Beasiswa Australia Awards 2022: Syarat dan Jadwal Pendaftaran

Australia Awards Scholarship (ASS) adalah salah satu beasiswa pelajar Indonesia yang paling banyak dicari. Hal ini dikarenakan beasiswa AAS memiliki persyaratan pendaftaran yang longgar dan tidak sesulit beasiswa lainnya. Lantas kapan Beasiswa AAS 2022 akan dibuka dan apa saja persyaratan pendaftarannya? Secara umum, pemerintah Australia menawarkan beasiswa pendidikan AAS kepada siswa internasional, termasuk orang Indonesia. Beasiswa AAS sepenuhnya mendanai penerima master (S2) dan doktor (S3).

Sarjana AAS mendapat manfaat dari pendanaan penuh selama masa studi mereka, dari perjalanan, pelatihan pra-keberangkatan, tunjangan kuliah, biaya visa, perawatan medis, dana kuliah, asuransi kesehatan, dan beasiswa tambahan lainnya. Namun, Beasiswa AAS hanya menawarkan program studi atau jurusan tertentu.

Artinya, pelamar beasiswa tidak dapat memilih jurusan berdasarkan minatnya, tetapi harus menyesuaikan diri dengan program pelatihan yang ditentukan oleh AAS. Kurikulum yang diberikan oleh AAS merupakan program prioritas yang berguna dalam hubungan bilateral antara pemerintah Indonesia dan Australia. Misalnya di masa pandemi Covid-19, spesialisasi yang diutamakan adalah jurusan kesehatan, mulai dari kurikulum penyakit menular, manajemen kesehatan, pelayanan kesehatan, dan lain sebagainya.

Kapan Beasiswa Australia Awards 2022 Dibuka?

Halaman beasiswa melaporkan bahwa Beasiswa AAS 2022 akan dibuka mulai 1 Februari hingga 30 Mei 2022. Pendaftaran Beasiswa AAS tahun ini adalah untuk awal akademik tahun depan atau 2023. Mengetahui Program Aplikasi Beasiswa AAS 2022, calon pelamar dapat menyiapkan dokumen yang diperlukan langsung.

Meski persyaratannya cukup sederhana, namun seleksi beasiswa AAS cukup ketat. Berdasarkan tahun-tahun sebelumnya, jumlah penerima AAS berkisar antara 250-300 dari ribuan pendaftar. Tingginya jumlah pelamar AAS ini disebabkan banyaknya beasiswa yang mereka terima, mulai dari biaya pelatihan pra-keberangkatan, biaya kuliah hingga biaya hidup bulanan di Australia. Manfaat menerima beasiswa AAS adalah sebagai berikut.

  • Pelatihan Pra Keberangkatan (PDT) di Indonesia.
  • Penerbangan pulang pergi ke lokasi PDT Indonesia.
  • Uang saku di bawah PDT di Indonesia.
  • Biaya visa, pemeriksaan kesehatan dan asuransi kesehatan selama masa beasiswa.
  • Dukung dana setibanya di Australia. Biaya kuliah.
  • Membantu biaya hidup selama belajar di Australia. Rata-rata bulan adalah sekitar AUD 2250 per bulan (nilai tukar rupee sekitar Rs 23,1 juta).
  • Pengenalan program akademik.
  • Dukungan ilmiah profesional.

Syarat Pendaftaran Beasiswa Australia Awards 2022

Di bawah ini adalah persyaratan umum untuk pelamar potensial untuk Beasiswa AAS 2022 di Australia.

  1. Warga Negara Indonesia yang berdomisili dan mengajukan beasiswa AAS dari Indonesia.
  2. Tidak menikah atau menikah dengan seseorang yang memenuhi syarat untuk kewarganegaraan Australia atau Selandia Baru atau status penduduk tetap, baik pada saat melamar maupun seleksi atau belajar di Australia.
  3. Memenuhi persyaratan pemerintah Australia bagi siswa internasional untuk memasuki Australia (kesehatan, karakter, dll.).
  4. Saat ini tidak memerlukan visa untuk tinggal di Australia.
  5. Mereka saat ini tidak melamar Australia Awards (AAS) jangka panjang lainnya (misalnya belum menyelesaikan program AAS) kecuali mereka telah tinggal di luar Australia dua kali penuh waktu mereka di Australia (misalnya, mantan pemegang beasiswa Australian Awards tidak memenuhi syarat untuk melamar untuk beasiswa Australia Awards lainnya saat tinggal di luar Australia atau kembali ke Indonesia selama delapan tahun.
  6. Saat ini tidak bertugas sebagai tentara.
  7. Mampu memenuhi semua persyaratan Departemen Imigrasi dan Perlindungan Perbatasan untuk Visa Pelajar DFAT.
  8. Mampu memenuhi Persyaratan Masuk Universitas Australia.

Secara khusus, kandidat harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  • Mendaftar di program studi yang merupakan salah satu bidang prioritas untuk dikembangkan. Nilai rata-rata poin minimum (IPK) harus 2,9 (di luar skala 4.0).
  • Kandidat dalam kelompok konfirmasi khusus dan penyandang disabilitas memiliki IPK 2,75 atau lebih tinggi.
  • Pelamar untuk program master harus memiliki kemahiran bahasa Inggris minimal 5,5 di IELTS (TOEFL ITP 525 atau TOEFL IBT 69 atau PTE Academic 46).
  • Pelamar dari kelompok penguatan khusus dan penyandang cacat harus memiliki setidaknya 5,0 kemahiran berbahasa Inggris di IELTS (atau 500 TOEFL ITP atau 59 TOEFL IBT atau 38 PTE Academic).
  • Pelamar PhD harus memiliki kemahiran bahasa Inggris minimal 6.0 di IELTS (TOEFL ITP 550 atau TOEFL IBT 79 atau PTE Academic 54).
  • Hasil studi IELTS, TOEFL atau PTE harus diperbarui (maksimal 2 tahun). Pelamar dapat menggunakan hasil tes penempatan IALF – AAI yang dilakukan pada tahun 2021 untuk mendukung aplikasi beasiswa untuk Australia Awards 2022.
  • Masukkan informasi kontak pusat tes untuk memeriksa skor tes TOEFL.
  • Berikan setidaknya satu (1) salinan asli skor tes TOEFL institusional.
  • sudah memiliki gelar ketika Anda melamar gelar master.
  • sudah memiliki gelar master jika Anda mendaftar untuk gelar doktor.
  • Jawab semua pertanyaan yang relevan pada formulir aplikasi.
  • Sebelum memulai studinya di Australia, ia mengikuti full-time English training course (EAP) (Senin sampai Jumat pukul 8 pagi hingga 4 sore) di Indonesia sebelum diterima untuk beasiswa AAS.

Untuk mempermudah proses aplikasi beasiswa AAS, saat pendaftaran dibuka, pelamar dapat langsung membuat akun di situs web OASIS di https://oasis.dfat.gov.au/. Setelah pendaftaran, pelamar dapat mengunggah dokumen yang diperlukan di atas sedikit demi sedikit tanpa harus menunggu semua persyaratan dipenuhi. Selain itu, Esai Beasiswa AAS 2022 akan ditulis secara online di situs web OASIS (tidak ada file yang diunggah).