Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tetapi Lampu Charger Hidup

Laptop Tidak Bisa Nyala Tetapi Lampu Charger Hidup — Pernahkah Anda mengalami masalah pada laptop Anda, seperti tiba-tiba mati sendiri, layar biru atau laptop tidak mau hidup, tetapi lampu charger menyala? pasti terkesan dan menggetarkan, terutama jika Anda membutuhkan laptop yang sangat penting untuk melakukan tugas-tugas penting.

Tapi jangan khawatir sampai laptop Anda rusak, karena laptop Anda mungkin masalah kelalaian yang lain, misalnya: lembur, terus-menerus menonton drama Korea, tidak menggunakan kipas pendingin di bawahnya, menggunakan bantal untuk sehingga sirkulasi pendingin udara tidak bekerja.

Anda harus yakin, karena masalah seperti laptop tidak mau hidup, tapi lampu charger menyala, belum tentu rusak parah, mungkin tips berikut yang dijelaskan oleh liputanberitaku.com bisa membantu Anda memperbaiki masalah tersebut tanpa harus ke service center.

Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tetapi Lampu Charger Hidup simak berikut ini :

Laptop Tidak Menyala Saat Ditekan Tombol Power

Biasanya laptop yang tidak menyala menyebabkan masalah pada power supply (power/adaptor/baterai). Jika ada masalah dengan stop kontak listrik, adaptor yang rusak atau layar mungkin rusak. Namun kali ini liputanberitaku.com membahas masalah laptop tidak menyala melainkan charger yang menyala.

Ini bisa disebut pertolongan pertama (bahkan pertolongan pertama untuk kerusakan laptop), dan terutama bagi mereka yang tidak paham komputer. Lalu apa yang perlu dilakukan untuk mengatasi hal ini? Simak tips di bawah ini dan cara mengatasinya:

Masalah Biasanya Pada RAM

Saat Anda mulai menggunakan laptop dan mencolokkan adaptor/charger sebagai sumber listrik, lampu charger menyala secara otomatis. Artinya daya inputnya normal ya, tapi saat tombol power ditekan, laptop tidak merespon sama sekali dan layar tetap blank/hitam.

Masalah apa yang perlu diperiksa terlebih dahulu? Ada kemungkinan besar masalah dengan RAM laptop Anda, apakah itu rusak atau kotor. Ciri-ciri laptop dengan masalah RAM yang membuat laptop tidak bisa menyala ditunjukkan dengan lampu dan mesin terasa enak (saat dinyalakan).

Untuk langkah awal ini, Anda perlu melepas RAM laptop dan membersihkan pin RAM dengan penghapus pensil, lalu coba pasang kembali sepenuhnya dan coba hidupkan kembali laptop dengan menekan tombol power.

Apa hasilnya? Jika laptop masih tidak mau menyala atau tidak menunjukkan apa-apa di layar, kemungkinan besar RAM laptop rusak. Namun jangan langsung menilai kerusakannya karena bisa saja berasal dari perangkat lain, seperti prosesor atau motherboard.

Kita Cek Bagian Prosesor

Laptop Tidak Bisa Nyala Tetapi Lampu Charger Hidup dengan cek Prosesor ini adalah perangkat terpenting dalam sistem komputer, atau bisa dikatakan, otak. Jika prosesornya rusak, bisa dipastikan sistem di dalamnya tidak berfungsi dan laptop tidak akan menyala secara otomatis.

Pemeriksaan ini lebih rumit daripada pemeriksaan RAM karena Anda harus sangat berhati-hati jika ingin membersihkan prosesor. Pinnya sangat kecil sehingga mudah bengkok atau patah jika kita memaksanya keluar. Cobalah untuk mulai membersihkan debu pada prosesor dan heatsink dan pastikan untuk memeriksa saluran pembuangan di laptop Anda, biasanya banyak debu yang mengendap di sana.

Cara selanjutnya adalah dengan membersihkan pasta/thermo-iso pada prosesor, jika terlihat kering atau rusak, ganti dengan pasta yang baru setelah dibersihkan untuk performa yang lebih baik. Dan jika Cara 2 tetap tidak bisa di aktivasi, sebaiknya bawa ke service center laptop atau bengkel agar lebih resmi. Karena ada kemungkinan lain merusak motherboard.

Cara menyalakan laptop saat tombol power ditekan

Nah, jika laptop Anda mengalami masalah seperti laptop tidak mau menyala saat Anda menekan tombol power, jangan berasumsi bahwa Windows crash karena hal seperti itu biasanya memiliki masalah hardware.

Penyebab pertama yang harus diselidiki adalah tombol power yang rusak atau yang dapat menyebabkan masalah pada perangkat keras internal, seperti motherboard, hard drive, RAM, prosesor, catu daya, atau perangkat keras lainnya.

Tentu saja, jika Anda mengalami masalah ini dan tidak memiliki keterampilan untuk memeriksa / mengganti perangkat keras baru, lebih baik membawanya ke pusat layanan laptop.