum mematikan mesin kendaraan bermotor. Hal ini dimaksudkan agar pada saat motor dinyalakan kembali konsumsi aki yang dibutuhkan tidak terlalu besar.
  4. Periksa kondisi kiprok. Kiprok berfungsi sebagai penyuplai arus listrik untuk pengisian ke aki. Kiprok juga akan menstabilkan arus dan tegangan dari alternator atau spul sebelum masuk ke aki. Sebab, arus yang masuk ke aki harus sesuai dengan kebutuhan motor.

 

 

 

 

 

 

 

Artikel asli

Kata Pencarian0tomotif motor,ac motor,aksesori motor beat,aksesoris motor beat,angsuran motor honda,animasi motor,aplikasi cek pajak motor,arti mimpi jatuh dari motor,balapan motor cross,ban motor fdr