Cara Memperbarui WhatsApp Bagi Pengguna Android & iPhone

Cara Memperbarui WhatsApp–WhatsApp adalah aplikasi seluler untuk mengirim pesan dan melakukan panggilan suara. Platform ini banyak digunakan oleh sebagian besar orang.

Dulu kita hanya bisa berkirim pesan melalui SMS, namun dengan perkembangan zaman dan teknologi yang begitu pesat, saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan. Salah satunya adalah WhatsApp.

WhatsApp sendiri memiliki banyak fitur yang sering digunakan. Cara mengirim pesan, file, dokumen, foto atau video. Memang, WhatsApp memiliki fitur yang menyimpan obrolan yang Anda kirim. Pengguna kemudian dapat mengirim catatan suara atau VN, melakukan panggilan suara dan video, berbagi lokasi mereka melalui GPS, mengirim kontak, mengirim stiker dan emotikon.

Keberadaan WhatsApp memegang peranan penting bagi setiap individu saat ini. Oleh karena itu, hampir semua orang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi. Karena jumlah penggunanya yang banyak, tentunya WhatsApp akan terus mengupdate dan mengupdate fitur-fitur lainnya untuk menarik perhatian pengguna.

Namun, untuk menggunakan fitur-fitur terbaru, pengguna biasanya perlu mengupgrade atau mengupgrade WhatsApp ke versi baru terlebih dahulu.

Nah, bagi yang belum tahu cara update WhatsApp ke versi baru, jangan khawatir! Berikut langkah-langkahnya.

Cara Memperbarui WhatsApp
Cara Memperbarui WhatsApp

Cara memperbarui WhatsApp untuk pengguna Android

Beberapa pengguna Android sering mengalami masalah atau error saat menggunakan WhatsApp. Perlu Anda ketahui, hal ini biasanya terjadi karena ada beberapa kendala. Salah satunya adalah WhatsApp yang Anda gunakan yang masih versi lama.

Jelas, Anda perlu memperbarui WhatsApp ke versi baru untuk memperbaiki masalah ini. Jika Anda masih bingung cara update, berikut beberapa cara dan langkah update WhatsApp dari versi lama ke versi terbaru yang harus Anda ketahui. Ayo, mari kita lihat!

1. Perbarui WhatsApp Menggunakan Play Store

Tentunya setiap ponsel memiliki aplikasi Play Store atau App Store. Untuk memperbarui WhatsApp menggunakan Play Store, Anda perlu mengikuti beberapa langkah. Termasuk:

  • Buka Play Store atau App Store.
  • Kemudian ikon tiga garis horizontal akan muncul di bagian atas. Silahkan klik menunya.
  • Pada langkah selanjutnya, pilih menu aplikasi dan game.
  • Pilih aplikasi WhatsApp dan ketuk Perbarui. Tunggu hingga proses pengunduhan selesai.

Sebagai referensi, Anda mungkin terlebih dahulu melihat ikon checklist atau tulisan “What’s New” di WhatsApp sebelum menjalankan proses update atau update. Biasanya, informasi tersebut hadir dalam bentuk fitur-fitur terbaru yang ditawarkan WhatsApp. Lihat contoh gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

2. Perbarui Melalui Situs WhatsApp

Selain cara di atas, Anda juga dapat memperbarui WhatsApp tanpa menggunakan Google Play Store. Mau tahu caranya? Langsung saja, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Langkah pertama adalah mengunjungi browser atau Google Chrome Anda. Kemudian buka halaman situs WhatsApp.
  • Setelah itu, Anda hanya perlu mengunduhnya dari menu unduhan.
  • Setelah berhasil mengunduh, buka aplikasi WhatsApp dan WhatsApp Anda telah diperbarui.

3. Update GBWhatsApp Melalui Menu Setting

Apakah Anda ingin cara yang lebih mudah? Jangan khawatir! Cara ini sangat sederhana dan praktis. Hanya saja WhatsApp yang Anda gunakan sebelumnya adalah GBWhatsApp, bukan WhatsApp asli. Mau tahu caranya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini, oke:

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi GBWhatsApp di ponsel Anda.
  • Kemudian tekan icon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih menu setting atau pengaturan GB.
  • Kemudian pilih menu Periksa Pembaruan. Tampilan kemudian akan secara otomatis beralih ke browser dan akan muncul link yang berisi alamat web.
  • Klik tautan yang tercantum, lalu unduh file. Silahkan tunggu beberapa menit hingga proses download selesai.
  • Langkah terakhir, Anda hanya perlu menekan tombol Install dan proses update selesai.

4. Update WhatsApp dengan Cara Install Ulang

Jika cara di atas tidak membantu, atau jika Anda menginginkan cara yang lebih mudah lagi, Anda bisa menggunakan cara ini, yaitu dengan cara menguninstall WhatsApp kemudian mendownloadnya kembali. Perhatikan bahwa menggunakan metode ini kemungkinan akan menghapus riwayat obrolan Anda secara otomatis.

Jangan khawatir! Jika Anda ingin melindungi riwayat obrolan Anda, ada baiknya Anda mencadangkan data Anda terlebih dahulu. Anda dapat mencadangkan data yang tersimpan di Google Drive agar data dan riwayat obrolan Anda tetap tersimpan.

Jadi bagaimana cara memperbarui WhatsApp dengan menginstal ulang? Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:

  • Buka menu Pengaturan atau Pengaturan di ponsel Anda, lalu pilih Kelola aplikasi, lalu temukan WhtasApp dan tekan Hapus atau Hapus Instalasi.
  • Kemudian buka Play Store, ketik WhatsApp Messenger di kotak pencarian dan instal aplikasi WhatsApp versi terbaru. Tunggu hingga proses pengunduhan selesai.

Cara Memperbarui WhatsApp di iPhone

Secara umum, memperbarui WhatsApp di iPhone hampir sama untuk pengguna Android. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan App Store. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pada smartphone Anda, buka menu Settings atau Pengaturan, lalu pilih App Store.
  • Tekan tombol Perbarui dan tunggu proses pembaruan selesai.

Alasan Melakukan Update WhatsApp

Saat menggunakan aplikasi WhatsApp, kita mungkin mengalami masalah atau masalah. Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengupgrade ke versi terbaru. Sebelum melakukan update, sebaiknya cek terlebih dahulu apakah WhatsApp yang diunduh adalah versi terbaru atau masih versi lama.

Dengan mengupgrade WhatsApp ke versi baru, Anda juga dapat menikmati fitur-fitur WhatsApp terbaru yang sebelumnya tidak dapat Anda gunakan. Salah satu fitur terbaru WhatsApp adalah kemampuan untuk melakukan panggilan video hingga 8 orang. Tak hanya itu, WhatsApp berencana memberikan fitur tambahan yang tak kalah menarik, lho!

Tips Lainnya untuk Update WhatsApp

Jika Anda masih mengalami masalah atau kesalahan di WhatsApp meskipun telah diperbarui. Lakukan beberapa pemeriksaan, WhatsApp mungkin tidak tersedia karena masalah jaringan atau koneksi internet.

Pertama-tama, Anda dapat memeriksa dan memeriksa ulang sumber masalahnya untuk melihat apakah masalahnya disebabkan oleh penghentian layanan WhatsApp atau jika Anda adalah satu-satunya yang mengalami masalah.

Jika masalahnya berasal dari WhatsApp, Anda hanya perlu menunggu WhatsApp untuk memperbaiki masalahnya.

Namun, jika Anda adalah satu-satunya yang mengalami masalah atau kesalahan, Anda dapat menggunakan langkah-langkah yang disebutkan di atas atau memeriksa jaringan dan perangkat yang Anda gunakan untuk memperbaikinya.

Dari sekian banyak cara di atas, mana yang menurut Anda paling mudah untuk dipraktikkan? Jika kamu punya cara lain atau mengetahui solusi yang lebih sederhana, jangan lupa untuk berkomentar di kolom komentar ya!