3 Aplikasi Akuntansi Yang Paling Banyak Digunakan Perusahaan di Indonesia

3 Aplikasi Akuntansi Yang Paling Banyak Digunakan Perusahaan di Indonesia

Liputanberitaku.com — Berikut adalah 3 Aplikasi Akuntansi Teratas yang Paling Banyak Digunakan Oleh Perusahaan di Indonesia. Satu diantaranya telah memperoleh penghargaan Top Brand. Aplikasi Akuntansi ialah program computer yang dibikin dengan arah kumpulkan semua transaksi bisnis yang terjadi di perusahaan dan mengolah jadi jurnal akuntansi dan hasilkan neraca keuangan utuh yang dibutuhkan oleh perusahaan secara otomatis.

Aplikasi ini memakai Mekanisme Management Database. Dengan memakai Aplikasi karena itu beberapa Pemakai dapat bekerja bersama ke satu database tanpa mengusik tugas masing-masing serta sama-sama memperbaharui data dalam database itu. Sekarang ini belum juga banyak sekali aplikasi yang berkembang di Indonesia, tetapi Beberapa Aplikasi Akuntansi Tailer Made (Pesanan Khusus) telah banyak di aplikasikan di perusahaan menengah keatas di Indonesia.

Harga Aplikasi memang termasuk mahal dapat capai beberapa ratus juta sampai miliaran rupiah, tetapi bila dibanding dengan hasil laporan keuangan yang komplet dan Tepat dan dapat mendukung perkembangan perusahaan, maka harga dapat disebut factor nomor sekian untuk perusahaan akan menggunakan aplikasi atau tidak.

 

Kelebihan Dan Kekurangan Aplikasi Akuntansi Paket

Kelebihan

Aplikasi tipe ini dibuat secara masal berdasar ketentuan standar akuntansi yang berjalan, hingga banyak pemakainya. Dimana saja pemakai aplikasi itu akan memperoleh feature dan modul dan langkah pemakaian yang serupa. Feature dan modul dari aplikasi akuntansi general tidak dapat dicustomize maka mempermudah service After Sales Servis dalam tangani permasalahan atau masalah yang ditemui oleh pemakai aplikasi itu.

Aplikasi Akuntansi general umumnya dibuat pemakai friendly hingga benar-benar mempermudah pemakainya dimulai dari langkah pemakaian sampai dengan menampilkan laporan keuangan.

Kekurangan

Kekurangan Aplikasi Akuntansi general umumnya tidak terima keinginan peralihan feature dan modul (Tidak dapat dicustom), hingga pemakai betul-betul harus ikuti feature yang telah ada dan tidak tutup peluang jika masih tetap ada tugas yang perlu ditangani di luar mekanisme misalnya di ekspor ke Excel dan diproses selanjutnya.

Disamping itu karena harga murah, saat pembelian umumnya belum terhitung jasa pelatihan dan pengimplementasian aplikasi hingga perlu beli jasa pelatihan secara terpisah dan umumnya ongkos trainingnya malah tambah mahal dari harga softwarenya.

3 Aplikasi Akuntansi Teratas Paling Banyak Digunakan Perusahaan di Indonesia

SOFTWARE ACCURATE

Aplikasi ACCURATE ialah Aplikasi Akuntansi paket bikinan asli Indonesia yang diperkembangkan oleh PT Cipta Perangkat Sejahtera semenjak tahun 2000. Sampai tahun akhir 2017, terdaftar Aplikasi Akirate sudah dipakai oleh lebih dari 300.000 perusahaan di Indonesia.

Karena didalamnya benar-benar sesuai PSAK (Ketentuan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia) Aplikasi ACCURATE sudah diadopsi sebagai kurikulum Praktikum Lab Komputer Akuntansi di lebih dari 70 Kampus Terpenting dan beberapa ratus SMK. Disamping itu, Aplikasi ACCURATE sudah memperoleh penghargaan TOP BRAND dalam acara Top Brand Awards tahun 2017.

Sekarang ini Accurate sudah melaunching aplikasi di dalam 2 platform yakni Accurate Desktop dan Accurate Online hingga pemakai dapat pilih yang mana lebih pas sesuai keperluan perusahaan.

Aplikasi Accurate Desktop pas digunakan oleh perusahaan yang cuman mempunyai 1 kantor usaha dan semua kegiatan perusahaan dilaksanakan di kantor itu, sedang Accurate Online ditujukan untuk perusahaan yang mempunyai beberapa cabang atau pimpinan perusahaan ingin awasi aktivitas transaksi bisnis perusahaan dari mana saja dan kapan saja. Kelebihan Akirate ialah dapat gunakan dengan gratis lebih dulu dengan click di sini

ZAHIR ACCOUNTING

Zahir Accounting sebagai Aplikasi asal dari Indonesia dan salah satunya Aplikasi Akuntansi yang sering digunakan di Indonesia. Zahir Akunting tawarkan feature dan modul yang hampir serupa dengan Aplikasi Akirate.

Bedanya ialah, Bila Aplikasi Accurate jual paket utuh, Karena itu Zahir jual Aplikasi per modul-modul yang dibutuhkan oleh perusahaan, Misalnya ada perusahaan yang cuman membutuhkan modul Persediaan karena itu Zahir dapat jual Modul Persediaan saja, dan demikian pula modul lainnya (Rakit Sendiri Aplikasi Akuntansi Anda).

Disamping itu Zahir memakai Dongle (Seperti USB) yang perlu tercolok ke computer sebagai kontrol pemakaian Licensenya dan ini berbeda dengan Accurate yang cukup meregisterkan nomor code license ke program. Zahir banyak juga digunakan di sejumlah kampus sebagai mata kuliah praktikum lab computer akuntansi.

MYOB ACCOUNTING

MYOB Ialah aplikasi buatan Australia dan sebagai cikal akan jumlahnya aplikasi akuntansi yang berkembang di Indonesia. Saat sebelum adalnya Aplikasi Akirate dan Zahir, MYOB telah terlebih dulu kuasai pasar aplikasi keuangan di Indonesia dan MYOB sudah sering dipakai sebagai praktikum LAB Akuntansi di sejumlah universitas terpenting.

Tetapi karena featurenya yang disebut bikinan luar negeri, banyak beberapa perusahaan yang berpindah dari MYOB ke Accurate karena Accurate bisa lebih cepat dalam memberi respon peralihan peraturan akuntansi dan perpajakan di Indonesia dengan menerbitkan up-date aplikasi.

Itulah 3 aplikasi akuntansi teratas yang terbanyak digunakan oleh perusahaan di Indonesia mudah-mudahan dapat menjadi referensi saat menentukan aplikasi yang pas untuk perusahaan Anda.