Cara Parkir yang Benar Mobil Matic

liputanberitaku.com– Mengemudikan mobil matic keliatannya gampang dan benar-benar simpel. Anda tidak perlu pikirkan masalah pedal kopling supaya mobil dapat berjalan, mundur, stop sampai parkir kendaraan.

Kenyataannya, proses mengemudikan mobil matic tidak segampang itu. Ada banyak yang salah soal ini. Bahkan juga cukup banyak kekeliruan itu justru berbuntut bencana. Di lain sisi, sikap itu dapat mengurangi usia pakai komponen mobil.

Salah satu kecilnya yakni langkah parkir mobil yang betul. Langkah parkir mobil matic yang betul ialah bukan mengalihkan status gigi ke P lebih dulu daripada rem parkir atau rem tangan. Tetapi, ambil dahulu rem parkirnya, baru alihkan transmisi ke P.

Ada banyak kendaraan yang transmisi otomatisnya cukup peka. Bila kerap masuk P saat sebelum parkir, karena itu yang terkunci ialah gearboxnya. Gearbox ini akan cepat rontok jika rutinitas itu kerap dilaksanakan. Mengakibatkan, elemen mobil matic akan cepat hancur sampai harus ditukar pada saat yang bukan seharusnya.

Langkah memperlakukan tuas mobil matic:

1. Posisi tuas parkir

Posisi transmisi yang disarankan pada mobil matic saat parkir ialah tuasnya di status P. Beberapa mobil ada yang telah diperlengkapi sensor, hingga mobil tidak bisa distarter jika tidak dalam status P. Ini memungkinkan untuk mencegah mobil loncat saat dihidupkan.

2. Pijak pedal rem saat mobil dinyalakan

Yakini pedal ada pada status P atau N saat parkir (dalam kondisi paralel). Selanjutnya injak rem saat mobil distarter bisa mencegah mobil meloncat saat dihidupkan.

3. Saat berhenti lama

Saat berhenti dalam waktu yang lama dan mesin hidup, seperti saat menanti lampu hijau hidup, statuskan tuas transmisi di N (netral) dan ambil tuas rem parkir sebagai pengaman.

Selanjutnya jangan menempatkan tuas di D dan menginjak pedal rem saat berhenti dalam waktu lama. Khususnya pada lampu merah. Hal tersebut dapat memicu rem jadi cepat panas dan ada peluang mobil melaju begitu saja saat rem kaki dilepas.

4. Parkir paralel

Dalam kondisi ini, statuskan tuas ke N dan pastikan lepas pengunci dengan mengaktifkan Shift Lock untuk melepaskan pengunci tuas transmisi.

5. Berhenti di jalan naik

Saat berhenti di jalan naik karena macet, jangan tekan pedal gas untuk menahan mobil karena akan membuat transmisi panas. Cukup posisikan tuas ke N, lalu tarik rem tangan.

6. Injak pedal rem saat mengalihkan transisi

Selalu ingat untuk pijak pedal rem saat tuas pemindah transmisi baik maju atau mundur. Langkah ini dapat mencegah potensi mobil melompat jika pedal rem tidak diinjak.

7. Saat di jalan menurun

Dalam hadapi jalan turunan, apa lagi lumayan panjang dan terjal, sedapat mungkin alihkan transmisi untuk manfaatkan engine brake. Alihkan tuas ke gigi 2, 3 atau L.

8. Gunakan gigi rendah untuk menambah tenaga

Anda harus ketahui, mobil matic bisa juga memakai tambahan power untuk menambahkan tenaga saat akan mendahului kendaraan. Hingga saat membutuhkan tambahan power saat menyalip, ambil tuas gigi 2,3 atau L.

9. Cegah transmisi tidak mudah rusak

Perlakuan khusus mobil matic yang lain ialah perlakukan tuas dengan lembut saat memindahkan tuasnya. Langkah ini dapat menahan tuas transmisi tidak simpel rusak dan kasar.