hit counter

5 Rekomendasi Kursi Bayi Terbaik untuk Belajar Duduk

Kursi Bayi Terbaik untuk Belajar Duduk — Orang tua tentu bangga ketika buah hatinya tumbuh dan berkembang dengan baik. Aktivitas seperti duduk sendiri selama tahap perkembangan merupakan momen yang tak terlupakan bagi setiap orang tua. Secara umum, bayi berusia antara 3 dan 5 bulan sudah bisa duduk dengan ditopang. Kemudian, pada usia 6 bulan, bayi mulai duduk secara mandiri, tanpa bantuan.

Untuk mempercepat prosesnya, banyak orang tua yang mendukungnya dengan menggunakan kursi tinggi. Saat ini kursi anak mulai diproduksi massal karena sangat bermanfaat untuk membantu anak belajar duduk. Jika saat ini Anda membutuhkan kursi tinggi, artikel ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana memilih dan merekomendasikan kursi tinggi terbaik untuk belajar duduk.

Cara Memilih Kursi Bayi yang Bagus untuk Belajar Duduk

Kursi Bayi Terbaik untuk Belajar Duduk
Kursi Bayi Terbaik untuk Belajar Duduk

Saat membeli kursi tinggi, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal agar si kecil belajar duduk. Pastikan produk yang Anda beli menjamin keamanan dan kenyamanan buah hati Anda saat digunakan. Tidak hanya itu, akan lebih baik jika produk ini juga membawa kegembiraan bagi anak, karena ia belajar duduk sambil bermain.

1. Pilih yang dapat menopang bayi dengan baik

Bagian cekung atau ceruk untuk menampung pantat bayi harus memiliki penyangga yang kuat. Selain itu, pastikan desain punggung dapat menopang punggung bayi agar tidak terjatuh, jadi pilihlah kursi dengan pusat gravitasi yang cukup rendah. Produk lain juga memiliki desain tempat duduk yang dapat mencegah anak meloloskan diri dari tempat duduk, seperti sabuk pengaman booster.

2. Pilih yang menjamin keamanan bayi

Di Amerika Serikat, ada standar yang menentukan apakah produk bayi aman atau tidak, yang disebut Consumer Product Safety Improvement Act (CPSIA). Pihak ketiga yang sering mengeluarkan sertifikat keamanan untuk produk bayi dapat menjadi referensi saat membeli kursi tinggi. Saat membeli kursi tinggi impor, pastikan produknya disetujui CPSIA.

Oleh karena itu, produk buatan Jepang umumnya ditandai SG (Barang Aman) di deskripsi produk. Jadi di Indonesia Anda bisa mendapatkan kursi anak yang sudah memiliki tanda SNI (Standar Nasional Indonesia). Selalu pertimbangkan untuk memilih kursi anak yang disertifikasi oleh otoritas yang berwenang, karena ini akan membuat anak Anda tetap aman saat dia belajar duduk nanti.

3. Sesuaikan dengan jenis kegiatan dan lokasinya

Jika Anda ingin mengajak bayi ke taman untuk belajar duduk, pilih kursi tinggi yang cocok untuk aktivitas di luar ruangan. Carilah produk yang ringan, kompak dan cukup besar. Usahakan untuk memilih kursi yang beratnya kurang dari 2kg agar tidak membebani Anda saat dibawa ke taman atau tempat lain.

Jika Anda ingin mendukung bayi Anda belajar duduk saat mandi, pilih kursi tinggi khusus mandi bayi. Cengkeraman kursi shower sendiri biasanya kurang baik karena bahan yang digunakan umumnya fleksibel. Jika ingin menggantinya, pilihlah highchair plastik khusus agar tidak licin saat digunakan di kamar mandi.

Rekomendasi Kursi Bayi Terbaik untuk Belajar Duduk

Pemilihan tempat duduk bersifat wajib berdasarkan penggunaan, usia anak, dan peraturan keselamatan. Maka Anda dapat melihat daftar kursi terbaik untuk anak-anak untuk belajar duduk yang kami rekomendasikan di bawah ini.

1. Summer Infant 3-in-1 Support Me Seat

kursi bayi belajar duduk
kursi bayi belajar duduk

Summer Infant adalah brand luar negeri yang telah merilis kursi tinggi dengan fungsi 3-in-1. Produk ini membantu bayi Anda belajar duduk sambil tumbuh dewasa. Didesain khusus untuk kebutuhan bayi mulai usia 4 bulan, sehingga Anda dapat menggunakan produk dalam waktu yang lama. Kursi bayi musim panas ini juga memiliki desain yang kokoh dan memastikan bayi Anda duduk dengan stabil di atasnya.

Kursi ini memiliki nampan yang cukup besar untuk memberikan banyak ruang bagi tubuh si kecil. Selain ukuran nampan yang besar, kursi tinggi ini juga lebar secara keseluruhan terutama di bagian bawah, sehingga Anda tidak terlalu banyak menggerakkan kursi saat bayi Anda bergerak. Ada lapisan busa tipis di bagian belakang untuk menambah kenyamanan.

2. Prince Lionheart BébéPOD Flex Plus

Agar bayi Anda tidak bosan, Anda dapat melampaui belajar duduk dengan mengajaknya makan atau bermain di kursi tinggi. Prince Lionheart BebePOD Flex Plus menjadi pilihan yang tepat untuk mendukung kegiatan tersebut. Kursi anak berdesain warna cerah ini tidak hanya sebagai teman belajar yang menyenangkan tetapi juga mencegah si kecil bosan, karena Anda bisa belajar sambil bermain atau makan.

Produk ini dilengkapi dengan alas berbentuk lembaran dengan gambar buah-buahan yang menarik seperti semangka. Tentunya semua bagian kursi tinggi ini mudah untuk dibersihkan, sehingga tidak hanya bayi yang akan senang, tetapi juga tidak akan merepotkan Anda sebagai orang tua jika ingin mencucinya. Bahan kursi adalah busa berkualitas tinggi, yang menjamin kenyamanan pantat dan tubuh bayi saat belajar duduk.

 

3. Mamas & Papas Baby Snug and Activity Tray

kursi bayi belajar duduk
kursi bayi belajar duduk

Kursi tinggi satu juta rupiah karya Mamas & Papas ini juga cocok untuk Anda yang ingin menemani anaknya belajar duduk dengan nyaman. Dengan desain ergonomis untuk menopang tubuh bayi dengan baik dan menyediakan tempat duduk yang nyaman. Produk ini dilengkapi dengan nampan kecil dan berbagai jenis mainan di atas meja.

Dengan mainan tersebut, anak bisa terhindar dari rasa bosan saat diajak belajar duduk. Anda juga bisa menggunakan kursi ini sebagai kursi makan berkat ukuran meja yang besar. Untuk joknya sendiri, high chair ini ringan dan mudah dibawa kemana-mana.

 

4. Bumbo Floor Seat

Kursi Lantai Bumbo adalah desain yang sederhana namun sangat efektif untuk memenuhi kebutuhan bayi Anda. Kursi ini merupakan pelopor duduk lantai satu yang mengiringi pembelajaran duduk anak. Terbuat dari plastik yang aman dan kokoh, sehingga Anda tidak perlu khawatir meskipun bayi Anda memiliki berat badan yang banyak.

Bumbo Floor Seat tidak hanya mampu merawat tubuh bayi, tetapi juga menyesuaikan dengan lekuk tubuh bayi, sehingga tidak menimbulkan rasa tidak nyaman. Hal ini juga dapat mengurangi kemungkinan anak menjadi bosan atau rewel saat diletakkan di kursi tersebut. Keuntungan lain dari Kursi Lantai Bumbo adalah mudah dibersihkan dan baki dapat dibeli secara terpisah.

5. Fisher Price Sit-Me-Up Floor Seat

Jika Anda membutuhkan kursi anak yang digunakan oleh banyak orang tua di Eropa, Fisher Price Sit-Me-Up Floor Seat adalah pilihan ideal. Dengan harga Rs 2 lakh, kursi ini dapat digunakan untuk anak-anak yang dapat menopang lehernya sendiri.

Meski secara fisik desainnya tampak minimalis, produk ini tentu kokoh, meski digunakan untuk tempat duduk anak yang aktif. Meja lembut memiliki dua mainan yang aman untuk digigit yang mengeluarkan suara yang membantu perkembangan motorik dan sensorik bayi.

Kesimpulan

Meskipun kursi terbaik untuk belajar duduk penting untuk mendukung perkembangan bayi Anda, Anda tidak boleh memaksanya untuk duduk. Juga disarankan untuk memulai proses ini ketika tulang belakang leher bayi sudah mampu menopang kepalanya. Dengan cara ini, proses belajar duduk menjadi lebih mudah, meski tidak bisa langsung terjadi.