Mudah Cara Mengatasi Laptop Ngelag dan Tidak Lemot

Mungkin kadang-kadang ada pertanyaan, kenapa laptop saya lemot? Dan kalian tentunya ingin mengatasinya sendiri. Kali ini liputanberitaku.com akan membahas ” cara mengatasi laptop ngelag “. Lanjut pembahasan penyebab dan cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Laptop Ngelag

Biasanya orang-orang saat laptopnya ngelag atau lemot langsung membawanya ke tukang service, bahkan para sultan langsung menjualnya dan beli laptop baru heheheh…

Padahal banyak cara mengatasi laptop ngelag, namun sebelumnya untuk mengatasi laptop ngelag kalian harus tau dulu apa penyebabnya, karena penyebabnya ada banyak maka dari itu kalian haru paham masalah kenapa laptop kalian ngelag.

Cara Mengatasi Laptop Ngelag dan Penyebabnya

Laptop merupakan barang elektronik yang sensitif, jika tidak benar cara merawatnya dengan baik akan banyak sekali permasalahan yang muncul nantinya.

Ada beberapa macam alasan kenapa laptop ngelag , diantaranya :

  1. Laptop Kotor jarang dibersihkan
  2. Hardisk Sudah Penuh sampai bad sector
  3. Sistem Operasi yang sudah kadaluwarsa
  4. Banyak Software yang terinstal
  5. Adanya kerusakan pada hardware
  6. RAM kalian kecil

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Ngelag ?

Sebenarnya hal ini telah di ulas oleh liputanberitaku pada artikel ” Mengatasi Laptop Lemot “, namun kita akan ulang kembali bagaimana mengatasi laptop kalian yang lemot.

1. Bersihkan Bagian Dalam Laptop Dari Debu

Laptop jika sedang beroperasi akan menimbulkan panas, kadang panas muncul dari powersupply, processor, VGA, CHipset, RAM dan hardsik dan biasanya setiap laptop akan dilengkapi dengan kipas untuk mengurangi panas pada tubuh laptop. Nah alasan kenapa kalian harus membersihkan lapttop kalian dari debu adalah debu akan menyumbat aliran udara pada tubuh laptop sehingga panas dari laptop tidak akan bisa bersirkulasi dengan baik.

Cara mengatasi laptop ngelag salah satunya adalah kalian harus rajin membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada laptop kalian.

2. Update Sistem Yang Lebih Ringan

Cara mengatasi laptop ngelag yang lain adalah kalian harus pinter pinter memilih sistem operasi laptop kalian, atau kalian bisa ganti sengan yang lebih ringan, hal ini akan membuat kalian leluasa memakai resource dari laptop kalian, dan laptop kalian juga kerjanya tidak terlalu berat.

3. Kurangi Program Yang Sedang Running

Program startup terutama yang saat laptop kalian pertama kali dinyalakan program-program ini akan secara otomatis berjalan, untuk menonaktifkan program startup laptop kalian bisa mengakses Task Manager –> Dari RUN –> Ketik msconfig –> Start Up.

Dengan menonaktifkan program pada startup yang tidak terpakai, laptop kalian tentunya akan lebih cepat terutama saat pertama kali dinyalakan.

4. Uninstall Program Yang Tidak Terpakai

Cara mengatasi laptop ngelag berikutanya adalah , menguninstall program yang sudah lama tidak di update atau sudah tidak lagi kalian pakai. Hal ini akan membuat ruang kosong sehingga beban memori pada laptop kalian berkurang sehingga kinerja laptop akan lebih ringan.

5. Periksa apakah Ada Komponen Yang Rusak

Periksa satu persatu komponen laptop kalian mulai dari Motherboard, Proccesor, RAM, Hardisk dll apakah masih berjalan secara normal? Pastikan komponen tersebut tidak over voltage dan kurang voltage, selalu periksa kinerja hardware laptop supaya bisa bekerja secara maksimal.

6. Tambah RAM

Biasanya aplikasi keluaran terbaru membutuhkan kapasitas yang besar dan RAM di laptop kalian hanya 1 GB, hal ini berpengaruh pada kinerja laptop kalian, segera upgrade RAM kalian supaya laptop bisa bekerja maksimal.

Sekian dulu informasi tentang cara mengatasi laptop ngelag dari liputan beritaku.com, semoga artikel ini bermanfaat!