Jaringan 5G Telkomsel Resmi Tersedia di Medan dan Balikpapan

Liputanberitaku.com – Setelah secara resmi meluncurkan 5G dari Jakarta, operator jaringan seluler Telkomsel telah memperluas jangkauan jaringan generasi ke-5 ke kota-kota besar lainnya.

Jaringan 5G Telkomsel saat ini berlaku di tiga kota: Balikpapan, Medan, dan Surakarta. Telkomsel meluncurkan layanan 5G serentak pada Kamis, 3 Juni 2021 di beberapa lokasi GraPARI Telkom Group Medan, kantor Balai Kota Surakarta dan GraPARI Balikpapan.

Hendri Mulya Syam, Presiden dan CEO Telkomsel, berharap dapat mendorong ekosistem digital nasional yang komprehensif dan berkelanjutan dengan hadirnya layanan 5G di tiga kota.

“Keberadaan jaringan 5G di kota berusia berabad-abad ini terus dilakukan secara terukur, dengan harapan jaringan 5G akan mempercepat pengalaman hidup di masa depan. Ini adalah awal dari upaya besar, digitalisasi dan digitalisasi masyarakat. , kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah daerah, pelaku UMKM dan industri secara keseluruhan,” kata Hendri.

Sementara itu, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan, Departemen Komunikasi dan Informatika mendorong operator untuk menggelar koeksistensi 4G dan 5G.

“Ke depan, 5G akan dikembangkan secara bertahap tergantung kematangan ekosistemnya,” kata Johnny kepada KompasTekno, Jumat. / 20/06/21).

Jangkauan area layanan 5G Telkomsel di Balikpapan, Medan, dan Surakarta masih cukup terbatas di awal peluncuran.

Area layanan 5G Telkomsel di Medan meliputi area GraPARI Telkom Group Medan, area perumahan BHR (Kabupaten Bukit Hijau) dan Government Service Residence Taman Setia Budi Indah (Tasbih 1) dan Jalan Jenderal Sudirman.

Cakupan jaringan 5G Telkomsel di kota Surakarta meliputi citra wilayah Surakarta dan GraPARI Surakarta.

Jaringan 5G Telkomsel di Balikpapan sudah bisa digunakan di GraPARI Balikpapan. Warga sekitar dapat mengunjungi toko GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Surakarta dan GraPARI Balikpapan dan mencoba berbagai layanan 5G.

Berbagai demo yang tersedia di toko GraPARI di atas antara lain demo cloud gaming, VR, 5G roaming, dan 5G FWA (Fixed Wireless Access).

Layanan 5G yang disediakan Telkomsel tersedia pada perangkat yang mendukung fitur teknologi NSA 5G (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz.

Ponsel yang sudah menggunakan layanan 5G Telkomsel antara lain Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60, dan Vivo X60 Pro.

Telkomsel berkomitmen untuk terus memperluas kerjasama dengan banyak mitra perangkat lain untuk memperluas penggunaan layanan 5G, termasuk perangkat Apple dan Samsung.

 

 

 

 

Artikel asli