9 Cara Mengalihkan Anak Dari Gadget

Cara Mengalihkan Anak Dari Gadget — Saat ini mungkin para orang tuan sedang kesusahan melihat anaknya selalu menangis jika Gadget atau HP nya di ambil, indikasi ini memperlihatkan bahwa anak itu sudah kecanduan Gadget.

Melihat anak kecil yang sedang bermain gadget adalah sebuah pemandangan biasa di era saat ini. Namun untuk anak dibawah 2 Tahun memang tidak direkomendasikan oleh ahli kesehatan, hal ini dikarenakan efek jangka panjang yang nanti ditimbulkan cukup membahayakan, mulai dari fungsi pengelihatan, anti sosial, dan kalau tidak hati-hati banyak konten-konten yang sebetulnya belum cukup umur untuk anak siap memegang gadget.

Lalu bagaimana cara mengalihkan anak dari gadget ?

Cara Mengalihkan Anak Dari Gadget
Cara Mengalihkan Anak Dari Gadget

Hal yang satu ini bukanlah yang mudah, harus dengan usaha dan konsistensi orang tua melakukannya, berikut tips mengalihkan anak dari gadget yang liputan beritaku rangkum untuk para orang tua :

1. Beri Contoh

Anak suka meniru perilaku orangtua , jika orang tua tidak bermain Gadget saat bermain bersamanya atau saat makan bersama , maka anak akan meniru kebiasaan baik orang tua tersebut.

2. Ajak Anak Untuk Bermain

Mengajak anak untuk bermain meluangkan waktu 100 % kepadanya dengan memberikan perhatian tapa sedikitpun memegang gadget. Luangkan waktu setidaknya 30 menit dalam sehari.

3. Buat Perjanjian

Mengalihkan anak dari gadget adalah dengan membuat perjanjian, buat perjanjian untuk anak yang hanya bisa menggunakan gadget pada jam tertentu atau hari tertentu saja. Misal saat dia pulang sekolah atau pada hari sabtu saja.

4. Berikan Pengertian

Jelaskan pada anak anda kenapa anda membatasi waktu bermain gadget dengan bahasa yang ringan agar anak paham dan mengerti apa yang anda maksudkan.

5. Banyak Baca Buku

Cara mengalihkan anak dari HP adalah dengan membaca buku, gunakan buku dengan gambar yang menarik perhatian anak, dan biarkan dia bermain dengan buku yang anda berikan.

6. Libatkan Anak

Mengalihkan anak dari gadget yang ke enam adalah dengan melibatkan anak anda dalam setiap kegiatan anda , misalkan membereskan rumah, memasak, dan lain-lain. Libatkan anak dan beri sanjungan kepadanya supa anak bersemangat dalam setiap kegiatan tersebut.

7. Buat Kegiatan Fisik

Ajak anak anda bermain di taman, bermain petak umpet, atau aktifitas yang menggunakan fisik. Hal ini akan menarik dan membuat mereka menjadi lebih sehat.

8. Dampingi Saat Bermain Gadget

Gadget tidak sepenuhnya memiliki efek negatif pada anak, banyak manfaat yang bisa didapat dari gadget. Namun tentunya hal tersebut harus dengan porsi yang sepadan dengan anak anda. Dampingi dia saat menggunakan Gadget.

9. Install Game Edukasi

Cara mengalihkan dari gadget adalah dengan mendampingi mereka bermain gadget, disamping itu hindari konten-konten dewasa dan yang mengandung unsur kekerasan. Install Game yang mengarahkan anak untuk belajar agar kecerdasan anak dapat terasah dengan baik.

Kesimpulan Cara Mengalihkan Anak Dari Gadget

Itu tadi 9 cara mengalihkan anak dari gadget semoga hal ini bermanfaat, selamat mencoba!

Ă—