Cara Mengatasi Keyboard Komputer Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Keyboard Komputer Tidak Berfungsi — Ada banyak penyebab tombol keyboard komputer tidak berfungsi. Berikut beberapa penyebab tombol keyboard komputer tidak berfungsi yang biasa terjadi dan cara mengatasinya.

1. Keypad Numerik Pada Keyboard Komputer Tidak Berfungsi

Ini ialah kesalahan tingkat terendah yang kerap dilakukan oleh beberapa rekan pemula. Umumnya terjadi pada keyboard desktop berukuran besar, keypad numerik keyboard (0123456789) tidak berperan. Ini muncul karena Anda sudah mematikan keypad numerik. Anda bisa melihat bila tombol Numlock dihidupkan, Ada lampu keyboard numerik di atasnya. Tekan tombol Numlock, dan lihat lampu tanda di atasnya untuk menghidupkan keypad numerik.

Ada pula beberapa pemakai laptop baru yang kerap menanyakan mengapa tombol huruf di samping kanan keyboard netbook saya angka bukan huruf ? keduanya dipadukan Saat keyboard angka dihidupkan.Bbagian kanan keyboard Tombol huruf diatur jadi tombol angka. Ini karena keyboard notebook relatif kecil dan pabrikan sudah mengatur fungsi switching cerdas. Langkah menangani ialah seperti berikut:

Cara Mengatasi Keyboard Komputer Tidak Berfungsi
Cara Mengatasi Keyboard Komputer Tidak Berfungsi

Bila cuman tombol yang terkunci, tekan dan tahan tombol fn+Numlk secara bersamaan untuk berpindah, dan sebaliknya. Ada pula yang penting diperhatikan, rekan-rekan pemula kerap tidak tahu apa yang salah. Beberapa hurufnya semua huruf kapital. Ini karena peranan tombol huruf kapital diaktifkan. Untuk menggantinya, Anda perlu memencet tombol “Caps Lock” untuk berpindah ke normal.

2. Beberapa Tombol Keyboard Komputer Tidak Berfungsi

Beberapa tombol pada Keyboard Komputer Tidak Berfungsi. Dalam masalah ini, ada kemungkinan papan sirkuit internal keyboard komputer ada yang rusak. Peristiwa ini biasanya disebabkan karena kotoran pada papan circuit atau plastik konduktif yang membikin tidak kemungkinan untuk menghubungkan di antara ke-2 nya. Faktor lain mungkin terjadi, misalnya: kerusakan konektor keyboard, masalah kabel, kerusakan motherboard, kerusakan CPU. Tetapi itu bukan alasan utama pemicu keyboard tidak berperan. Anda bisa coba sistem berikut untuk menanganinya

1. Bongkar keyboard

Lihat jika saat buka keyboard, permukaan tombol yaitu, segi tempat kami bekerja harus ke bawah dan papan sirkuit ke atas. Bila tidak, plastik konduktif pada tiap tombol akan jatuh satu satu, yang bakal mengakibatkan permasalahan untuk perbaikan Anda..

2. Buka Papan Circuit

Papan circuit umumnya dibuat dari film plastik halus dengan kabel kancing terukir di atasnya. Gunakan kapas alkoho untuk membersihkan.

3. Check Plastik Konduktif

di bagian tombol Keyboard Komputer Tidak Berfungsi bila ada beberapa kotoran pada bagian atas, membersihkan dengan alkohol. Dengan anggapan jika plastik konduktif hancur, Liputanberitaku merekomendasikan Anda bisa menukar plastik konduktif pada tombol yang jarang dipakai dengan sisi yang rusak.

Walau tindakan melepaskan satu tombol untuk tombol lainnya ini tidak bisa membuat keyboard membuat semua fungsi tombol normal, terpenting Paling tidak bisa perpanjang usia tombol yang sering dipakai.

4. Membersihkan Debu Atau Kotoran Dalam Keyboard

Untuk hilangkan kotoran di beberapa sudut sisi dalam keyboard, alat bisa berbentuk kuas kecil. Atau memakai bahan yang halus.

5. Cek Konektor

Cek Apa Keyboard Memakai modul solder atau atau ada elemen yang lepas. Bila Anda ketahui langkah memakai solder, Anda bisa memperbaiki solderan. Sudah pasti cara ini cuman pas untuk teman-teman yang tahu langkah memakai solder. Untuk yang tidak paham langkah menggunakannya, silahkan lalui cara ini.

3. Keyboard Komputer Tidak Berfungsi Kerana Permasalahan Software

Bila keyboard komputer tidak berperan bukan lantaran kekeliruan tehnis penggunaan atau elemen yang rusak, Anda bisa coba memakai sistem berikut untuk mengatasi

Ganti driver keyboard: membuka property mekanisme lewat “My Computer”, tentukan tab Hardware: membuka manajer perangkat, kami mendapati jika di bawah sistem operasi Windows 7, driver keyboard standar ialah “tombol standard 101/102 atau Microsoft natural Papan ketik PS/2”.

Click kanan dan tentukan up-date driver, maka ada hardware up-date wizard: tentukan “Install from a daftar or specific location (advanced)”, click “Next”, tentukan “Don’t search. I will choose the driver to install. ”

Click “Next” untuk masuk ke halaman “Select the piranti driver to be installed for this hardware” dan hapus kotak centang. Tentukan “Display compatible hardware”. Saat sebelum centang Pilih “Japanese PS/2 Keyboard (106/109 Key)” pada kolom “Standard Keyboard Model”, click “Next”, akan ada “Up-date Driver Warning”, click “Yes”. Lanjutkan untuk mengklik “Yes” di jendela “Confirm Device Installation”.

Bila tidak ada langkah di atas yang bisa menyelesaikan masalah Keyboard Komputer Tidak Berfungsi kemungkinan piranti kerasnya rusak. Kerusakan keyboard yang umum ialah kegagalan perangkat keras keyboard. Anda bisa coba keyboard lain untuk mengetes.

Sebagian besar pada mereka permasalahan ini secara mudah. Sudah pasti Ada pula sebagian kecil kasus di mana colokan keyboard rusak, kabel rusak, motherboard rusak, CPU tidak berfungsi secara baik.