Cara Beli Saham Online Trading untuk Investor Pemula

Cara Beli Saham Online — Membeli saham online ialah langkah termudah lakukan investasi saham untuk yang baru memulai. Dengan jual-beli saham online, Anda dapat irit waktu, tambah murah dan bisa lebih cepat saat lakukan transaksi bisnis saham.

Saya membuat 10 Cara Beli Saham Online untuk yang baru memulai dengan up-date terkini. Bagaimanakah cara beli saham untuk pemula, misalkan BCA, Unilever, dengan program jual-beli saham secara murah dan gampang ?

Saya yakin jika saham ialah investasi terbaik. namun Sayangnya, masih tetap sedikit warga Indonesia bermain saham.

Data Bursa Dampak Indonesia memperlihatkan jumlah investor saham aktif di bursa cuman 97,688 jumlah yang sedikit dibanding jumlah warga di Indonesia.

Bahkan mencapai 100 ribu investor saham saja tidak ada di Indonesia. Perkembangan tehnologi dalam industri finansial, dikenali sebagai Financial technology, bawa peralihan dalam cara membeli saham.

Cara Beli Saham Online
Cara Beli Saham Online

Yang dahulu jual-beli saham dilaksanakan manual melalui telephone atau tiba langsung ke galeri broker, saat ini jual-beli saham dilaksanakan lewat cara online melalui desktop atau netbook.

Karenanya, dalam zaman Financial technology ini, sayang sebetulnya bila investor pemula tidak mulai main saham dengan manfaatkan program jual-beli saham online. Berikut ialah 10 Langkah dan Cara untuk Membeli Saham Online Trading untuk Investasi Pemula

 

1. Pilih Broker Saham

Pertama ialah Anda harus tentukan dan pilih broker saham. Ada beberapa broker atau disebutkan ‘Anggota Bursa’ yang disebut anggota di Bursa Efek Indonesia (BEI).

mana yang seharusnya diputuskan ? Saya tidak punyai rumus baku karena pada intinya semua broker yang terdaftar di BEI oke secara keuangan karena harus penuhi modal minimal sama sesuai ketetapan OJK.

Tapi, karena konsentrasi kita ialah jual-beli saham online, tentukan broker yang mempunyai program saham online bagus dan dapat dihandalkan.

Beberapa broker sediakan dummy-trade yang dapat Anda coba pakai untuk menilai apa program jual-beli saham punya broker itu bagus atau mungkin tidak.

2. Buka Rekening Saham

Sesudah pilih broker, Cara Beli Saham Online selanjutnya ialah buka rekening saham. Buka rekening adalah wajib karena bila tidak, Anda tidak dapat lakukan transaksi saham. Broker yang bagus memberinya fasilitas pembukaan rekening lewat cara online di mana Anda cukup isi formulir pembukaan rekening lewat cara online dan mengirim document itu sesudah diberi tanda tangan.

3. Buka Rekening Dana Nasabah

Disamping membuka rekening saham di broker, bersamaan dengan itu, Cara Beli Saham Online yang juga sangat penting ialah pembukaan Rekening Dana Nasabah (RDN).

Jika rekening saham untuk Anda dapat lakukan jual-beli saham, RDN ialah rekening khusus yang dibikin di bank untuk simpan dana transaksi jual-beli saham. Setoran modal untuk transaksi saham dan hasil pemasaran saham diletakkan di RDN. Walau rekening saham telah dibuka, tapi bila RDN belum dibikin, Anda tidak mulai bisa transaksi saham.

4. Setor Modal

Sesudah rekening saham dan RDN sukses dibuka, Anda perlu menyerahkan dana untuk melakukan transaksi saham. Jumlah setoran bergantung jumlah transaksi bisnis saham yang bakal dilaksanakan. Pengalaman saya untuk transaksi pertama kalinya, Anda wajib melakukan deposit lebih dulu, baru dapat lakukan transaksi perdagangan saham.

Sesudah transaksi pertama sukses, transaksi bisnis selanjutnya Anda dapat lakukan settlement atau pembayaran kewajiban dalam kurun waktu dua hari semenjak transaksi.

5. Transaksi Membeli Saham Online

Sesudah dana disetorkan dan efisien di RDN, Anda dapat lakukan transaksi membeli saham. Langkah membeli saham di aplikasi online ialah sebagai berikut:

  1. Tetapkan saham yang ingin Anda membeli dan tentukan saham itu. Seharusnya Anda ingat code sahamnya karena semakin lebih gampang.
  2. Di saat lakukan order, Anda akan disuruh tentukan pada harga berapakah akan beli saham opsi Anda itu dan dalam program akan kelihatan harga penawaran (bid) dan harga pemasaran (offer).
  3. Bila langsung ingin pembelian efisien, Anda pasang harga membeli sama pada harga pemasaran (offer) paling rendah, karena itu Anda akan memperoleh saham itu.
  4. Bila ingin harga membeli yang tambah murah, karena itu Anda pasang pada harga di bawah nilai jual paling rendah, yang maknanya Anda harus mengantre sampai ada penjual yang ingin turunkan nilai jual ke harga membeli yang Anda pasang.
  5. Penempatan order membeli Anda ikuti fokus harga dan waktu.
  6. Sesudah transaksi sukses, Anda dapat check di halaman Portofolio yang memperlihatkan pemilikan saham
  7. Anda sekarang ini (harga rerata, jumlah helai saham dan nilai investasi saham).

6. Transaksi Jual Saham Online

Saham yang Anda punyai dapat dipasarkan melalui program saham online di broker.

Langkah jual saham ialah:

  1. Tentukan saham yang Anda punyai lalu tetapkan nilai jual dan jumlah helai saham yang bakal dipasarkan
  2. Penetapan nilai jual tentukan berapa cepat transaksi bisnis dapat dilaksanakan. Bila ingin selekasnya jual saham, Anda pasang pada harga membeli paling tinggi di pasar waktu itu. Tapi, bila ingin hasil pemasaran yang semakin besar, Anda dapat pasang di nilai jual yang semakin tinggi, tetapi resikonya

7. Merubah Order Saham Online

Di saat lakukan perdagangan saham, Anda dapat merubah atau ‘amend’ harga membeli atau nilai jual. Dalam program saham online ada sarana untuk lakukan perubahan itu.

Bila status yang Anda pasang tidak tereksekusi, sementara Anda ingin selekasnya beli atau jual saham itu, karena itu Anda dapat saksikan status nilai jual dan membeli yang ada pasar waktu itu dan lakukan peralihan harga – amend – sesuai keadaan pasar waktu itu.

Settlement Transaksi
Dalam jual-beli, Anda harus bayar saat transaksi bisnis dilaksanakan. Ada uang ada barang.

Hal berbeda di bursa saham

Di bursa, penuntasan transaksi bisnis – settlement – dilaksanakan dalam kurun waktu T+2 atau 2 hari perdagangan semenjak transaksi bisnis dilaksanakan.

9. Fee Transaksi Saham

Dalam perdagangan saham, Anda harus bayar fee atas transaksi perdagangan saham ke broker yang menyelesaikan order transaksi.

Apa ongkos transaksi saham yang perlu Anda bayar saat lakukan transaksi perdagangan saham ? Dapat saksikan di Trade Confirmation yang dikatakan di atas, elemen ongkos transaksi ialah:

  • Brokerage Fee 0.15% dari nilai transaksi
  • Pajak atas fee transaksi 10%
  • Fee Bursa Efek Indonesia
  • Fee KPEI

Keseluruhan transaksi Rp 21,250,000 plus tambahan ongkos Rp 31,875 hingga keseluruhan yang perlu dibayarkan ialah Rp 21,281,875.

Sepintas fee transaksi saham kelihatan kecil untuk 1x transaksi. Tapi, hal yang harus jadi perhatian ialah bila Anda lakukan transaksi bisnis saham berulang-ulang – ulangi, dalam status membeli dan jual, fee transaksi akan memunculkan ongkos yang cukup banyak, yang pada ujungnya makan keuntungan Anda.

10. Analisis Fundamental

Bagaimana tentukan harga wajar saham atau fair-value ? Tapi, sebelumnya, mengapa Anda harus tahu harga fair-value ?

Karena berdasar harga fair-value itu Anda dapat putuskan apa harga satu saham masih murah (hingga perlu dibeli) atau telah mahal (hingga perlu dinanti sampai harga turun). Salah satunya sistem tentukan nilai atau harga saham dikatakan sebagai Fundamental Analysis atau Analisis Fundamental.

Analisa fundamental memakai neraca keuangan sebagai pangkalan dalam tentukan dan hitung harga saham yang lumrah itu berada di harga berapakah. Saat lakukan analisa fundamental diperlukan pengetahuan neraca keuangan yang bagus dan pengetahuan masalah usaha saham itu.

Saya merekomendasikan memakai analisa fundamental untuk pilih saham karena menurut saya beli saham itu beli usaha yang mana penilaian dilaksanakan atas performa dan keuangan perusahaan.

Telah banyak broker yang sediakan data neraca keuangan dan penghitungan rasio keuangan lewat cara online, hingga Anda tinggal lakukan analisa dan tak perlu kumpulkan data kembali.