Jadwal Pemblokiran Kartu ATM Bank BCA, BNI, BRI, dan Mandiri

liputanberitaku.com– Dengan surat edaran Bank Indonesia (BI) No.17/52/DKSP, kartu ATM yang diedarkan di Indonesia akan ganti dengan kartu berbasiskan teknologi chip. Nasabah di semua bank yang mempunyai kartu ATM lama berbasiskan magnetic stripe, disarankan untuk segera mengganti dengan kartu yang baru.

Penukaran kartu ATM lama itu bisa dilaksanakan di kantor cabang bank terdekat. Masing-masing bank mempunyai batasan saat yang berlainan layani penukaran kartu ATM lama dengan kartu ATM chip.Bila melewati batasan saat itu, karena itu kartu ATM lama akan secara otomatis dikunci oleh faksi bank. Agenda pemblokiran Supaya kartu ATM tidak dikunci, selekasnya tukar kartu ATM lama dengan kartu berbasis chip.

Berikut agenda penyetopan kartu ATM lama di masing-masing bank:

1. BCA

Batas waktu penukaran kartu ATM magnetic stripe jadi kartu ATM chip paling lambat saat sebelum 1 Januari 2022.

Jika melalui dari tanggal itu, karena itu kartu ATM BCA yang lama berbasiskan magnetic stripe tidak bisa dipakai kembali untuk berbisnis. Penukaran dapat dilaksanakan di kantor cabang BCA di semua Indonesia.

Untuk menukarkan kartu debet BCA lama lewat Customer Service (CS) atau di CS digital, sebuah service untuk lakukan transaksi perbankan yang berkaitan dengan service pada sebuah mesin secara self servis di kantor cabang.

2. BNI

Batasan waktu penukaran kartu ATM magnetic stripe jadi kartu ATM chip paling lambat sebelum 30 November 2021.

Penukaran tidak dipungut biaya dan bisa dilaksanakan di Kantor Cabang BNI paling dekat atau lewat BNI SONIC (Self Service Opening Akun) yang layani sepanjang 24 jam. Bila melalui dari batasan waktu penukaran, karena itu pihak bank akan lakukan penonaktifan kartu ATM berbasis magnetic stripe.

3. BRI

Batasan waktu penukaran kartu ATM magnetic stripe jadi kartu ATM chip paling lambat saat sebelum 31 Desember 2021.

Sesudah 31 Desember 2021, kartu ATM BRI lama akan diblokir dan tidak bisa dipakai. Penukaran kartu ATM BRI lama bisa dilaksanakan di unit kerja BRI yang menyebar di semua Indoensia. Proses penukaran kartu ATM tidak dikenai biaya atau cuma-cuma. Nasabah perlu bawa kartu ATM BRI magnetic stripe dan kartu identitas.

4. Mandiri

Bank Mandiri memutuskan 3 tahapan untuk penukaran kartu ATM magnetic stripe, seperti berikut:

  • Kartu ATM dengan expiry date 2021-2022, pemblokiran dilaksanakan mulai 1 April 2021.
  • Kartu ATM dengan expiry date 2023-2025, pemblokiran dilaksanakan mulai 1 Juni 2021.
  • Kartu ATM dengan expiry date 2026 ke atas, pemblokiran dilaksanakan mulai 1 Juli 2021.

Untuk ketahui apa kartu ATM yang kita punyai ialah mode lama dengan magnetic stripe, bisa disaksikan dari ciri-ciri fisiknya. Penampilan fisik kartu ATM yang berbasiskan magnetic stripe mempunyai skema garis hitam memanjang pada bagian belakang kartu.

Pita hitam pada bagian belakang kartu itu simpan data dan akan bisa dibaca saat nasabah lakukan transaksi. Jika pita hitam pada kartu ATM berbasiskan magnetic stripe hancur, karena itu kartu ATM susah bisa dibaca.

 

Bila mempunyai kartu ATM dengan ciri-ciri seperti pada atas, karena itu perlu selekasnya menukar kartu ATM chip.

Dalam pada itu, ciri-ciri fisik kartu ATM chip ialah mempunyai chip di salah satunya sisi kartu. Chip itu ada pada bagian depan kartu, dan umumnya berada disebelah kiri kartu ATM. Kartu tipe ini dipandang semakin aman.

Kartu berbasiskan chip tidak gampang digandakan karena data yang diletakkan dapat banyak dalam chip yang mempunyai CPU, memory, mekanisme operasi, aplikasi, dan peranan kriptografi. Disamping itu, keaslian kartu bisa ditegaskan dengan sistem Offline CAM dan Online CAM.