7 Tips Memanaskan Mobil yang Jarang Dipakai
7 Tips Memanaskan Mobil yang Jarang Dipakai

7 Tips Memanaskan Mobil yang Jarang Dipakai

liputanberitaku.com– Fungsi mobil memang dibuat agar bisa digunakan berkendara. Tetapi, keadaan di periode wabah ini, umumnya pemakaian mobil menjadi lebih jarang-jarang. Minimal, satu minggu sekali cuman digunakan ke supermarket untuk berbelanja bulanan.

Nach, apa mobil teman dekat termasuk juga mobil yang jarang-jarang digunakan?

Memanasi mobil jarang-jarang digunakan sebagai langkah terbaik untuk jaga peranan mesin dan elemen mobil supaya masih tetap sempurna. Seharusnya Anda tidak asal memanasi mobil, lihat beberapa hal berikut untuk kurangi kerusakan mobil anda:

1. Buka Semua Jendela

Lihat sirkulasi dalam mobil supaya masih tetap nyaman dan bersih. Membuka jendela mobil saat mesin sedang dipanaskan. Ini akan membuat udara polusi dan bakteri yang semula tertutup dalam mobil tidak ketinggalan di bangku dan tinggalkan berbau tidak lezat.

2. Ubah Posisi Parkir

Sebaiknya anda mengalihkan status parkir sesudah mesin mobil dipanaskan. Ini akan menahan peralihan wujud ban jadi penyok di salah satunya segi karena kelamaan menyokong berat mobil di salah satunya titik saja . Maka, minimal mengeluarkan mobil dari carport atau garasi mobil di dalam rumah, lalu ganti status parkirnya ke lain.

3. Selalu Perhatikan Indikator Dasbor

Mesin mobil pun tidak lepas dari permasalahan kelistrikan. Karena itu, teman dekat perlu memerhatikan tiap tanda mesin yang berpijar ketika akan memanasi mesin. Saat tanda pada dasbor tidak berpijar, mesin telah aman untuk dipanaskan. Bila semua tanda pada mobil masih berpijar, maknanya mobil masih juga dalam kondisi sempurna.

4. Jangan Langsung Nyalakan AC

Saat memanasi mesin mobil sekalian hidupkan AC, kipas radiator akan turut mendinginkan mesin. Ini membuat proses pemanasan mobil jadi lebih lama. Karena itu, panasi mesin mobil tanpa hidupkan AC lebih dulu. Kemudian, teman dekat bisa hidupkan AC untuk sekalian pastikan kipas radiator masih berfungsi.

Baca Juga  Etika Membunyikan Klakson di Jalan Raya

5. Check Tekanan Bahan Bakar

Bila teman dekat mempunyai mobil injeksi, tekanan bahan bakarnya akan turun saat mesin tidak dipanaskan sekitaran sebulan. Ini akan membuat penekanan bahan bakar tidak keluar injektor untuk hidupkan mesin. Bila ini terjadi, coba untuk memancing fuel pump bekerja dengan memutar kunci contact bolak-balik.

6. Operasikan Semua Tombol

Tiap tombol umumnya tersambung dengan peranan teknisi dari elemen mobil. Nach, teman dekat dapat coba menjalankan beberapa tombol dalam mobil saat memanasinya. Ini bisa pastikan jika tiap tombol masih berperan secara baik.

7. Panaskan Selama 15 Menit

Ini kemungkinan terbanyak ditanya saat ingin jaga peranan mesin mobil. Durasi waktu rerata untuk memanasi mobil ialah 15 menit. Tetapi, lama waktunya bisa juga berbeda sesuai putaran radiator. Ya, teman dekat dapat memerhatikan perputaran kipas radiator untuk pastikan mesin mobil telah capai panas sama sesuai temperatur kerjanya.

Perawatan mobil jarang-jarang digunakan sebetulnya cukuplah sederhana, tetapi akan lebih bagus bila mobil masih tetap dipakai sepanjang beberapa 15-20 menit. Kerjakan 2x satu minggu supaya mesin masih tetap terpicu untuk bekerja. Yakinkan elemen keelektrikannya masih tetap berperan secara baik supaya Anda masih tetap dapat memakai mobil secara nyaman.

 

 

 

 

 

Artikel asli