Cara Membuat Web untuk Pemula Tanpa Coding!!

Cara Membuat Web untuk Pemula Tanpa Coding!!

Liputanberitaku.com — Mencari cara membuat web simpel dengan cepat dan mudah? Anda telah menemukan artikel yang akurat. Lewat artikel ini Anda akan belajar selengkapnya bagaimanakah cara membuat web dengan cepat dan mudah.

Oiya, siapa saja dapat ikuti tutorial membuat web di artikel ini. Karena di tutorial ini Anda tidak membutuhkan coding sama sekalipun. Yap, betul sekali, Anda tak perlu coding benar-benar untuk membikin web!

Bagaimanakah cara membuat web tanpa coding benar-benar? Baca penjelasannya berikut ini ya!

Cara Membuat Web dengan Domain Sendiri dalam 5 Langkah

Untuk orang pemula, membuat web cukup mengerikan karena berurusan dengan tehnis. Walau sebenarnya, ini lumayan gampang bila dilaksanakan dengan cermat walau tidak mempunyai ketrampilan tehnis sekalinya.

Anda mulai bisa membuat web dengan 5 cara membuat web yang simpel berikut ini:

1. Tetapkan Jenis Web

2. Tetapkan Platform Web

3. Tentukan Hosting dan Nama Domain

4. Install WordPress dan Sesuaikan Tampilan

5. Optimisasi Pengaturan Web

Kelihatan gampang, kan? Berikut ini kami akan menerangkan point per point bagaimanakah cara membuat web secara mudah. Baca sampai akhir ya!

1. Tentukan Jenis Web

Saat sebelum mengulas masalah tehnis langkah membuat web, cara pertama kali yang perlu Anda kerjakan ialah tentukan tipe web apakah yang ingin Anda bikin.

Dengan tentukan tipe web yang pas, Anda akan mempunyai bayang-bayang ide web apakah yang akan Anda bangun. Ini penting karena akan punya pengaruh pada penyeleksian paket situs hosting, domain, dan topik yang bakal Anda pakai.

Jadi di langkah awal ini, tetapkan jenis web yang bakal Anda bikin lebih dulu. Ada beberapa tipe web yang dapat Anda tentukan.

Apabila sudah tentukan tipe web, silahkan bergerak ke langkah membuat web seterusnya, yakni tentukan platform web.

2. Tentukan Platform Web

Sama seperti yang telah disebut pada awal, Anda dapat buat situs tanpa perlu pengetahuan coding sama sekalipun. Anda tak perlu memakai kode HTML, CSS bahkan juga PHP. Selainnya sulit, langkah membuat web dengan cara barusan akan membutuhkan saat yang lumayan lama.

Lantas bagaimanakah cara membuat web tanpa coding sama sekali?

Jalan keluarnya ialah memakai WordPress!

Dengan WordPress, Anda bisa membuat web secara mudah tak perlu kuasai pemrograman. Anda perlu sekali click instalasi, masukkan nama, deskripsi web, dan pilih template, web Anda dapat dipakai dan dijangkau lewat internet.

Berita baiknya, Anda dapat membuat web gratis memakai WordPress. Walau gratis tidak berarti web yang dibuat WordPress tidak bagus. Bahkan juga kebalikannya, Anda dapat membuat web gratis dengan kualitas terbaik memakai WordPress.

Telah banyak perusahaan besar yang memercayakan situsnya ke WordPress. Beberapa salah satunya ialah SONY Music, Microsoft News Center, The Walt Disney Company, dan The New York Times Comapny.

Keterangan lebih komplet berkenaan keunggulan dan argumen kenapa Anda harus memakai WordPress dapat Anda baca di artikel Apa Itu WordPress? Pemahaman dan Faedahnya.

3. Tentukan Hosting dan Nama Domain

Di point di atas kami telah menerangkan Anda dapat membuat web gratis memakai WordPress. Walau bagaimanapun Anda perlu tetap keluarkan sedikit ongkos. Ongkos itu bukan untuk membikin web, tetapi untuk simpan data web di hosting dan untuk beli nama domain.

Pilih Hosting

Sesudah tentukan WordPress sebagai basis pembikinan web, sekarang waktunya Anda pilih service hosting untuk web Anda.

Hosting berperan untuk simpan semua file web hingga bisa dijangkau lewat cara online. Semua file seperti topik, plugin, text, media, code HTML, sampai draft content disimpan di hosting.

Pokoknya semua peralihan yang Anda bikin di WordPress akan diletakkan di hosting ini . Maka Anda perlu pilih service hosting dengan berhati-hati karena semua data web Anda akan disimpan di hosting.

Tentukan Nama Domain yang Menarik

Selainnya hosting, Anda pun memerlukan domain untuk membuat web.
Kenapa Anda membutuhkan domain? Secara simpel, domain dan hosting ialah alamat untuk web Anda.

Domain berperan sebagai alamat web Anda supaya beberapa orang dapat secara mudah terhubung web Anda di browser.

Domain tidak selalu harus berakhir dengan.COM. Anda dapat pilih satu dari beragam opsi ekstensi domain yang ada. Dari.CO.ID,.WEB.ID,.NET,.INFO,.ONLINE,.SITE,.WEBSITE, sampai.XYZ.

Install WordPress

Walau bagaimanapun di artikel ini kami tetap mengulas langkah install WordPress manual. Bila lupa aktifkan feature Auto Install WordPress saat membeli hosting, Anda dapat ikuti beberapa langkah berikut ini.

Login cPanel

Login ke cPanel lewat link yang diumumkan lewat e-mail, umumnya semacam ini: http://namadomainanda/cpanel

Membuka Softaculous Installer

Di bagian SOFTACULOUS APPS INSTALLER, click logo WordPress

Click Tombol Install Now

Tentukan Domain

Tentukan domain Anda pada kolom Choose Domain. Anda dapat kosongkan kolom In Direktori

Isi Detil Web

Isi nama web Anda dan deskripsinya, pada kolom Site Name dan Site Description

Masukan Username dan Sandi

Tetapkan username dan sandi untuk login ke dasbor WordPress Anda.

Instalasi Selesai!

Sesudah proses instalasi usai, bakal tampil pesan sukses yang berisi alamat web dan URL login ke dasbor admin.

5. Optimisasi Pengaturan WordPress

WordPress yang baru Anda install ialah WordPress versus standar . Maka semua penataannya masih dasar. Anda perlu lakukan optimisasi penataan supaya bisa hasilkan web yang maksimal.

Untuk lakukan optimisasi penganturan di WordPress, Anda perlu login lebih dulu ke dasbor WordPress. Berikut langkah login ke dasbor WordPress:

  1. Buka www.domainanda.com/wp-admin
  2. Masukan Username dan Sandi
  3. Anda sukses masuk ke admin tempat WordPress Anda!

Sesudah sukses login WordPress, Anda akan ditujukan ke dasbor WordPress. Dasbor ini ialah tempat di mana Anda dapat terhubung semua feature yang disiapkan WordPress, dari komposisi, plugin, sampai topik

Nach, di dasbor berikut Anda dapat mengurus WordPress, dari mengganti penataan, mengeluarkan content, membuat halaman, menambah plugin, dan lain-lain.