Cara Menghilangkan Malware di Android – Terbaru 2021

Cara Menghilangkan Malware di Android – Terbaru 2021

Liputanberitaku.com — Malicious Software atau umum disebutkan malware, kerap kali diketemukan di handphone Android. Nach, karena benar-benar bahaya bila handphone Anda terkena virus jahat ini, karena itu kamu haru tahu langkah hilangkan malware di HP Android.

Kadang kita tidak mengetahui handphone Android kita telah dimasuki malware yang masuk melalui program yang kita ambil.

Aplikasi yang telah dimasuki virus ini mengundang banyak bahaya, yang berbuntut rugi untuk beberapa pemakai smartphone.

Beberapa permasalahan yang kerap diakibatkan malware misalkan aplikasi yang berjalan pada latar belakang jadi boros battery, sampai yang paling parah bisa mengambil data personal pemakai smartphone.

Ada banyak Cara Menghilangkan Malware di Android. Ingin tahu Cara Menghilangkan Malware di Android? Berikut sudah kami rangkum Cara Menghilangkan Malware di Android untuk anda, yuk simak

Ciri-ciri HP Android Terserang Malware

Saat sebelum kami menerangkan bagaimanakah cara hilangkan virus atau malware android, sebaiknya Anda harus juga check malware di Android engan ketahui cirinya. Nach, berikut beberapa ciri handphone Anda terkena virus atau malware:

Baterai cepat boros

Ciri-ciri pertama ialah handphone jadi cepat boros. Anda dapat memeriksa penggunaan battery dibanding awalnya. Bila handphone berasa boros, walau sebenarnya Anda berasa jarang memakai handphone, karena itu ini ialah pertanda handphone Anda telah terkena malware.

Banyak ada iklan pop-up

Ciri-ciri yang lain ialah bertambahnya intensif iklan yang ada di handphone. Bila Anda kerap memperoleh iklan pop-up di handphone, karena itu ini ialah pertanda handphone Anda terserang malware.

Menyedot pulsa atau Kuota cepat habis

Salah satunya ciri-ciri handphone Anda telah terkena malware dengan menyaksikan penggunaan pulsa atau paket Internet. Bila Anda berasa pulsa atau paket Anda cepat habis, walau sebenarnya penggunaan normal, karena itu peluang handphone Anda telah dimasuki virus jahat.

HP Jadi Lelet

Ciri-ciri yang lain ialah performa handphone mendadak jadi lelet. Umumnya bila handphone Android Anda terserang malware akan membuat performa HP jadi lamban saat buka program yang enteng sekalinya, walau sebenarnya kemampuan RAM masih lumayan dan program yang dipakai sebetulnya sedikit.

Handphone jadi cepat panas

Pertanda handphone terserang malware selanjutnya ialah handphone jadi cepat panas, walau sebenarnya tidak lagi banyak dipakai. Ini dikarenakan oleh ada program yang berjalan pada background tanpa kesepakatan Anda.

Waktu booting semakin lama

Selainnya handphone jadi lelet, ciri-ciri lain HP yang dimasuki malware ialah umumnya akan mengakibatkan waktu booting jadi lebih lama dari umumnya.

 

Cara Menghilangkan Malware di Android

Sesudah ketahui beberapa ciri-ciri handphone yang telah terkena malware, saat ini Anda harus tahuCara Menghilangkan Malware di Android yang sangat beresiko bila didiamkan.

Ada Cara Menghilangkan Malware di Android yang tidak bisa dihapus yang dapat Anda kerjakan, supaya handphone Anda bersih dari virus jahat. Berikut Cara Menghilangkan Malware di Android :

Uninstall aplikasi yang mencurigakan

Bila Anda telah mendapati aplikasi yang dimasuki malware, cara yang dapat diambil ialah lakukan pembersihan virus itu. Langkah bersihkan malware di Android ini dengan masuk pada menu > Seting, lalu tentukan > Aplications, selanjutnya pilih aplikasi yang ingin dicopot pemasangannya.

Hapus Administrator Rights.

Bila aplikasi tidak berhasil dicabut atau uninstall, langkah hapus malware di HP selanjutnya ialah memeriksa Administrator Perangkat, karena peluang aplikasi itu memiliki administrator rights. Anda dapat hapus ijin program itu dan lakukan pencopotan pemasangan secara normal.

Anda dapat menghapus administrator rights dengan berikut ini:

Masuk ke > Seting, tentukan > Security dan saksikan sisi Piranti Administrator. Anda bisa menyaksikan menu Android Piranti Manajer di daftar itu dan hapus ijin program yang susah di-uninstall.
langkah hilangkan malware di ponsel.

Apabila sudah, kerjakan re-start HP Android Anda untuk memeriksa apa malware telah lenyap dari HP Anda. Sesudah re-start dan handphone berpijar, Anda dapat menyaksikan apa performanya telah kembali normal seperti sebelumnya.

Install Aplikasi Antivirus.

Bila ke-2 Cara Menghilangkan Malware di Android barusan gagal, maka Cara Menghilangkan Malware di Android lain yang dapat dilaksanakan ialah lakukan pemasangan anti virus di handphone Anda. Selainnya mengetahui, anti virus akan mengingati Anda ada virus atau malware yang akan masuk ke handphone.

Sekarang ini telah banyak antivirus yang dapat Anda membeli sesuai keperluan dan bujet yang Anda persiapkan. Salah satunya yang telah terkenal misalnya Kaspersky antivirus, AVG, ESET, Avast dan yang lain. Anda dapat mencari dan mengambilnya di Google Play Toko.

Cara Menghilangkan Malware di Android Tanpa aplikasi

Bila Anda merasa handphone Anda bekerja tidak normal seperti umumnya dengan beberapa ciri sama seperti yang kami sebut di atas, seharusnya Anda harus selekasnya mengecek keadaan handphone, karena peluang telah terkena malware.

Berikut Cara Menghilangkan Malware di Android yang dapat Anda kerjakan. Turuti beberapa langkahnya seperti berikut:

Hapus Lewat Draw over other apps

Langkah hilangkan malware di Android yang dapat Anda kerjakan ialah cari program meresahkan dalam penataan handphone. Triknya, masuk ke > Seting, lalu tentukan > Draw over other apps dalam tab Program.

Kemudian, Anda bisa menyaksikan semua program yang berusaha untuk “ambil” data dari program lain, dan seterusnya Anda dapat hapus membuat perlindungan handphone Anda dari malware.

Masuk ke Safe Mode

Bila dengan hapus malware di HP Android barusan belum juga mempan, coba langkah yang ke-2 dengan masuk masuk ke Safe Model untuk menghapusinya lewat cara manual.

Tetapi umumnya langkah hilangkan virus di HP ini cuman akan efisien bila handphone Anda betul-betul sudah terkena malware. Berikut langkah masuk ke Safe Model:

Pencet tombol Power dan tahan cukup lama. Lantas click > Safe Mode.
Bila opsi Safe Mode tidak muncul, kemungkinan malware di HP Anda telah memblokir pilihan itu. Bila demikian, Anda harus melakukan hard reset.
Triknya, pencet tombol Power dan tahan selama 10 detik, atau pencet tombol volume up dan down sekaligus saat booting.
Sesudah masuk ke mode aman (Safe Mode), Anda dapat masuk pada menu > Pengaturan > Apps > Downloaded.
Anda dapat cari file aplikasi yang mencurigakan dengan pencet ikon aplikasi itu, lalu tentukan pilihan Uninstall.