Cara memulai bisnis bengkel motor
Cara memulai bisnis bengkel motor

Cara memulai bisnis bengkel motor

Cara memulai bisnis bengkel motor

liputanberitaku.com — Jumlah kendaraan bermotor selalu alami kenaikan. Ini didorong oleh bertambahnya daya membeli warga dan keringanan pengajuan credit. Kendaraan motor tidak selama-lamanya bisa berperan secara baik. Kadang, mesin alami masalah hingga tidak berperan secara baik.

Mesin kendaraan seperti sepeda motor dan mobil memerlukan perawatan teratur. Spare partnya harus ditukar dalam waktu tertentu. Dari beberapa keadaan di atas, beberapa orang memakainya untuk buka bengkel. Kesempatan kali ini, Liputanberitaku akan menerangkan mengenai Cara memulai bisnis bengkel motor, simak sampai habis yaa

Cara memulai bisnis bengkel motor

Sepeda motor dan mobil mempunyai karakter yang lain. Mari kita awali dengan Cara memulai bisnis bengkel motor

1. Tentukan Lokasi Bengkel Motor

Lokasi sebagai salah satunya hal terpenting dalam memulai usaha apa saja. Ditambah bengkel motor ialah usaha yang berupa fisik, bukan virtual. Seharusnya, Anda pilih lokasi yang vital dan ada di pusat keramaian. Misalkan di pinggir jalan raya, di tengah-tengah kota, di dekat pasar, dan sebagainya.

Upayakan warga umum bisa menyaksikan usaha Anda secara mudah. Dengan demikian, bengkel motor Anda akan gampang dikenali. Tapi, bila memang modal yang Anda punyai kurang, karena itu Anda dapat jadikan usaha bengkel jadi usaha rumahan. Anda dapat manfaatkan garasi atau tempat yang ada di dalam rumah sebagai lokasi untuk usaha bengkel Anda.

 

2. Menentukan Modal Awal

Cara memulai bisnis bengkel motor berikutnya adalah dengan menentukan modal awal. Modal awal dalam pembuatan bengkel motor mencakup ongkos untuk pembangunan toko, ongkos operasional, pembelian spare parts, dan pembelian alat.

Anda bisa sewa tempat atau membuat bengkel dari sejak awalnya. Ongkos yang dibutuhkan sesuaikan sama ukuran bangunan yang Anda harapkan. Kalkulasi modal yang dibutuhkan untuk ongkos operasional tiap bulan, pembelian perlengkapan bengkel, dan spare parts.

 

3. Merincikan Biaya Peralatan dan Operasional

Cara memulai bisnis bengkel motor selanjutnya adalah dengan merincikan biaya operasional. Biaya operasional mencakup banyak hal seperti upah pegawai, ongkos listrik, dan dana cadangan. Pada awal usaha, keuangan belum konstan.

Supaya semakin aman, seharusnya Anda persiapkan dana operasional minimum untuk 3 bulan awal. Ini sebagai mengantisipasi jika bisnis belum konstan di permulaan. Kalkulasi lebih detil perlengkapan yang diperlukan. Misalkan kunci-kunci, obeng, compressor, dan lain-lain.

Untuk memberi rekomendasi pengendalian keuangan, Anda dapat check panduan mengurus keuangan. Anda bisa juga pakai aplikasi pencatat keuangan seperti BukuWarung. Dengan demikian Anda semakin lebih ringkas dalam menulis semua pengeluaran dan pemasukan usaha Anda.

 

4. Mencari Montir yang Dapat Di Andalkan

Cara memulai bisnis bengkel motor berikutnya adalah mencari montir atau mekanik yang berpengalaman. Montir jadi penggerak utama dalam bengkel motor. Cari tenaga kerja yang mempunyai kekuatan yang bagus.

Anda bisa lakukan penyeleksian saat sebelum memulai usaha bengkel. Kerjakan beberapa test seperti analitis kerusakan motor, reparasi, tukar oli, dan pergantian parts. Keahlian saja kurang cukup, cari montir yang jujur dan ramah. Ini akan punya pengaruh pada bisnis Anda.

 

5. Menyediakan Sparepart

Spare parts yang Anda membeli seharusnya yang terbanyak diperlukan customer. Jika saat pembukaan, konsumen memerlukan parts lain, Anda bisa membeli waktu itu juga.

Contoh beberapa spare part yang terbanyak dicari diantaranya kampas rem, busi, rantai keteng, kampas kopling, dan sebagainya. Janganlah lupa untuk menyiapkan pelumas dari beragam merk.

 

6. Pengelolaan dan Layanan

Cara memulai bisnis bengkel motor berikutnya adalah pengelolaan dan pelayanan. Bisnis yang sukses dengan diawali pengendalian yang bagus. Misalkan pengupahan pegawai yang teratur, pembukuan, dan pengendalian pada beberapa barang yang perlu dibeli.

Anda pun jangan lupakan satu poin utama yakni servis. Selalu layani customer secara ramah. Siapkan sarana seperti tv atau wifi gratis supaya konsumen setia tidak jemu saat menanti.

 

7. Atur Strategi Promo

Promo sangat penting dalam memulai sebuah bisnis. Maksudnya yakni memperkenalkan bengkel motor Anda ke khalayak luas. Pakai taktik promo yang pas, baik secara off-line atau online. Dalam promo off-line, Anda bisa memakai baliho atau banner.

Dan untuk promo online, Anda dapat membuat account bisnis di sosial media dan berpromosi di situ. Jika Anda ingin promo lebih terus-menerus dan pas, tidak ada kelirunya bila Anda mengambil orang yang bekerja tangani promo dan pemasaran.

8. Tentukan Market Bengkel

Cara memulai bisnis bengkel motor terakhir yang tak boleh Anda lupakan yakni tentukan market bengkel. Tetapkan customer apakah yang yang ingin Anda targetkan. Misalkan Anda cuman tangani beberapa macam motoe tertentu. Temukan Apakah Anda ingin mendapatkan customer dari warga umum atau dari perusahaan saja.

Cara Anda selanjutnya dalam membangun bisnis benar-benar ditetapkan oleh target pasar ini. Hingga Anda harus memastikannya sedini mungkin.

Cara memulai bisnis bengkel motor di atas bisa Anda terapkan untuk membuat usaha yang sukses. Bikinlah komitmen dengan diri Anda sendiri untuk jalankan bisnis dengan benar-benar. Selamat mempraktikkan.

 

web counters