Cara Cepat Memindahkan File dari Laptop ke HP

liputanberitaku.com– Karena perkembangan tehnologi, kita sekarang bisa memindahkan file dari laptop ke HP dengan sangat gampang. Banyak terdapat pilihan cara atau alat, yang dapat digunakan untuk melakukannya.

Sama seperti yang kita mengetahui bersama, berbagai jenis piranti saat ini datang dengan support software atau hardware yang baik sekali. Didalamnya, beberapa pengembang melengkapi sistemnya dengan utilitas yang paling menolong dan support konektivitas yang makin lengkap.

Dengan demikian beberapa pemakai bisa makin gampang mengalihkan file dari piranti satu ke piranti lainnya, dari computer ke HP atau kebalikannya. Apa lagi sekarang ini, banyak pula program yang diperkembangkan khusus untuk menolong ini.

Secara khusus, ada lima langkah yang dapat dipakai sebagai alternative untuk mengalihkan file dari netbook ke HP. Untuk kamu yang belum tahu, berikut ke-5 cara itu.

1. Menggunakan USB Flashdrive

Terutamanya untuk sistem ini, pemakai membutuhkan piranti tambahan yang disebutkan dengan USB OTG. Piranti ini sebagai konverter dari USB Tipe-A (connector flash disk secara umum) ke micro-USB atau USB Tipe-C (connector pada handphone).

Untuk memakainya, pemakai perlu mengopi file dari netbook ke flash disk seperti umumnya, lalu menyambungkan flashdrive itu dengan OTG ke handphone. Bila ada pemberitahuan General USB Drive, pencet tombol OPEN untuk membuka.

Bila tidak tampil atau mungkin tidak ada pernyataan, pemakai dapat buka partisinya lewat file manajer yang berada di piranti yang dipakai. Seterusnya, pemakai dapat mengalihkan file seperti umumnya.

Sebagai catatan, selainnya harus mempunyai piranti USB OTG, pemakai harus juga pastikan jika pirantinya memberikan dukungan pilihan OTG didalamnya. Khususnya dalam masalah ini, pemakai yang memakai piranti-perangkat lama.

2. Menggunakan Kabel Data

  1. Sambungkan HP dengan laptop memakai kabel data yang sama sesuai
  2. Tentukan pilihan Transfer files atau MTP dalam menu yang ada di HP saat sukses menyambungkannya (menu ini dapat disaksikan pada USB Options di panel notifikasi)
  3. Buka File Explorer di netbook dan mencari file yang hendak dipindahkan
  4. Apabila sudah bertemu, copy file itu dengan pilihnya lalu tekan CTRL + C
  5. Masuk ke salah satunya folder yang berada di partisi piranti Android (namanya berbeda untuk tiap piranti)
  6. Lalu paste file-nya dengan tekan CTRL + V

Sebagai catatan, langkah di atas cuman dapat dipakai untuk piranti yang memakai mekanisme operasi Android. Untuk piranti lain, pemakai bisa jadi membutuhkan program tambahan, seperti iTunes untuk piranti iPhone, iPad, atau iPod.

3. Menggunakan Aplikasi

Sekarang ini juga, telah banyak aplikasi yang dapat dipakai untuk mengirimi file dari laptop ke HP, baik yang memakai jaringan lokal atau memakai koneksi internet. Untuk yang belum mengetahui, beberapa program yang dapat dipakai untuk ini, salah satunya terhitung WhatsApp, e-mail, atau aplikasi khusus seperti ShareIt.

4. Menggunakan Layanan Cloud

Atau bila ingin lebih gampang, pemakai dapat memakai service cloud untuk melakukan. Dengan memakai service ini, pemakai dapat mengalihkan file secara mudah dari laptop ke HP walau perangkat tidak ada di lokasi yang serupa.

Dalam masalah ini, pemakai dapat pilih salah satunya antara beragam jenis service cloud yang ada, lalu login ke dalamnya. Seterusnya, pemakai dapat mengupload file ke service itu lalu mengambilnya lewat program yang berada di handphone.

5. Menggunakan Koneksi Wireless

Selainnya menggunakan perangkat atau kabel tambahan, pemakai bisa juga memakai koneksi wireless, baik bluetooth, WiFi, atau ke-2 nya, untuk memindahkan file dari laptop ke HP.

Selaku contohnya, misalkan di perangkat dengan Windows 10. Pengguna perlu lakukan pairing lebih dulu lewat Settings > Devices > Add Bluetooth or other piranti, lalu mengirim file-nya dengan tekan Show hidden icons (icon anak panah ke atas) > Bluetooth > Send To dan cari file yang hendak dikirimkan.

Sementara di perangkat-perangkat bikinan Apple, pemakai dapat manfaatkan feature Airdrop, yaitu sebuah feature share file yang manfaatkan protokol jaringan wireless baik itu bluetooth atau Wi-Fi.